Comscore Tracker

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Pastikan masuk menu MPASI ya

Asupan makanan dapat membantu dan mendukung otak menjalankan fungsinya dengan baik. Maksimalnya fungsi otak dapat meningkatkan memori dan kecerdasan. Tidak hanya makanan yang mengandung karbohidrat maupun protein, ternyata buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral juga mampu meningkatkan kecerdasan. Buah-buahan menjadi salah satu sumber nutrisi penting yang baik bagi kesehatan otak.

Di Indonesia terdapat banyak jenis buah-buahan dari yang manis hingga yang asam. Meskipun semua buah baik, namun tidak semuanya dapat dikonsumsi oleh bayi. Berikut adalah 8 jenis buah yang dapat menyehatkan dan meningkatkan kecerdasan otak bayi.

1. Alpukat

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/dashu83

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat melancarkan sirkulasi aliran darah. Aliran darah yang lancar membantu nutrisi dan oksigen tersalurkan dengan baik ke otak. Berkat berbagai kandungan baik di dalamnya, alpukat juga dapat memicu pertumbuhan sel otak, sumber antioksidan serta asam folat yang berguna untuk bayi. 

2. Apel

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/lifeforstock

Dalam sebuah apel terdapat berbagai zat yang berguna oleh tubuh salah satunya bernama quercetin. Zat tersebut diketahui dapat melindungi otak dari penyakit demensia. Apel juga menjadi salah satu antioksidan yang dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak kalah pentingnya, di dalam sebuah apel juga terkandung vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata.

3. Delima

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/freepik

Buah yang terkenal dengan nama pomegranate ini menyimpan banyak khasiat. Salah satunya adalah melindungi sel-sel otak dari bahaya radikal bebas. Dengan terlindunginya fungsi otak, otomatis kerja otak akan tetap stabil dan optimal serta tidak rawan akan kerusakan.

4. Pisang

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/lifeforstock

Pisang adalah buah-buahan yang paling mudah dijumpai di sekitar kita. Di Indonesia terdapat beraneka jenis pisang yang dapat dijadikan bahan olahan yang lezat dan menggugah selera. Buah pisang mengandung banyak kalium seperti zat besi, magnesium, B2, B6, C dan mineral yang dapat menjadi tambahan nutrisi untuk bayi. Memiliki tekstur lembut dan ringan menjadikan pisang lebih mudah dicerna dan dijadikan sebagai makanan pertama sesudah ASI yang diperkenalkan kepada bayi. 

Baca Juga: 7 Makanan Ini Baik untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

5. Jeruk

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/lifeforstock

Buah jeruk dikenal kaya akan vitamin yang berguna untuk tubuh. Kandungan vitamin C yang banyak menjadikan buah jeruk cenderung memiliki rasa yang masam. Bagi tubuh, buah jeruk berfungsi untuk memperbaiki lapisan pembuluh darah, perbaikan jaringan tubuh, pertumbuhan tulang dan gigi serta penyembuhan luka.

6. Anggur

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/bearfotos

Berbagai jenis anggur seperti anggur merah, ungu dan hitam memiliki kandungan anthocyanin dan quercetin. Dua senyawa tersebut diketahui dapat meningkatkan memori dan menyehatkan otak. Selain itu, kadar antioksidannya yang tinggi juga dapat mencegah penggumpalan trombosit, kerusakan pembuluh darah serta dapat dijadikan sebagai penawar racun.

7. Pepaya

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/freepik

Buah pepaya terkenal dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, buah ini juga dapat meyehatkan mata dan kulit berkat kandungan vitamin A dan E yang dimilikinya. Buah pepaya bisa diberikan kepada bayi di atas 7 bulan dengan cara dilumatkan maupun diblender.

8. Bengkoang

8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayifreepik/dashu83

Sering dijadikan sebagai bahan dasar masker, ternyata bengkoang memiliki manfaat tersembunyi lain yang berguna bagi tubuh. Bengkoang adalah salah satu buah yang mengandung zat insulin, yang berguna untuk daya tahan tubuh dan pencernaan. Vitamin B6 yang terkandung dalam bengkoang juga berkhasiat untuk mengembangkan kemampuan kognitif, fungsi otak serta membantu proses metabolisme dan kerja organ tubuh agar berjalan optimal.

Itulah 8 buah yang dapat membantu menyehatkan tubuh dan mencerdaskan otak bayi. Semoga informasi di atas dapat dijadikan referensi untuk menjaga kesehatan tubuh bayi maupun orang dewasa. Jangan malas makan buah ya!

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bermanfaat Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Memori, Lho!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You