Comscore Tracker

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018

#MasakItuGampang Mau makan di sini?

Setiap tahunnya, William Reed Business Media rutin merilis daftar restoran terbaik dunia yang bertajuk The World's 50 Best Restaurants. Daftar tersebut kerap dijadikan indikator terpercaya untuk tempat makan paling mantap di dunia. Di kawasan Asia, mereka juga merilis daftar serupa, yakni Asia's 50 Best Restaurants. Dilansir dari situs resminya, nama-nama di dalam daftar tersebut ditentukan oleh Asia’s 50 Best Restaurants Academy yang beranggotakan lebih dari 300 orang ahli di panggung restoran Asia.

Tahun ini, pemenang restoran Asia terbaik jatuh kepada Gaggan yang berlokasi di Bangkok, Thailand. Hebatnya, kemenangannya kali ini merupakan yang keempat kali dan telah dicapai secara berturut-turut sejak tahun 2015. Ingin tahu lebih lanjut tentang restoran teratas se-Asia ini? Yuk, simak fakta-fakta menariknya di bawah ini!

1. Executive Chef Anand Gaggan 

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018Hungryforever.com

Bukan hanya bertindak sebagai chef eksekutif, Anand juga merupakan pemilik restoran ini. Ia merupakan juru masak kelahiran Kolkata, India yang kini menetap di Bangkok, Thailand. Tidak cuma Gaggan, Anand juga memiliki beberapa restoran ternama lain di Bangkok seperti Meatlicious (restoran steak bernuansa santai) dan Mihara Tofuten (restoran spesialisasi tahu Jepang alias tofu).

2. Head Chef Rydo Anton

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018Dining.indonesiatatler.com

Anand memercayakan pemasak muda asal Indonesia, Rydo Anton, untuk menjadi pemimpin dapur Gaggan. Dikutip dari situs Indonesia Tatler, Rydo lahir di Jakarta pada tahun 1989 namun pindah ke Malaysia saat berusia 11 tahun untuk bersekolah.

Kecintaannya pada memasak mengantarkannya bertemu dengan Anand di tahun 2013 yang kemudian meminta Rydo untuk memasak tujuh hidangan. Terkesan, Anand pun mempekerjakan Rydo seminggu kemudian untuk menjadi salah satu juru masak di Gaggan. Inspiratif, ya!

3. Spesialisasi hidangan India

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018Willwanderforfood.com

Gaggan menyajikan hidangan-hidangan khas India. Namun, menunya berbeda dari sajian India tradisional pada umumnya. Anand lebih suka menyebut masakannya sebagai progressive Indian cuisine. Beberapa menu andalan Gaggan adalah Yoghurt Explosion dan Charcoal Prawn Amritsari.

4. Interior dominan putih

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018Eatatgaggan.com

Situs resmi Gaggan memamerkan interior restoran yang mayoritas berwarna putih. Mulai dari dinding, meja, kursi hingga peralatan makan memiliki warna putih dengan sentuhan warna coklat pada gorden dan alas piring. Kombinasi warna tersebut menciptakan suasana yang tidak hanya elegan namun juga cantik. Jika kamu hendak berkunjung ke Gaggan, pesanlah meja yang bersebelahan dengan dapur agar bisa menyaksikan langsung para juru masak berkarya!

5. Banderolan harga tinggi 

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018Eatatgaggan.com

Jika kamu berencana berlibur ke Bangkok dan ingin bersantap di Gaggan, kamu harus siap merogoh kocek cukup dalam. Situs resmi Gaggan menginformasikan bahwa harga yang dipatok adalah 6.500++ Baht per orang untuk menikmati The Gaggan Experience.

Nominal tersebut kurang lebih setara dengan 2,8 juta rupiah. The Gaggan Experience menawarkan rangkaian tasting menu atau sajian dengan porsi kecil. Hidangan yang disuguhkan terinspirasi dari bahan musiman, produk tersegar, dan ragam makanan India.

 6. Peringkat ke-5 dunia tahun 2018

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018Eatatgaggan.com

Prestasi yang dicapai Gaggan tidak berhenti di tingkat Asia. Tahun ini, Gaggan berhasil duduk manis di posisi ke-5 sebagai restoran terbaik di dunia versi The World's 50 Best Restaurants. Peringkat tersebut merupakan peningkatan mengingat tahun lalu Gaggan bertengger di posisi ke-7.

7. Tutup tahun 2020

Head Chef-nya Asli Indonesia, 7 Fakta Unik Restoran Terbaik Asia 2018Eatatgaggan.com

Meskipun sedang menikmati masa jayanya, Anand justru memiliki rencana untuk menutup Gaggan di tahun 2020 nanti. Dilansir dari situs Eater, alasan Anand merencanakan hal tersebut adalah karena ia tidak suka menjadi sosok yang mudah diprediksi. Namun, bukan berarti Anand akan berhenti memasak. Ia berencana untuk membuka sebuah restoran di Fukuoka, Jepang pada tahun 2021 bersama rekan sejawatnya chef Takeshi Fukuyama.

Bagaimana, apakah kamu tertarik mengunjungi restoran terbaik se-Asia ini? Sekadar informasi, salah satu restoran di Indonesia juga ada yang masuk daftar ini. Restoran tersebut bernama Locavore yang terletak di Ubud, Bali. Tahun ini, Locavore duduk manis di peringkat ke-21. Semoga kelak semakin banyak restoran Indonesia yang diakui sebagai restoran terbaik, tidak hanya se-Asia namun juga di dunia!

Ahmad Wildan Photo Verified Writer Ahmad Wildan

Your Sociable Movie Guy. IG: @wildanahmd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya