Comscore Tracker

5 Makanan Enak yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Langsung Segar!

Gak akan ngantuk, tubuh jadi lebih produktif

Untuk mencapai gaya hidup sehat, kita dianjurkan rutin berolahraga. Sayangnya, kita masih suka sembarangan, seperti menyepelekan asupan gizi setelah olahraga. Apalagi ketika berolahraga di acara seperti Car Free Day, di mana banyak jajanan yang menggiurkan.

Bukan sate telur, cilok, dan siomay, sebaiknya kita mengonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan, meski setelah olahraga. Nah, makanan-makanan tinggi gizi dan baik untuk menyegarkan tubuh serta memulihkan otot ini bisa jadi referensimu. 

1. Telur

5 Makanan Enak yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Langsung Segar!foodswoon.com

Telur jadi salah satu makanan lezat yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Nutrisi dalam telur sungguh luar biasa, tinggi protein dan kaya lemak baik. Saking sehatnya, telur bahkan disebut "sumber protein lengkap".

Sembilan asam amino yang dikandung telur baik untuk pemulihan otot. Kandungan vitamin B dalam telur juga mampu menambah produksi energi. 

Nah, kamu bisa mengolah telur dengan berbagai macam sayur dan saus. Bisa pula menambahkan alpukat, paprika, roti, jamur, bayam, tuna, dan ham. Semuanya enak!

2. Blueberry

5 Makanan Enak yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Langsung Segar!independent.co.uk

Ketika kamu berolahraga, tubuh akan mengalami stres oksidatif, sel-sel tubuh teroksidasi dan antioksidan dalam tubuh berkurang. Maka dari itu, tubuh butuh asupan makanan yang kaya antioksidan, salah satunya blueberry.

Enak dan bergizi, blueberry mengandung banyak serat, vitamin, protein, dan antioksidan. Semakin banyak blueberry yang kamu makan, maka pemulihan otot setelah olahraga juga semakin cepat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan yogurt atau oatmeal. Bagus juga untuk kamu yang lagi diet, lho.

3. Alpukat

5 Makanan Enak yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Langsung Segar!pixabay.com/silverstylus

Tinggi magnesium, alpukat sangat baik untuk pemulihan otot. Tak hanya itu, alpukat mengandung 14 persen potassium yang membantu menyeimbangkan aliran tubuh, serta mengontrol jantung dan otot-otot lainnya.

Ada juga kandungan vitamin C, K, dan B6 yang baik untuk mengurangi inflamasi dalam tubuh. Alpukat cocok dijadikan salad, dimakan dengan telur dan roti, enak pula dijadikan smoothies. Creamy!

Baca Juga: Gawat, 5 Makanan ini Bisa Bikin Wajahmu Cepat Keriput Lho!

4. Sayuran hijau

5 Makanan Enak yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Langsung Segar!pixabay.com/Thilo Becker

Sayuran hijau terkenal akan antioksidan yang tinggi, vitamin, mineral, dan serat, yang mampu meminimalisir adanya radikal bebas pada tubuh. Yang paling terkenal adalah sayur kale, bayam, arugula, dan selada air. Lebih sedap, kamu bisa mengolahnya dengan minyak zaitun atau dicampur pasta.

5. Bubuk protein

5 Makanan Enak yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Langsung Segar!health.harvard.edu

Tubuhmu harus memenuhi asupan protein yang cukup untuk membantu proses pemulihan otot. Bubuk protein cocok untuk kamu yang suka makanan-makanan simpel. 

Namun sayangnya, sekarang banyak beredar bubuk protein abal-abal yang mengandung banyak gula. Tipsnya, kamu harus benar-benar jeli memilih bubuk protein supaya mendapatkan manfaat yang diinginkan.

Nah, sekarang jangan jajan sembarangan lagi setelah olahraga ya!

Baca Juga: 10 Bahan Makanan yang Bisa Diolah Jadi Apa Saja, Wajib Ada di Dapur!

yummy-banner

Topic:

  • Fina Wahibatun Nisa
  • Dewi Suci R.

Just For You