Comscore Tracker

5 Kedai Sego Cawuk Paling Maknyus Di Banyuwangi, Bikin Nagih!

Nasinya disiram kuah kelapa parut lho!

Satu lagi kuliner Banyuwangi yang patut kamu coba. Namanya adalah sego cawuk.

Sego cawuk berkomposisi nasi putih yang disiram dengan dua macam kuah yakni kuah pindang dan kuah trancam (kelapa parut). Kombinasi rasa dari siraman kuah gurih manis ini sangat menggugah selera makan saat pagi.

Ditambah irisan ketimun, semanggi rebus dan sambal serai. Sambalnya ini autentik dibuat dari ulegan belimbing wuluh dan serai. Untuk lauknya pembeli bebas pilih sesuai selera. Biasanya ada telur cit yang khas dari Banyuwangi yaitu telur rebus yang masak lagi dengan bumbu petis. Jadi kuahnya kental dan hitam pekat.

Nasi cawuk (sego cawuk) merupakan menu sarapan andalan warga Banyuwangi. Meski disiram kuah, cara makannya lebih nikmat kalau pakai tangan. Istilah bahasa osingnya dicawuk artinya disuap pakai tangan. Tapi kalau kesulitan, pakai sendok juga bisa. Sensasi rasa nano-nanonya tetap maknyus.

Buat referensi 5 kedai sego cawuk paling maknyus ini wajib dicicipi, dijamin nagih!

1. Sego Cawuk Warung Aini Kepatihan

5 Kedai Sego Cawuk Paling Maknyus Di Banyuwangi, Bikin Nagih!instagram.com/terusmakan

Kedai ini terkenal jago meracik sambal gecoknya. Kolaborasi dari belimbing wuluh dan serainya pas banget. Cocok kalau disantap dengan sambal timun, pepes tuna, semanggi dan telur pindang.

Tak ketinggalan di atas nasinya diguyur kuah pindang dan kuah trancam. Udah rasanya enak, harganya juga bikin kantong bahagia yakni Rp 8000 per porsi.

Untuk mencicipinya langsung meluncur saja di Taman Blambangan, Jalan RA Kartini, Kepatihan, Banyuwangi.

Warung yang berdiri sejak tahun 1990 ini biasanya buka mulai jam enam pagi.

2. Sego Cawuk Mifta

5 Kedai Sego Cawuk Paling Maknyus Di Banyuwangi, Bikin Nagih!instagram.com/ninayusab

Sego cawuk terdiri dari nasi putih yang tersaji bersama tahu pedas, telur pindang, gecok teri dan aneka lauk lain. Ada ayam goreng, perkedel jagung, pepes ikan tuna balado atau pepesan tongkol pula yang bisa kamu pesan.

Untuk rasa pedasnya didapat dari sambal serai dan sambal kemirinya. Tak lupa disiram kuah pindang gendam yang rasanya manis. Juga gurih kuah trancam yang dibuat dari campuran kelapa parut dan jagung bakar serut.

Untuk teman makan sego cawuk kalian pesan sekalian es temulawak. Rasanya manis, segar dan aromatik banget.

Sego cawuk di Jalan Kepiting ini terbilang murah yakni Rp 10.000 seporsi.

Untuk bersantap di tempat, kalian bisa mampir mulai jam setengah tujuh pagi sampai setengah sepuluh malam.

Baca Juga: Mencicipi Rawon Bik Ati, Kuliner Banyuwangi dari Empat Generasi

3. Sego Cawuk Ibu Sri

5 Kedai Sego Cawuk Paling Maknyus Di Banyuwangi, Bikin Nagih!instagram.com/azalwijaya

Sego Cawuk Ibu Sri berada di Jalan Kyai Saleh Gang Kepatihan, Banyuwangi. Meski termasuk kuliner blusukan tapi kedai ini selalu rame. Jadi pastikan datang lebih awal biar kebagian aneka lauknya yang terkenal komplit dan enak itu. Biasanya kedai ini buka mulai jam lima pagi sampai setengah sepuluh malam.

Cukup merogoh Rp 10.000 kalian bisa menyantap sego cawuk rasa autentik. Ada komposisi daun semanggi dengan aroma sedap yang khas. Ditambah sambal serai yang dibuat dari campuran serai dan belimbing wuluh. Nikmatnya lagi karena sambal serai ini baru diuleg saat kalian pesan sego cawuk. Jadi sensasi rasa segarnya itu bikin makin lahap.

4. Sego Cawuk Warung Bu Har

5 Kedai Sego Cawuk Paling Maknyus Di Banyuwangi, Bikin Nagih!instagram.com/warung_buhar

Cukup siapkan Rp 12.000 untuk menyantap sajian sego cawuk nikmat disini. Isinya ada nasi putih, telur cit, tahu bali, gecok teri, semanggi dan sambal serai. Untuk menambah tekstur makannya wajib dilengkapi kerupuk.

Disini memang cocok buat mencicipi sajian khas Banyuwangi lain seperti rujak soto, pecel pitik, nasi tempong dan masih banyak lagi. Jangan lewatkan buat ngemil jajanan khas gurih khas Banyuwangi juga yakni tahu walik. Bagian luarnya garing pas digigit langsung kriuk.

Nah, biar gak makin ngiler buruan mampir. Kedai ini beralamat di Jalan Anusopati No 35, Gapangan, Banyuwangi.

5. Sego Cawuk Bu Mantih

5 Kedai Sego Cawuk Paling Maknyus Di Banyuwangi, Bikin Nagih!instagram.com/galuhmakanlagi

Sego cawuk di tempat ini berkomposisi nasi yang diguyur kuah pindang, kuah bumbu rujak dan kuah parutan kelapa (trancam). Kalau lauknya bebas memilih mulai dari krecek, cecek, telur cit dan dendeng sapi. Ada juga aneka pepes yang biasanya diolah dari bahan seperti ikan tenggiri, ikan lemuru, cumi atau teri nasi. Untuk menambah tekstur wajib tambah krupuk kretek.

Setiap komponen dalam sego cawuk ini memang pas saat disantap jadi satu. Ada manis, gurih, asam dan gurih. Pasti langsung ketagihan deh. Apalagi sepiring sego cawuk disini cukup ditebus kisaran harga Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja sesuai lauk yang diambil.

Disini nasi pecelnya juga enak, cocok untuk jadi menu sarapan selain sego cawuk. Nasinya punel, sayur rebusnya segar, dan sambal kacangnya gurih pedasnya pas.

Sego cawuk legendaris ini telah eksis sejak tahun 1972 sampai sekarang. Jadi soal rasa tak perlu diragukan lagi. Untuk mencicipi bisa mampir ke Jalan KH Wahid Hasyim, Banyuwangi. Bukanya mulai jam enam pagi sampai sebelas siang.

So guys, yuk coba sego cawuk di atas saat mampir ke Banyuwangi!

Baca Juga: 7 Objek Wisata di Banyuwangi yang Keindahannya Bikin Kamu Kagum!

Fatiya Photo Verified Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya