Comscore Tracker

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngiler

Kaya akan rempah-rempah banget nih!

Maroko adalah sebuah negara di Afrika Utara yang berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Negara yang dipengaruhi oleh budaya Berber, Arab, dan Eropa ini terkenal dengan tradisinya yang kental dan keindahan landskap kota yang ramai, pegunungan dan padang pasir yang gersang.

Dilansir dari laman worldsim.com, Maroko menempati peringkat kedua di antara destinasi wisata terbaik untuk pecinta makanan khususnya untuk masakan Berber (kelompok etnis asli Afrika Utara). 

Jika kamu pergi ke Maroko, berikut 7 hidangan Maroko berkombinasi rasa kreatif, berbumbu eksotis dengan kombinasi bahan inovatif yang wajib kamu coba!

1. Harira, sup sarat akan tomat, lentil dan buncis

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngilertasteofmaroc.com

Harira adalah jenis sup yang paling disukai oleh masyarakat Maroko. Variasi sup ini sangat tidak terhitung, tetapi biasanya harira adalah sup yang sarat akan tomat dengan lentil dan buncis. Bahan-bahan lainnya dalam sup ini antara lain kaldu domba, jenis kacang-kacangan lainnya, perasan jus lemon, dan ketumbar cincang.

Sup ini biasaya disajikan bersama kurma manis, pretzel manis, wijen, dan madu.

2. B’stilla, pie daging merpati

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngilertaste.com.au

B’stilla adalah kue kering (pastry) yang diisi dengan daging merpati, almond dan telur dibumbui dengan kunyit, kayu manis dan ketumbar segar. Di bagian atasnya ditaburi dengan gula icing dan kayu manis sehingga hidangan ini memiliki cita rasa gurih dengan kombinasi rasa asin dan manis.

3. Tagine, semur khas Maroko yang dimasak dalam pot tanah liat

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngilerrealfood.tesco.com

Tagine dapat dikatakan sebagai hidangan nasional Maroko karena hidangan ini adalah hidangan yang paling banyak ditemui. Tagine adalah semur yang dimasak dalam pot tanah liat yang khas dengan bagian atas berbentuk kerucut.

Tagine secara tradisional dimakan langsung dari wadah menggunakan potongan-potongan roti Maroko (khobz) untuk menyendok daging, sayuran dan saus. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi, domba, atau ayam. 

Baca Juga: Gila Sih, 5 Bangunan Eksotis Ini Cuma Bisa Kamu Lihat di Maroko

4. Zaalouk, salad terong pedas

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngilerwashingtonpost.com

Zaalouk adalah saus terong asap, dibumbui dengan bawang putih, paprika, jintan, dan sedikit bubuk cabai. Zaalouk disebut juga dengan salad terong dimana salad ini biasanya dimakan dengan roti untuk menyendok salad.

Roti yang biasa dimakan bersama salad ini adalah khubz yaitu roti pipih berbentuk bulat yang merupakan makanan pokok lokal dari Semenanjung Arab hingga Maroko.

5. Couscous, pasta gandum dengan sayuran

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngilererrenskitchen.com

Couscous adalah hidangan khas Maroko lainnya. Couscous atau disebut juga seksu merupakan pasta gandum yang dikukus dan disajikan dengan daging atau sayuran, dan seperti tagine. Hidangan ini memiliki banyak macam jenis. Suku Berber biasanya menambahkan kismis dan menambangkan semangkuk buttermilk ke dalam hidangan ini.

6. Rfissa, ayam rebus kaya akan lentil

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngilertripadvisor.co.uk

Rfissa adalah hidangan khas Maroko yang biasanya disahikan dalam berbagai perayaan tradisional. Rfissa terdiri atas ayam rebus dan lentil yang dibumbui secara harum dengan fenugreek (biji tanaman herbal), saffron (rempah-rempah dari bunga pacar), dan Ras el Hanout (campuran rempah-rempah khas Timur Tengah).

Eksotis banget kan bumbu masakan ini?

7. Mechoui, domba panggang Maroko

Berbumbu Eksotis, 7 Hidangan Khas Maroko yang Bikin Kamu Ngilerkingdom-kitchen.blogspot.com

Domba panggang Maroko disebut sebagai mechoui. Mechoui secara tradisional disiapkan dengan memanggang seekor domba utuh baik di atas bara api atau di dalam lubang tanah.

Namun kini, resep Mechoui yang banyak dibuat adalah memanggang kaki atau bahu domba dengan bumbu garam dan jintan dalam oven dengan suhu yang sangat rendah sampai dagingnya cukup empuk hingga terlepas dari tulang. 

Kaya akan rempah-rempah aromatik nan eksotis dicampur dengan bahan-bahan inovatif, gak heran deh makanan khas Maroko ini banyak disukai oleh para traveller. Kamu pengen banget coba yang mana nih?

Baca Juga: 8 Kuliner Lezat Ini Ternyata Sudah Eksis Sejak Ribuan Tahun Lalu Lho!

MademoiselleD Photo Verified Writer MademoiselleD

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You