Comscore Tracker

5 Fakta Unik DEBM, Diet Makan Lemak yang Bikin Cepet Kurus

Makan banyak gorengan pun gak masalah

Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan melakukan diet dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Banyak jenis diet yang dikenal masyarakat.

Baru-baru ini juga muncul DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) yang dibilang ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Berbeda dengan diet lain yang menghindari lemak, DEBM justru menganjurkan kamu memakan banyak lemak lho!

Diet macam apa sih DEBM ini? Ingin tahu lebih detail, cek beberapa faktanya di bawah ini ya!

1. Rendah karbo, tinggi lemak

5 Fakta Unik DEBM, Diet Makan Lemak yang Bikin Cepet Kuruspixabay.com/RitaE

Konsep dasar diet ini adalah mengonsumsi lemak dan protein tinggi, serta menghindari makanan berkarbohidrat. Kamu pasti terbiasa mengonsumsi nasi putih atau mi yang mengandung karbohidrat tinggi.

DEBM menganjurkan kamu untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi karbo dan menggantinya dengan lemak. Hal itu dilakukan agar tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar energi.

2. Makanan pantang DEBM

5 Fakta Unik DEBM, Diet Makan Lemak yang Bikin Cepet Kurusunsplash.com/Leon Ephraïm

Selain nasi dan mi, ada beberapa jenis makanan lain yang perlu dihindari dan bahkan tidak boleh dikonsumsi. Di antaranya kentang, gula, tepung, ubi, singkong, beras merah, beras hitam, dan beras ketan. Selain itu, asupan buah-buahan juga harus diperhatikan. Buah mangga, pepaya, pisang, semangka dan melon adalah contoh yang masuk dalam daftar pantangan.

Baca juga: 6 Cara Diet Sehat Unik dengan Minyak Zaitun, Cepat Langsing Nih!

3. Makanan pengganti karbo dan buah-buahan

5 Fakta Unik DEBM, Diet Makan Lemak yang Bikin Cepet Kurusakuinginkurus.com

Makanan karbo pengganti nasi yang boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak yakni sayuran. Misalnya Buncis, wortel, rebung, sayuran daun, dan lobak. Sedangkan, untuk buah yang baik dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah alpukat. Apel, pir, stroberi, dan jambu air juga boleh dikonsumsi, kok.

4. Lemak dan protein tinggi sebaiknya dikonsumsi banyak

5 Fakta Unik DEBM, Diet Makan Lemak yang Bikin Cepet Kurusunsplash.com/Charles Deluvio

Sangat berbeda dengan diet lain yang menghindari lemak, garam, dan gorengan. DEBM justru menganjurkan untuk mengonsumsi tinggi lemak dan protein lho! Misalnya saja mengonsumsi telur, ikan, ayam, keju, atau alpukat di pagi hari.

Macam-macam lauk tersebut juga boleh digoreng dengan minyak dan garam. Tapi, jangan digoreng dengan tepung ya. Untuk camilan, kamu baiknya mengonsumsi keju. Penggemar keju sujud syukur nih. Hehehe...

5. Wajib sarapan dan makan malam maksimal jam 6 sore

5 Fakta Unik DEBM, Diet Makan Lemak yang Bikin Cepet Kurusakuinginkurus.com

Agar usaha menurunkan berat badanmu ini terlaksana dengan lancar, sebaiknya kamu ikuti jadwal DEBM ini. Setelah bangun tidur, kamu diwajibkan untuk sarapan. Beberapa menu yang dianjurkan antara lain ayam, telur, ikan, keju, alpukat, dan berbagai macam jenis daging lainnya.

Boleh digoreng dan dibumbui garam, asal tidak menggunakan tepung. Waktu maksimal karbohidrat rendah masuk dalam tubuh adalah jam 6 sore. Kalau pun kamu masih merasa lapar di malam hari, keju bisa menjadi pilihan camilan yang tepat.

Itu dia beberapa fakta mengenai diet enak, bahagia, dan menyenangkan! Tapi ingat, kamu tetap harus menyesuikan dengan kondisi tubuhmu. Hasil akan lebih optimal jika kamu juga berolahraga secara teratur.

Baca juga: 5 Jenis Diet Paling Hits di Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Line IDN Times

Topic:

Just For You