Comscore Tracker

5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kamu Lebih Suka yang Mana? 

#IDNTimesFood Pahami biar gak salah pesan

Makanan khas Jepang cukup populer di Indonesia. Rasa segala masakannya cocok di lidah orang Indonesia. Gak heran kalau akhirnya restoran Jepang menjamur di Indonesia.

Selain sushi dan sashimi, ada teriyaki dan yakiniku yang mudah kita jumpai sehari-hari. Teriyaki dan yakiniku memiliki nama dan tampilan yang hampir sama.

Namun, sebenarnya kedua hidangan tersebut gak sama, lho. Yuk, cari tahu perbedaan teriyaki dan yakiniku, supaya gak salah pesan!

1. Definisi teriyaki dan yakiniku

5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kamu Lebih Suka yang Mana? Ilustrasi teriyaki (britannica.com)

Definisi kedua hidangan ini tentu saja berbeda. Teriyaki merupakan gabungan dari dua bahasa Jepang, yakni teri yang berarti bersinar, sedangkan yaki  berarti panggangan. Jadi, teriyaki sebenarnya bukanlah hidangan, melainkan teknik memasak yang digunakan dalam masakan Jepang.

Yakiniku jika diterjemahkan yaki  berarti dibakar dan niku  berarti daging. Jadi, yakiniku disebut barbekyu khas Jepang yang dinikmati di dalam ruangan, baik di restoran atau di rumah. 

2. Bahan yang digunakan

5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kamu Lebih Suka yang Mana? Ilustrasi yakiniku (youtube.com/ochikeron)

Teriyaki menggunakan daging sapi, babi, ayam, salmon, dan cakalang. Sedangkan, yakiniku menggunakan irisan daging sapi atau babi. Selain itu, dilengkapi dengan potongan seafood dan sayuran segar. 

3. Bahan sausnya

5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kamu Lebih Suka yang Mana? Ilustrasi saus teriyaki (thespruceeats.com)

Saus teriyaki terbuat dari kecap asin khas Jepang atau shoyu, gula, dan mirin. Mirin terbuat dari minuman beralkohol dan beras ketan yang difermentasikan. Saus teriyaki bisa membuat daging menjadi mengilap.

Saus yakiniku terbuat dari kecap asin khas Jepang yang dicampur dengan mirin, gula, sake, biji wijen, minyak wijen, dan bawang putih. Sehingga, aroma saus yakiniku lebih harum. 

Baca Juga: Resep Daging Yakiniku ala Yoshinoya, Rasanya Seenak yang Asli

4. Perbedaan cara mengolah

5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kamu Lebih Suka yang Mana? Ilustrasi yakiniku (byfood.com)

Kedua hidangan ini pun diolah dengan cara yang berbeda. Teriyaki biasanya direndam ke dalam saus terlebih dulu selama beberapa menit.

Setelah meresap, bahan akan dipanggang, lalu diolesi saus teriyaki hingga beberapa kali yang membuat bahan mengilap. Setelah itu, dipotong-potong sebelum disantap. 

Sedangkan, yakiniku diolah dengan cara dipotong-potong terlebih dulu. Setelah itu, dicelupkan ke dalam saus, lalu dipanggang dengan teppanyaki. Namun, ada beberapa daging yang biasanya langsung dibakar dan dicelupkan ke saus setelah matang. 

5. Perbedaan rasa

5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kamu Lebih Suka yang Mana? Ilustrasi teriyaki (taste.com.au)

Rasa kedua hidangan ini tentu saja berbeda. Teriyaki didominasi dengan rasa manis dan sedikit asin. Sedangkan, yakiniku didominasi rasa manis dan gurih, ditambah aroma dan rasa wijen yang kuat. 

Warna teriyaki cenderung lebih pekat dan mengilap karena saus yang digunakan. Sedangkan, yakiniku berwarna cokelat yang cenderung pudar.

Nah, itulah beberapa perbedaan teriyaki dan yakiniku yang harus kamu pahami, supaya gak salah pesan. Kalau kamu sendiri, lebih suka yang mana, nih?

Baca Juga: Resep Daging Teriyaki ala HokBen yang Empuk dan Meresap, Yuk Bikin! 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya