Comscore Tracker

Akhirnya, 6 Restoran Hits Ini Sudah Berstatus Halal MUI

No worry mau makan di restoran tersebut!

Salah satu hal yang kadang menimbulkan pertanyaan setiap kali adanya pembukaan restoran terbaru di Indonesia. "Apakah, restoran tersebut sudah punya sertifikat halal?" Terlebih, jika merupakan restoran franchise dari luar negeri yang dimana asalnya bukan dari negara Muslim. Bahkan, beberapa ada yang sempat heboh serta menimbulkan perdebatan. Akhirnya, 6 restoran hits ini sudah punya sertifikat halal.

1. Sushi Tei

Akhirnya, 6 Restoran Hits Ini Sudah Berstatus Halal MUISushi Tei (instagram.com/sushiteibandung)

Sebagai salah satu restoran Jepang yang hampir selalu waiting list saat mall sedang ramai. Saat itu banyak pihak yang meragukan mengenai kehalalan dari Sushi Tei. Hal ini juga didukung oleh adanya postingan yang menyatakan bahwa memang Sushi Tei tidak menggunakan pork dan lard.

Tapi, untuk bumbu masaknya ada kandungan mirin (alkohol dari Jepang). Karena, tidak mau timbulkan masalah. Akhirnya, pada Ramadan 2019 atau tepatnya setelah 16 tahun berada di Indonesia. Sushi Tei akhirnya dapat sertifikat resmi dari Majelis Ulama Indonesia.

2. Subway

Akhirnya, 6 Restoran Hits Ini Sudah Berstatus Halal MUISubway (instagram.com/subway.indonesia)

Salah satu restoran franchise yang sempat heboh saat pembukaannya dan dianggap sebagai obat rindu akan menu Subway di luar negeri. Memang, pada saat awal buka di Indonesia, Subway belum  terdapat bersertifikat halal.

Tapi, meski begitu tidak ada bahan yang terdapat pork dan lard. Akhirnya, Maret 2022 Subway resmi akui sebagai restoran yang sudah bersertifikasi halal oleh MUI.

3. Solaria

Akhirnya, 6 Restoran Hits Ini Sudah Berstatus Halal MUISolaria (instagram.com/solaria.indonesia)

Walau akhirnya mendapatkan sertifikat halal dari MUI pada tahun 2013. Solaria pernah beberapa kali dikabarkan menggunakan bahan babi pada makananya pada tahun 2015.

Tapi, setelah diusut oleh LPPOM MUI tidak ada bukti bahwa yang menyatakan bahwa Solaria menggunakan bahan yang mengandung babi.

Baca Juga: 10 Masakan Chinese Food Halal yang Paling Populer di Indonesia 

4. Shabu Hachi

Akhirnya, 6 Restoran Hits Ini Sudah Berstatus Halal MUIShabu Hachi (instagram.com/shabuhachi)

Pada saat itu masih banyak umat muslimin yang meragukan kehalalan bahan yang digunakan oleh Shabu Hachi. Bahkan, Shabu Hachi juga sempat mendapat tekanan dari pelanggan terkait dengan status halalnya.

Setelah berjuang akhirnya pada 2018 restoran Shabu Hachi sudah resmi halal oleh MUI. Bahkan, Shabu Hachi juga disebut sebagai Restoran all you can eat dan yakiniku pertama yang berstatus halal dari MUI.

5. Shaburi

Akhirnya, 6 Restoran Hits Ini Sudah Berstatus Halal MUIShaburi (instagram.com/belly.addicted)

Sama seperti Shabu Hachi, Pada awal kemunculannya Shaburi juga sempat diragukan kehalalnya. Hal ini yang kemudian membuat Shaburi melakukan perubahan untuk bumbu dan bahannya beralih yang sudah halal.

1,5 tahun yang diperlukan Shaburi untuk memastikan bahwa Shaburi sudah siap untuk mendapat status halal dari MUI. Akhirnya, mulai tahun 2019 Shaburi sudah berstatus halal dari MUI.

6. IKEA Restaurant

Akhirnya, 6 Restoran Hits Ini Sudah Berstatus Halal MUIIKEA Meatball (instagram.com/the.gourmet)

Dengan IKEA sudah buka di Indonesia merupakan kabar baik untuk semua warga Indonesia. Salah satunya yang bisa dilakukan yaitu, mencicipi menu swedish meatballs yang menu andalan dari IKEA.

Memang, daging yang digunakan merupakan daging sapi. Tapi, demi untuk meyakinkan umat Muslim di Indonesia, IKEA akhirnya mengajukan sertifikat halal dan berhasil dapatkan sertifikat halal pada 2020.

Enam restoran tersebut pastinya tidak langsung instan untuk dapatkan status halal dari MUI. Semua restoran tersebut juga melalui beberapa rangkaian tes hingga akhirnya berhasil dapatkan status halal dari MUI. Sudah lega banget karena restoran tersebut sudah dapat status halal dari MUI.

Baca Juga: 7 Makanan yang Wajib Kamu Pesan saat Mengunjungi IKEA Alam Sutera

Amanda R Putri Photo Verified Writer Amanda R Putri

23. Part time content writer and legal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya