Comscore Tracker

Wajib Coba Nih, 5 Warung Es Buah Paling Terkenal di Solo

#ANGPOIN Setelah berburu oleh-oleh, mampir yuk!

Mampir ke Solo, belum lengkap kalau gak berburu aneka kuliner khasnya. Selain menawarkan wisata budaya yang kaya akan sejarah, Solo juga dikenal dengan ragam makanannya yang sangat menggiurkan. Mulai dari makanan serta minuman zaman now yang lagi hype, sampai jajanan tradisional dan jadul semua lengkap tersedia. Salah satunya ada es buah.

Memang keberadaan es buah bisa ditemui di hampir semua kota di Indonesia, ya. Tapi beda tempat tentu beda cita rasanya, dong. Seperti kedai es buah yang sudah tersohor di kota Bengawan ini nih. 

Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Es Ndelik

Wajib Coba Nih, 5 Warung Es Buah Paling Terkenal di Soloinstagram.com/waosansurakarta

Dari namanya saja sudah unik, kan. Dalam bahasa Indonesia, ndelik berarti bersembunyi, karena memang lokasi dari warung es ini berada di dalam area pemukiman warga yang tak langsung terlihat dari jalan raya.

Es Ndelik sempat beberapa kali pindah lokasi, namun tetap mempertahankan konsep "ndelik" tersebut. Sekarang, Es Ndelik bisa kamu kunjungi di Jl. Manduro No 19, Kratonan, Kecamatan Serengan, Solo.

Satu porsi es buah di warung es ini diberi harga Rp 9 ribu. Selain es buah yang diberi nama panjang Es Buah Tenan, ada beragam menu jus buah dan makanan ringan sampai berat di warung es ndelik ini. Sebut saja, Anti Nyamuk untuk jus jambu, Biarkan Aku Sendiri untuk jus avokad yang diisi dengan potongan buah melon dan Neko-Neko Jus untuk campuran jus melon, jeruk, dan susu.

Es Ndelik buka setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 08.00 wib hingga 19.00 wib.

2. Es Buah Bunuh Diri

Wajib Coba Nih, 5 Warung Es Buah Paling Terkenal di Soloinstagram.com/

Mendengar namanya aja, sudah bikin bulu kuduk merinding apalagi makan es buahnya, ya. Duh, tenang saja namanya emang seram tapi es buah ini gak bakal bikin kamu celaka sama sekali, kok.

Penamaan "bunuh diri" merujuk pada porsi es buahnya yang super jumbo. Kalau kalian datang bersama teman atau pacar, lebih baik pesan satu porsi saja buat berdua. Uniknya, meski punya porsi besar harga es buah di sini terbilang terjangkau lho yakni hanya Rp 8 ribu saja.

Kalau kamu tertarik mencoba porsi jumbo Es Buah Bunuh Diri, datang saja ke Jl. Cakara 1, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Warung ini buka mulai pukul 10.00 wib.

Saat kamu datang ke sini, siap-siap antri panjang ya. Tapi gak perlu kawatir karena banyak pedagang mulai dari cilok sampai bakso bakar yang mangkal di depan warung es ini. Jadi, bisa ngemil dulu sembari nunggu giliran deh.

Baca Juga: 5 Sajian Es Campur Nusantara yang Segar dan Nikmat, Mau Coba? 

3. Es Kobar

Wajib Coba Nih, 5 Warung Es Buah Paling Terkenal di Soloinstagram.com/riyuwuri

Es Kobar adalah kepanjangan dari es kota barat, karena memang lokasi warung es ini terletak di kawasan Kota Barat, tepatnya di Jl. Moewardi No 26, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo.

Selain es buah yang segar, menu lain yang terkenal banyak dipesan pengunjung di Es Kobar adalah es telernya. Ada tiga pilihan es teler yang bisa kamu pilih nih yakni es teler orisinal, es teler durian, dan es teler madu keju. Harga es buah di Es Kobar dibanderol seharga Rp 7 ribu. Sedangkan untuk aneka es teler diberi harga mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu.

Selain es buah dan teler yang menyegarkan, ada pula menu makanan yang bisa kamu pesan seperti paket ayam kremes, lele goreng, mie ayam, bakso, sampai tahu kupat.

Es Kobar buka mulai pukul 09.30 wib.

4. Es Buah dan Es Teler Pak Min

Wajib Coba Nih, 5 Warung Es Buah Paling Terkenal di Soloinstagram.com/dolansolo

Ini nih, warung es buah yang digadang-gadang jadi pelopornya es buah di kota Bengawan. Namanya Es Buah dan Es Teler Pak Min yang berlokasi di Jl. Srinalendro, Baron, Solo. Dikatakan legenda karena konon es buah dan es teler Pak Min ini sudah berdiri sejak tahun 1961. Harga satu porsi es buah dibanderol Rp 8 ribu dengan isian berupa nangka, belewah, kolang-kaling, pepaya, dan cincau hitam.

Selain es buah, kamu juga bisa mencoba es teler yang terdiri dari potongan nangka, alpukat, kolang-kaling, sawo dan roti tawar. Buat kalian para pecinta durian, bisa minta ditambahkan daging durian, lho. Cukup membayar Rp 15 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati segarnya es buah atau es teler plus durian yang nikmat.

5. Warung Es Plengeh

Wajib Coba Nih, 5 Warung Es Buah Paling Terkenal di Soloinstagram.com/thoryc.id

Warung yang berdiri sejak tahun 1991 ini, memang terkenal dengan es telernya. Namun, lambat laun menu es buah dan sup buah mulai ditambahkan. Nama plengeh sendiri merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang memiliki maksud tersenyum lebar. Maka gak heran bila maskot warung es ini adalah wajah bulat dengan senyuman yang mengembang lebar.

Es Plengeh terletak di kawasan alun-alun kidul (selatan), Keraton Kasunanan, Surakarta, tepatnya di sebelah kiri pintu masuk lawang gapit (pintu gapit), sebelah selatan alun-alun.

Setiap harinya warung Es Plengeh tak pernah sepi pengunjung, yang mayoritas adalah anak-anak sekolah yang suka nongkrong sepulang sekolah.

Harga es teler, es buah, dan sup buah di warung Es Plengeh dibanderol mulai dari Rp 6 ribu. Es Plengeh buka setiap hari, mulai dari pukul 10.00 wib hingga 17.00 wib.

Nah, itu dia es buah paling famous di Solo. Gimana sudah mulai tergiur mencicipi kesegarannya? Jangan lupa dicoba ya kalau berkesempatan mampir ke kota Bengawan.

Baca Juga: 5 Lauk Kering dari Solo yang Cocok buat Teman Makan Nasi 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You