Comscore Tracker

Berkuah Asam, 5 Sup Daging Khas Rumania Ini Wajib Kamu Coba 

Rasa asamnya bikin tambah segar! 

Sup memang menjadi salah satu hidangan favorit bagi banyak orang. Selain lezat, cara membuatnya pun cukup mudah. Sup juga mengandung banyak nutrisi karena berisi berbagai jenis sayuran.

Namun, jika kebanyakan sup mempunyai rasa yang cenderung gurih, beberapa sup dari Rumania berikut justru menggunakan bahan tambahan seperti lemon maupun krim untuk membuatnya terasa asam.

Jika kamu ingin mencoba variasi sup yang tidak biasa, simak informasi mengenai berbagai sup khas Rumania berikut ini ya!

1. Ciorba de pui 

Berkuah Asam, 5 Sup Daging Khas Rumania Ini Wajib Kamu Coba cookpad.com

Ciurba de pui adalah variasi sup ayam khas Rumania dengan rasa asam. Selain daging ayam, sup ini juga dilengkapi dengan berbagai sayuran lain seperti wortel, kentang, paprika, parsnip, dan tomat. Untuk menambahkan rasa asam, sup ini dilengkapi dengan tambahan lemon atau acar kubis segar.

Supaya terasa lebih nikmat, ciurba de pui sebaiknya disantap saat masih panas dengan tambahan cabai dan daun bawang. Selain itu, sup ini juga cocok sebagai teman untuk makan nasi, mie, atau pangsit.

2. Ciorba de vacuta 

Berkuah Asam, 5 Sup Daging Khas Rumania Ini Wajib Kamu Coba cookingglory.com

Ciorba de vacuta adalah sajian tradisional khas Rumania berupa sup daging sapi. Selain daging, sup ini juga berisi berbagai sayuran seperti wortel, kentang, paprika, dan kembang kol.

Berbagai tambahan seperti pasta tomat, sari lemon, seledri, dan telur juga digunakan untuk semakin menambah lezat rasa dari sup. Daging dalam sup ini direbus terlebih dahulu hingga melunak baru kemudian ditambah dengan sayuran yang telah ditumis.

Ciorba de vacuta biasa dinikmati saat masih panas dengan tambahan krim atas di atasnya.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Indah di Rumania, Pesonanya Bikin Betah!

3. Ciorba de fasole cu afumatura 

Berkuah Asam, 5 Sup Daging Khas Rumania Ini Wajib Kamu Coba jurnalul.antena3.ro

Ciorba de fasole cu afumatura adalah sebutan untuk sup kacang putih yang dikombinasikan dengan daging asap. Kacang putih direbus terlebih dahulu baru kemudian ditambah dengan daging asap dan sayuran. Uniknya, sayur yang digunakan tergolong ke dalam jenis umbi atau akar seperti celeriac atau akar seledri, peterseli atau akar parsley, wortel, dan paprika.

Sup ini cocok disantap saat masih hangat terutama ketika cuaca dingin bersama dengan roti atau bisa juga dengan tambahan salad yang terbuat dari bawang merah dan cabai.

4. Supa cu taitei 

Berkuah Asam, 5 Sup Daging Khas Rumania Ini Wajib Kamu Coba gustos.ro

Supa cu taietei adalah salah satu variasi dari sup ayam khas Rumania dengan tambahan mie. Selain mie, sup yang biasa disajikan saat cuaca dingin ini juga berisi sayuran seperti wortel. Banyak warga Rumania yang menyantap sup ini sebagai makan siang atau makan malam.

Selain itu, sup yang termasuk makanan rumahan ini juga biasa disantap saat masih panas dengan tambahan lada hitam dan parsley sebagai garnish.

5. Ciorba de fasole 

Berkuah Asam, 5 Sup Daging Khas Rumania Ini Wajib Kamu Coba asj.ro

Ciorba de fasole adalah salah satu sup tradisional khas Rumania dengan rasa asam. Sup ini terbuat dari kacang kering dan berbagai akar sayuran seperti akar parsley dan seledri, bawang merah, dan paprika. Garam, merica, dan thyme juga ditambah untuk semakin menambah lezat rasa sup.

Sup ini dapat disajikan baik dalam keadaan hangat maupun dingin dengan tambahan daun bawang, bawang merah, dan juga roti.

Itu dia beberapa sajian sup khas Rumania yang terbuat dari daging dan berbagai sayuran. Beda dari kebanyakan sup dengan rasa gurih yang khas, berbagai sup di atas justru mempunyai rasa asam yang membuatnya terasa lebih segar saat disantap.

Baca Juga: 5 Olahan Sup Lezat Khas Turki, Cocok untuk Santap Santai!

Zakia Balqis Photo Verified Writer Zakia Balqis

Human Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya