Comscore Tracker

Yuk, Cicipi Kelezatan Soto Lamongan di 5 Rumah Makan Jakarta Ini

Keaslian rasanya masih sangat terjaga #LokalIDN

Soto merupakan salah satu kuliner khas Nusantara yang memiliki banyak peminat. Apalagi jika cuaca sedang dingin, soto menjadi menu alternatif yang cocok untuk menghangatkan tubuh.

Beragam jenis soto di Nusantara yang dapat kalian cicipi, salah satunya ialah soto lamongan.

Walaupun berasal di Lamongan, Jawa Timur namun kalian tetap dapat mencicipi kelezatan soto Lamongan di Jakarta. Berikut beberapa kedai atau rumah makan di Jakarta yang menawarkan soto lamongan super lezat. 

1. Soto ayam lamongan cak arifin

Yuk, Cicipi Kelezatan Soto Lamongan di 5 Rumah Makan Jakarta Iniilustrasi soto ayam (instagram.com/infomakansolo)

Ada salah satu rekomendasi soto ayam lamongan yang berada di kawasan Jakarta Timur, Soto Ayam Lamongan Cak Arifin namanya. Porsinya yang berlimpah serta kuah sotonya yang super segar membuat soto ayam ala Cak Arifin ini memiliki banyak peminat. 

Untuk pilihan menu aneka sotonya juga cukup beragam. Mulai dari soto ayam biasa, soto ayam dan ceker, soto ayam telur, soto ayam telor muda, soto ayam ati ampela, hingga soto ayam komplit yang sudah berisikan ati ampela, telur bulat, dan ceker. 

Lokasi: Jl. Swadaya Raya No. 75, RW.5, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur. 

Jam operasional: 09.00-21.00 (setiap hari).

2. Soto ayam lamongan cak kadis

Yuk, Cicipi Kelezatan Soto Lamongan di 5 Rumah Makan Jakarta Iniilustrasi soto ayam (instagram.com/mingcun72)

Rekomendasi berikutnya adalah Soto Ayam Lamongan Cak Kadis. Cak Kadis ini menawarkan beragam menu soto amongan dengan harga yang sangat terjangkau dan rasa yang menggugah selera. 

Cukup membayar Rp 11.000, kalian sudah dapat mencicipi satu mangkuk soto ayam biasa. Namun jika kalian ingin menambahkan topping, mereka juga menyediakan menu soto ayam telur muda, soto ayam ati ampela, hingga soto ayam komplit. 

Lokasi: Jl. Rawamangun Muka Timur No. 68, Rawaangun Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. 

Jam operasional: 07.00-20.30 (setiap hari)

Baca Juga: 5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!

3. Soto ayam ceker lamongan cak ali

Yuk, Cicipi Kelezatan Soto Lamongan di 5 Rumah Makan Jakarta Iniilustrasi soto ayam (instagram.com/debbieyuliandewi)

Soto Ayam Ceker Lamongan Cak Ali merupakan salah satu kedai sato Lamongan yang memilki rasa yang autentik. Tak hanya memiliki rasa yang autentik, Cak Ali juga menawarkan satu mangkuk soto ayam Lamongan dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp13.000 saja. Murah, bukan?

Jika kalian tak cukup hanya soto ayam saja, di sini juga menyediakan berbagai topping yang akan menunjang kelezatan soto. Mulai dari telur, kerupuk udang, ceker, sate ati ampela, peyek, hingga aneka gorengan.

Lokasi: Jl. Tipar Cakung No. 17, RT.1/RW.4, Sukapura, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara. 

Jam operasional: 06.30-21.30 (setiap hari).

4. Soto lamongan jaya agung

Yuk, Cicipi Kelezatan Soto Lamongan di 5 Rumah Makan Jakarta Iniilustrasi soto lamongan (instagram.com/semarangfood)

Berdiri sejak 1963-an silam, Soto Lamongan Jaya Agung bisa dikatakan sebagai kedai soto Lamongan legendaris di Jakarta.

Sata pertama kali berjualan, menu yang ditawarkan antara lain soto ayam, soto maduran, gulai, dan sate kambing. Baru menu tersebut bertambah ketika tahun 2000, yaitu sop kaki dan sate ayam. 

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No. 56 C, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. 

Jam operasional: 10.00-22.30 (minggu-selasa), 09.00-01.00 (rabu-sabtu)

5. Soto ayam ambengan pak sadi

Yuk, Cicipi Kelezatan Soto Lamongan di 5 Rumah Makan Jakarta Inisoto ayam pak sadi(instagram.com/sotoayamambengan_paksadi)

Tak hanya Soto Lamongan Jaya Agung, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi juga bisa dikatakan sebagai soto legendaris di Indonesia. Bahkan Soto Ayam Pak Sadi ini sudah meraih penghargaan di ajang World Food Congress Food sebagai Masters of The Year di tahun 2013, mengalahkan para pedangan kaki lima dari berbagai penjuru dunia. 

Berawal dari Surabaya, Pak Sadi kemudian membuka cabang pusat di Jakarta yang masih berdiri hingga sekarang. Untuk menu yang ditawarkan sendiri juga sangat beragam. Mulai dari soto biasa, soto spesial, soto jerohan, soto telur muda daging, soto telur muda rongkong, soto madura, hingga rawon.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No. 28, RT.1/RW.6, Petogogan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. 

Jam operasional: 08.00-21.30 (setiap hari) 

Nah, berikut adalah 5 kedai di Jakarta yang menawarkan soto lamongan dengan kelezatan tanpa batas. Bagi kalian yang penasaran dengan rasa asli soto lamongan namun belum bisa ke lamongan, Jawa Timur kalian dapat mengunjungi salah satu gerai di atas. Dijamin keaslian masakan masih terjaga dengan resep yang turun temurun. 

Baca Juga: 6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya