Comscore Tracker

5 Trivia Capcay Jawa, Kuliner dari Jawa Tengah yang Manis dan Menggoda

Capcay dengan kekian melimpah dengan rasa manis gurih

Sudah tak asing bukan dengan kuliner bernama capcay? Kuliner oriental ini terdiri dari aneka sayuran dan protein yang ditumis dengan berbagai bumbu dan ada kuahnya.

Hampir di setiap daerah selalu ada penjual capcay, jadi tak susah jika ingin memakan hidangan satu ini. Selain capcay oriental, di Indonesia khususnya di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakajarta mengenal yang namanya capcay jawa atau capcay goreng.

Capcay jawa tentunya berbeda dengan capcay pada umumnya dari segi tampilan, bahan, maupun rasa. Capcay jawa ini terinspirasi dari capcay biasa, namun dimodifikasi sedemikian rupa.

Kamu sudah tahu belum mengenai capcay jawa ini? Jika penasaran dengan capcay jawa, simak artikel berikut ya!

1. Capcay jawa memiliki rasa yang dominan manis 

5 Trivia Capcay Jawa, Kuliner dari Jawa Tengah yang Manis dan Menggodailustrasi capcay jawa (instagram.com/movupgyo)

Jika kebanyakan capcay yang kamu makan adalah capcay yang berkuah kental, capcay jawa dimasak hingga kering. Capcay jawa menggunakan tambahan kecap yang banyak sehingga membuatnya memiliki rasa yang dominan manis walaupun masih terasa gurih.

Selain itu, tambahan kecap membuat capcay jawa memiliki warna kecokelatan, tidak seperti capcay pada umumnya yang tampilannya lebih cerah. Adanya tambahan kekian yang banyak juga menjadi ciri khas dari makanan ini.

2. Isian dari capcay jawa berupa aneka sayuran dan kekian yang banyak

5 Trivia Capcay Jawa, Kuliner dari Jawa Tengah yang Manis dan Menggodailustrasi capcay jawa (instagram.com/dian_bahroinuddin)

Capcay jawa terinspirasi dari kuliner oriental yaitu tumis capcay, namun dengan modifikasi agar lebih diterima oleh lidah orang Jawa.

Isian dari capcay jawa juga berupa aneka sayuran seperti wortel, kubis, sawi, kekian, dan ati ampela. Komposisi kekian di capcay jawa ini melimpah dibanding sayuran ataupun komponen lainnya.

Eits, kekian di capcay jawa bukan kekian udang maupun ayam ya, melainkan kekian yang terbuat dari adonan tepung dan telur lalu digoreng, dan dimasak bersama bahan dan bumbu capcay jawa lain. Walaupun kekian ini terlihat sederhana, justru ini yang menjadi daya tarik dari capcay jawa ini.

Baca Juga: Resep Capcay Goreng Seafood Seenak Restoran, Mudah dan Lebih Murah

3. Kekian ‘imitasi’ membuat capcay jawa makin menggoda

5 Trivia Capcay Jawa, Kuliner dari Jawa Tengah yang Manis dan Menggodailustrasi capcay jawa (instagram.com/melinaitaaristiana)

Hampir separuh lebih komposisi dari capcay jawa adalah kekian. Walaupun kekian ini bukanlah kekian ayam atau udang, namun kekian ‘imitasi’ ini yang membuat capcay jawa banyak diminati.

Cara membuat kekian ini cukup mudah, lho. Bahan yang dibutuhkan hanya tepung, telur, air, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan bisa juga diberi kaldu bubuk. Bahan-bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga rata. Setelah adonan jadi, adonan digoreng seperti menggoreng bakwan, goreng hingga matang.

Sebelum dimasak bersama bahan capcay lainnya, kekian dipotong-potong terlebih dahulu.

4. Capcay jawa dimasak dengan cara ditumis hingga kering 

5 Trivia Capcay Jawa, Kuliner dari Jawa Tengah yang Manis dan Menggodailustrasi capcay jawa (instagram.com/infomakansolo)

Untuk membuat capcay jawa, bahan yang dibutuhkan adalah aneka sayuran seperti sawi, wortel, kubis, ati ampela, kekian, dan bisa juga diberi suwiran ayam. Bumbu yang digunakan berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, gula, garam, kecap manis, dan bisa juga diberi kaldu bubuk.

Pertama tumis bawang merah, bawang putih, dan kemiri hingga harum kemudian dimasukkan ati ampela dan suwiran ayam lalu tuang sedikit air dan masukkan sayuran, aduk rata dan masak hingga matang.

Setelah itu, tambahkan kecap manis, merica, gula, dan garam, aduk hingga rata. Dan yang terakhir, masukkan kekian lalu aduk hingga rata, tumis hingga kecap meresap ke kekian dan bahan lainnya, dan hingga air sudah sedikit. Jika sudah matang, capcay jawa siap dihidangkan.

5. Capcay jawa bisa dimakan langsung maupun bersama dengan makanan lain 

5 Trivia Capcay Jawa, Kuliner dari Jawa Tengah yang Manis dan Menggodailustrasi bakmi dan capcay (instagram.com/mytastemylife)

Capcay jawa bisa dimakan langsung dengan tambahan acar timun dan taburan bawang goreng. Selain itu, capcay jawa juga cocok dimakan bersama nasi putih atau bakmi jawa.

Capcay jawa populer di daerah-daerah di Jawa Tengah seperti Solo, Semarang, Sukoharjo, dan lainnya, selain itu juga terkenal di Yogyakarta. Di daerah-daerah tersebut, capcay jawa banyak sekali ditemukan baik sebagai makanan utama atau hanya sebagai lauk pendamping. 

Rasa capcay jawa yang manis dengan tambahan kekian yang gurih membuat capcay jawa menjadi primadona di berbagai daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jika ada di Solo, Boyolali, Semarang, Sukoharjo, Yogyakarta, ataupun daerah lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta, jangan lupa mencoba hidangan satu ini ya!

Tertarik mencoba capcay jawa?

Baca Juga: 5 Sajian Menggugah Selera Berbahan Bok Choy, Sayuran Segar yang Lezat

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya