Comscore Tracker

5 Makanan Pendamping Saat Minum di Kedai Susu Segar, Enak Semua!

Bikin bingung milihnya

Saat berkunjung ke kedai susu segar pinggir jalan, tentu kamu bakal memesan salah satu racikan susu sapinya. Sebut saja, susu murni, susu telur madu jahe atau biasa disingkat STMJ, susu cokelat, susu sirup, susu jahe atau susu soda gembira. Selain menikmati ramuan susu yang menyehatkan badan, tentu ada menu pendamping lain yang bisa dipesan.

Nah, biasanya ada nih beberapa piring makanan ringan yang sengaja digelar di atas meja. Jadi kamu tinggal duduk manis, dan bebas mengambil makanan apa saja yang disuka. Tapi sadar atau tidak, ternyata ada sedikitnya lima jenis makanan yang paling sering dijumpai di hampir seluruh kedai susu segar. Apa saja kudapan yang dimaksud? Berikut kita kasih daftarnya, siapa tahu nih salah satunya adalah favoritmu.

1. Sate jeroan ayam

5 Makanan Pendamping Saat Minum di Kedai Susu Segar, Enak Semua!Instagram.com/veefoodgalery Follow

Makanan yang satu ini, bisa dibilang cukup mencolok penampilannya, ditusuk menggunakan tusuk sate, berwarna kuning dan sedikit berminyak. Sate jeroan ayam, biasanya terdiri dari hati, ampela, uritan, usus dan jantung ayam. Rasanya gurih dan cenderung asin.

Biar makin nikmat, gak jarang pembeli minta sate dibakar sebentar di atas bara api. Selain dimakan gitu aja, sate jeroan ayam ini juga cocok buat lauk makan nasi bungkus, lho. Asalkan gak kebanyakan, ya.

2. Roti bakar cokelat keju

5 Makanan Pendamping Saat Minum di Kedai Susu Segar, Enak Semua!Instagram.com/kabardari_solo Follow

Ini nih, makanan yang bisa dibilang paling serasi kalau disandingkan dengan susu segar dingin atau hangat. Yap, roti bakar. Berbeda dengan roti bakar ala Bandung yang tebal, roti bakar di kedai susu segar biasanya sih menggunakan roti tawar biasa, kemudian diberi mentega dan cokelat mesis, susu kental manis serta parutan keju. Walau porsinya cukup kecil, tapi terbilang mengenyangkan lho.

Kalau gak suka terlalu berminyak, bisa minta olesan menteganya sedikit saja. Karena biasanya si penjual kasih menteganya gak tanggung-tanggung alias banyak banget.

Baca Juga: Mengulas 10 Menu Masakan ala Tamara Bleszynski di Warung Teh Manis

3. Pisang bakar atau pisang owol

5 Makanan Pendamping Saat Minum di Kedai Susu Segar, Enak Semua!Instagram.com/christantor Follow

Selain roti bakar, ada juga pisang bakar atau biasa disebut pisang owol. Pisang yang paling sering dipakai adalah jenis pisang kepok, karena teksturnya yang sedikit keras jadi gak mudah lembek saat dibakar.

Mula-mula pisang akan dipotong memanjang menjadi dua bagian. Lalu dibakar di atas arang hingga kecokelatan sambil dioles mentega. Setelah itu pisang dipotong-potong kecil dan diberi topping susu kental manis, cokelat mesis dan parutan keju.

4. Telur ayam 1/2 matang

5 Makanan Pendamping Saat Minum di Kedai Susu Segar, Enak Semua!Instagram.com/ daithien2_ Follow

Biasanya telur yang digunakan adalah jenis ayam kampung, karena aromanya yang tidak begitu amis dan rasanya yang sedikit manis. Telur ayam 1/2 matang akan dihidangkan dalam piring kecil beserta garam dan juga lada.

Umumnya sih, menu ini dipesan oleh kaum pria, selain telur bebek mentah yang dicampur ke dalam susu panas. Konon katanya, telur mentah atau 1/2 matang dipercaya bisa menambah stamina, lho.

5. Nasi bungkus atau nasi kucing

5 Makanan Pendamping Saat Minum di Kedai Susu Segar, Enak Semua!Instagram.com/masakmakanmakan

Istilah lainnya sih, nasi kucing. Disebut demikian karena porsinya yang sedikit, seperti porsi makan seekor kucing. Selain itu, isiannya yang terdiri dari potongan bandeng juga jadi alasan penyebutan makanan yang satu ini. Namun nasi bungkus yang biasa tersedia di kedai susu segar, gak melulu berisi nasi bandeng plus sambal saja kok.

Ada juga pilihan lainnya, seperti nasi telur sambal, nasi goreng atau nasi bihun. Karena porsinya yang cuma 3-4 sendok habis, gak jarang banyak pengunjung yang nambah sampai 3 bungkus lebih. Aduh, enak apa doyan ya.

Selain rasanya yang enak, harga yang murah bikin kamu gak ragu-ragu lagi deh buat nambah camilan, iya gak? Tapi jangan sampai kalap juga, ya. Takutnya, justru susu segar yang jadi menu utama dan terlanjur dipesan malah gak jadi dihabiskan, deh.

Kalau kamu nih, mana sih menu makanan ala kedai susu segar pinggir jalan yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 15 Menu Makanan di Rumah Sakit dari Berbagai Negara, Mana yang Enak?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya