Comscore Tracker

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!

Bisa diolah menjadi makanan berkuah hingga tumisan

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui jenis labu yang berwarna kuning dan oranye. Padahal jenis labu gak cuma itu saja, lho.

Sebenarnya, ada banyak jenis labu yang bisa ditemukan di Indonesia. Yuk, kenali jenis-jenis labu berikut ini!

1. Labu kuning

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!bhg.com

Labu kuning jadi yang terpopuler yang sering diolah menjadi sayur, kolak, kue, hingga puding. Labu jenis ini merupakan sumber kalium yang penting untuk tubuh. Mengonsumsi labu kuning bermanfaat untuk menjaga fungsi saraf dan keseimbangan cairan. 

2. Labu siam

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!instagram.com/ayamsehat.cmh

Labu siam sering diolah menjadi beragam masakan, mulai dari sayur lodeh hingga pelengkap lalapan. Meskipun rasanya gak terlalu manis, labu siam memiliki beragam manfaat, lho. Selain mengandung antioksidan, labu ini juga bisa mengatasi anemia hingga mencegah kanker. 

3. Labu air

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!econusa.id

Labu air berbentuk unik. Gak cuma lonjong memanjang, labu ini memiliki bentuk yang bervariasi. Biasanya diolah menjadi sayur hingga tumisan. Jenis labu ini juga memiliki banyak manfaat, mulai dari mengatasi flu, sariawan, hingga penyakit yang serius seperti tifus. 

4. Labu ular

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!instagram.com/zazalahsani

Sesuai namanya, labu ini berbentuk memanjang seperti ular. Labu ular juga sering disebut pare belut. Bahkan, ukurannya bisa mencapai 60 sentimeter.

Dari fisiknya, labu ini berwarna hijau dengan corak belang memanjang warna putih. Biasanya labu ular diolah menjadi sayur kuah bersantan dan sayur bening.  

5. Gambas

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!instagram.com/sayurcorner_mlg

Gambas atau yang kerap disebut oyong ini memiliki tekstur kulit yang kasar dibanding jenis labu lainnya. Oyong biasanya diolah menjadi sayur berkuah atau tumisan.

Jenis labu yang satu ini memiliki beberapa manfaat baik seperti mengatasi masalah infeksi, menjaga kelembapan kulit, hingga mencegah jerawat. 

Baca Juga: 10 Jenis Apel Paling Populer, Enak dan Bergizi Tinggi

6. Bligo

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!instagram.com/daniel.adi.susanto

Bligo atau yang disebut blonceng ini adalah jenis labu yang kurang populer, karena hanya bisa ditemukan di beberapa kota kecil di Indonesia. Biasanya diolah menjadi minuman segar. Bahkan, bligo sering diolah menjadi manisan tang kwe khas Tiongkok. 

7. Pare

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!instagram.com/khikmahandina

Salah satu jenis labu dengan rasa yang pahit ini sering diolah menjadi sayur, tumisan, hingga campuran siomay. Walaupun rasanya pahit, pare mengandung vitamin C, magnesium, dan zat besi untuk menangkal radikal bebas. 

8. Mentimun

8 Jenis Labu yang Enak Dikonsumsi, Gak Cuma Pare Lho!plantsofdistinction.co.uk

Bahan makanan yang sering diolah menjadi acar ini juga masuk ke dalam jenis labu, lho. Di balik rasanya yang segar, mentimun mengandung serat, protein, vitamin C, dan kadar air yang tinggi. Bagus untuk mencegah dehidrasi dan mengurangi kolesterol. 

Itulah jenis-jenis labu yang bisa diolah jadi makanan lezat. Dari delapan labu di atas, mana yang belum pernah kamu coba?

Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Jenis Tomat Paling Populer, Mana yang Paling Sering Kamu Makan?

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya