Comscore Tracker

5 Cara Cemerlang Mengolah Sirsak Jadi Sajian Segar

Bisa dijadikan bahan untuk membuat makanan dan minuman, lho!

Sirsak merupakan buah populer yang memiliki sensasi rasa manis dan asam. Bentuk daging buah tersebut cenderung berserat, dan memiliki biji. Sehingga perlu dipisahkan terlebih dahulu sebelum dapat dikonsumsi.

Selain itu, sirsak juga sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk mempertajam rasa makanan dan minuman. Rangkuman olahan ini pun sudah dicatat dalam lima pilihan berikut, biar kamu lebih banyak memiliki referensi sajian segar.

1. Sirsak krispi 

5 Cara Cemerlang Mengolah Sirsak Jadi Sajian Segarilustrasi sirsak krispi (unsplash.com/Mak)

Sirsak bisa dijadikan olahan nikmat berbentuk gorengan yang lembut dan manis. Makanan ini pun sukses menggeser penganan sejenis, seperti pisang atau nangka goreng. Karena sama-sama memiliki sensasi yang bikin ketagihan.

Karena sifat buah yang agak lunak, daging sirsak ini akan ditambahkan ke dalam adonan tepung, bersama susu kental manis dan gula pasir. Biar ada sensasi garing yang dikeluarkan, maka nggak ada salahnya untuk melengkapi adonan pakai tepung roti.

2. Jus sirsak lemon 

5 Cara Cemerlang Mengolah Sirsak Jadi Sajian Segarilustrasi jus sirsak lemon (unsplash.com/Mario Raj)

Buah-buahan sangat umum untuk diolah menjadi jus, karena menjadi terasa segar dan juga praktis untuk disantap. Begitupun dengan sirsak, bahan baku ini mampu bertransformasi menjadi jus yang menyegarkan untuk disantap di siang hari.

Bahan-bahan yang digunakan tentunya adalah daging sirsak tanpa biji, es batu, air, gula pasir, dan jangan lupa untuk menambahkan air lemon, supaya sajian ini terasa lebih fresh ketika dikonsumsi. Kemudian blender seluruh komponen tersebut dan sajikan segera.

Baca Juga: 6 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan, Bikin Menyesal Gak Tanam di Kebun

3. Sirsak puding susu 

5 Cara Cemerlang Mengolah Sirsak Jadi Sajian Segarilustrasi sirsak puding susu (unsplash.com/Jade Seok)

Keberadaan sirsak mampu membuat sajian sederhana terasa lebih istimewa. Hal itu pun berlaku ketika kamu hendak mengolah makanan manis seperti puding. Bahkan tak harus memerlukan banyak bahan untuk bisa membuat sajian ini terasa nikmat, lho.

Untuk bisa membuat puding susu yang lezat, cukup menambahkan agar-agar bubuk plain ke dalam wajan. Lalu masak bersama campuran susu UHT, air, gula, serta daging buah sirsak yang telah dibebaskan dari biji. Setelah itu, cetak adonan dan biarkan dingin.

4. Bolu sirsak kukus 

5 Cara Cemerlang Mengolah Sirsak Jadi Sajian Segarilustrasi bolu sirsak (unsplash.com/Iñigo De la Maza)

Memanfaatkan buah sirsak sebagai penambah rasa untuk makanan lezat lainnya, juga bisa kamu kreasikan di dalam bolu kukus. Makanan ini akan membuat sajian tersebut terasa lebih manis dan memiliki tekstur yang cenderung berwarna.

Mirip dengan kudapan lain, sirsak perlu dipisahkan dari bijinya, kemudian dicampur bersama adonan tepung yang berisikan telur, SP, minyak sayur, soda kue, dan gula pasir. Setelah itu, masak adonan dengan cara dikukus biar terasa empuk.

5. Es sirsak kelapa muda

5 Cara Cemerlang Mengolah Sirsak Jadi Sajian Segarilustrasi es sirsak kelapa muda (unsplash.com/Markus Winkler)

Menikmati es kelapa muda adalah cara yang cocok untuk memaksimalkan hari, biar tambah menyegarkan. Terlebih di dalam sajian ini juga ada kelapa muda yang membuat minuman lebih melegakan, sekaligus mampu menahan lapar.

Namun begitu, sajian ini ternyata masih bisa dikreasikan dengan bantuan buah-buahan lain. Salah satunya adalah daging sirsak yang dimasukkan ke dalam olahan, biar kamu bisa minum sambil ngemil, dengan menikmati potongan buah yang ada di dalamnya.

Sirsak menjadi salah satu buah manis dan asam yang menarik, bahkan cita rasa tersebut sukses membuat aneka macam olahan terasa semakin berwarna dan juga fresh untuk disajikan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Tips Memilih dan Menyimpan Buah Sirsak yang Benar

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya