Comscore Tracker

5 Hidangan Prancis yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!

Bisa buat alternatif menu sarapan

Masyarakat Prancis memang sangat gemar sekali mengonsumsi kentang sebagai hidangan berat, karena jenis umbi-umbian yang satu ini memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi yang bermanfaat sebagai sumber energi pada tubuh. Berbagai hidangan dari olahan kentang pun banyak dikreasikan oleh masyarakat Prancis, dengan cita rasa yang sangat autentik dan menggugah selera.

Dengan resep yang telah turun temurun serta dikombinasikan dengan berbagai bahan berkualitas lainnya, inilah lima hidangan dari Prancis yang terbuat dari olahan kentang, dilansir dari Epicurious dan Taste Atlas.

1. Potage Parmentier

5 Hidangan Prancis yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!ducros.fr

Potage parmentier merupakan jenis sup, yang paling terkenal di masyarakat Prancis karena memiliki cita rasa yang lezat. Hidangan ini terbuat dari bahan baku utama yaitu kentang serta daun bawang pilihan.

Untuk menambah rasa nikmat dari sup ini, kamu juga dapat memakannya bersama ikan dan daging. Potage parmentier biasanya dihidangkan untuk menu pembuka dan dapat disajikan dalam keadaan dingin dan panas.

Beberapa jenis sayuran lainnya yang cocok dimasukan ke dalam potage parmentier di antaranya adalah brokoli, seledri dan asparagus.

2. Pommes Anna

5 Hidangan Prancis yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!recipe30.com

Pommes anna merupakan hidangan yang pertama kali dibuat oleh chef paling legendaris asal Prancis, yang bernama Adolf Duglere pada abad ke 19. Hidangan ini terbuat dari kentang yang diiris tipis-tipis kemudian disusun hingga beberapa lapisan lalu dioles mentega dan dipanggang di dalam oven.

Sedangkan untuk bumbunya, pommes anna hanya ditaburi dengan garam dan merica. Biasanya pommes anna sangat cocok untuk dinikmati bersama daging panggang.

Baca Juga: 6 Jenis Roti Khas Perancis, Bentuknya Unik dan Rasanya Memikat!

3. Baeckeoffe

5 Hidangan Prancis yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!macuisinesante.com

Hidangan baeckeoffe berasal dari wilayah bagian utara Prancis yang bernama Alsacee. Dalam satu porsi baeckeoffe terdiri dari berbagai macam jenis bahan seperti kentang, sayur-sayuran serta daging sapi atau domba yang telah diasinkan.

Yang uniknya, kuah dari baeckeoffe dibuat dari campuran wine sehingga dapat menciptakan rasa dan aroma yang sangat khas. Menu ini sangat populer di kalangan para petani dan memiliki sejarah tersendiri di dalam masyarakat Alsacee.

4. Tartiflette

5 Hidangan Prancis yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!goodtoknow.co.uk

Pada dasarnya tartiflette memiliki bentuk dan cara pengolahan yang mirip dengan pancake. Namun, bahan baku pembuatan tartiflette berasal dari kentang yang sudah diiris tebal-tebal lalu diatasnya terdapat keju yang meleleh.

Hidangan ini termasuk jenis makanan ringan yang berasal dari wilayah Auvergne, Prancis. Tartiflette biasa disajikan sebagai makanan pendamping steak atau hidangan daging lainnya.

5. Hachis Parmentier

5 Hidangan Prancis yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!boblechef.com

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Prancis, Lezat dengan Cita Rasa Mendunia 

Hachis Parmentier merupakan jenis hidangan casserol ala Prancis yang terbuat dari bahan utama yaitu kentang, yang telah dihaluskan serta dicampur dengan daging sapi cincang kemudian dipanggang di dalam oven.

Walaupun hachis parmentier ini tidak termasuk ke dalam hidangan mewah, namun kelezatan dari hachis parmentier dapat membuatmu merasa ketagihan. Dibutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk dapat membuat hachis parmentier secara sempurna.

Nah, itulah lima hidangan ala Prancis yang terbuat dari kentang. Dengan karbohidrat tinggi, yang terkandung pada kentang tentunya akan membuatmu mendapatkan cukup energi setelah menyantapnya.

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya