Comscore Tracker

Jangan Mengaku Penyuka Pedas Kalau Belum Tahu 5 Fakta Sambal Berikut

Pedas, enak, dan ternyata juga berkhasiat

Sebagai orang Indonesia, sambal merupakan makanan tambahan yang pastinya sudah gak asing lagi ada di meja makan kalian kan? Meski beberapa dari kamu mungkin tidak menyukai sambal, tapi tentu pernah mencoba untuk mencicipinya. Hayo ngaku deh.

Sementara buat pecinta makanan pedas, sambal adalah menu wajib yang gak boleh sampai ketinggalan. Ibarat sayur tanpa garam, begitulah rasanya kalau makan tanpa sambal. Iya gak?

Di balik kelezatan dan kenikmatan yang dihasilkan oleh sambal. Ternyata, ada beberapa fakta nih yang perlu kita tahu. Yuk kepoin!

1. Mengonsumsi sambal ternyata bagus untuk kesehatan kulit

Jangan Mengaku Penyuka Pedas Kalau Belum Tahu 5 Fakta Sambal Berikutindoindians.com

Dalam cabai yang merupakan bahan utama pembuatan sambal, terkandung antioksidan dan vitamin C lho. Dua kandungan tersebut terbukti memiliki kemampuan merangsang terbentuknya kolagen yang bagus untuk kulit. Terutama, jika kulitmu luka, dua kandungan dalam sambal tersebut ampuh untuk membuat penyembuhan lebih cepat terjadi.

2. Cabai pertama di Indonesia ternyata berasal dari Amerika Selatan

Jangan Mengaku Penyuka Pedas Kalau Belum Tahu 5 Fakta Sambal Berikutunsplash/Adi Chrisworo

Pada masa penjajahan, ternyata penjajah Portugis dan Spanyol lah yang membawa cabai pertama kali masuk ke Indonesia. Cabai tersebut berasal dari Amerika Selatan, lho. Asal mula kenapa setiap daerah memiliki sambal khas mereka sendiri adalah karena warga setempat bereksperimen untuk membuat sambal dengan berbagai bumbu khas daerah masing-masing. Makanya, mencicipi sambal khas daerah sekitar harus jadi hal utama kalau lagi travelling di Indonesia, guys.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Saus Sambal yang Berkualitas, Sudah Tahu?

3. Makan sambal bisa meredakan flu

Jangan Mengaku Penyuka Pedas Kalau Belum Tahu 5 Fakta Sambal BerikutUnsplash/Anais Almeida

Kalau mulai merasakan gejala flu, sambal bisa jadi solusi juga nih. Gak cuma karena mengandung antioksidan, cabai dipercaya bagus untuk meredakan flu karena mengandung zat capsaicin. Zat inilah yang membantu memperlancar jalannya udara di pernapasan kita.

4. Mengonsumsi sambal juga bisa membantu mengurangi stress

Jangan Mengaku Penyuka Pedas Kalau Belum Tahu 5 Fakta Sambal Berikutseriouseats.com

Pernah gak kamu merasa ingin makan pedas ketika mulai banyak pikiran? Bukan sembarang sebab, ternyata sambal memang memiliki kemampuan untuk meredakan stress, lho. Hal ini karena sambal bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Stress berkurang, perut pun kenyang.

5. Sambal ternyata mampu mengurangi kolesterol

Jangan Mengaku Penyuka Pedas Kalau Belum Tahu 5 Fakta Sambal Berikuttheburningkitchen.com

Terdapat dua kadar kolestrol dalam tubuh kita, yang jahat dan baik. Nah, cabai dalam sambal ternyata bisa mengurangi kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Sehingga kolestrol dalam tubuh pun menjadi seimbang.

Eits, meski memiliki banyak manfaat, mengonsumsi sambal tetap dalam porsi sewajarnya ya. Karena segala hal yang berlebihan itu gak baik. Memakan terlalu banyak sambal pastinya akan mengganggu kesehatan kita juga. Semoga bermanfaat, guys.

Baca Juga: Untuk Kamu Pencinta Pedas, 10 Sambal Nusantara yang Mesti Kamu Tahu!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You