Comscore Tracker

5 Ide Camilan Enak dari Lentil, Keluarga Kacang yang Tinggi Protein 

Bisa diolah menjadi nugget sayuran lho!

Lentil adalah salah satu varian kacang-kacangan yang memiliki bentuk agak bulat dan pipih serta lebih kecil dari kacang sejenis, hasil tanaman satu ini dikenal mempunyai manfaat yang tinggi, terutama dalam jumlah protein dan vitamin.

Bila kamu mempunyai stok kacang lentil di rumah dan bingung hendak diolah menjadi apa, berikut ini terdapat lima sajian nikmat untuk menu camilan santai di rumah berbahan dasar lentil. Apa saja?

1. Lentil flatbread

5 Ide Camilan Enak dari Lentil, Keluarga Kacang yang Tinggi Protein honestcooking.com

Flatbread atau roti pipih adalah makanan praktis yang biasanya terdiri dari bahan baku berupa tepung terigu, air, dan tanpa menggunakan ragi, sehingga bentuknya menjadi lebih tipis dan padat dibandingkan roti dengan pengembang.

Lain lagi dengan lentil flatbread, olahan yang satu ini bahkan bisa diolah dengan tidak menggunakan bahan tepung terigu sama sekali sebagai pembentuk adonan, sederhananya olahan ini dibuat dengan menghancurkan lentil bersama air.

Bila sudah tercampur dengan baik, maka adonan bisa ditambahi dengan aneka bumbu untuk menambahkan rasa. Selain itu, olahan roti pipih dari kacang lentil lebih disarankan dinikmati dengan tambahan saus manis kesukaan.

2. Lentil loaf

5 Ide Camilan Enak dari Lentil, Keluarga Kacang yang Tinggi Protein simple-veganista.com

Selain diolah menjadi roti pipih, lentil juga dapat dimasak menjadi roti yang lembut dan cocok untuk menu sarapan sehat. Khusus untuk roti dari lentil ini, bahan dasar yang digunakan adalah oat sebagai pendamping tepung.

Oat beserta bahan baku lain, seperti lentil yang telah dimasak, aneka bumbu, dan tepung-tepungan dicampurkan menjadi adonan roti. Nah, untuk menambahkan rasa serta aroma, jangan lupa bubuhi rempah seperti daun thyme, lada hitam, sampai jinten.

Bila suka, masukan sayur-mayur untuk melengkapi nutrisi dalam roti yang biasanya terdiri dari potongan wortel, seledri, dan kacang-kacangan seperti kenari.

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Kacang Hijau, Lezat dan Bikin Nagih! 

3. Baked lentil and quinoa

5 Ide Camilan Enak dari Lentil, Keluarga Kacang yang Tinggi Protein plantifullybasedblog.com

Lentil dapat pula diolah menjadi camilan enak berkolaborasi bersama quinoa atau serealia kaya manfaat yang menjadi makanan pokok di beberapa negara, bagi kamu yang tengah menghindari gorengan, hidangan ini bisa menjadi alternatif.

Bahan bakunya sendiri tidak cuma diolah dari quinoa dan lentil saja, tambahkan sedikit jagung segar, parutan zukini, bumbu-bumbu perasa, serta tepung sebagai perekat semua bahan.

Bila sudah tercampur rata, maka adonan dapat dipipihkan dan masak dengan cara dipanggang beberapa saat. Untuk menambah rasa agar tambah nikmat, sajikan olahan ini bersama saus kesukaan.

4. Red lentil nugget

5 Ide Camilan Enak dari Lentil, Keluarga Kacang yang Tinggi Protein blackmores.com.au

Siapa bilang nugget hanya bisa diolah dengan memakai daging-dagingan, ternyata varian nugget dengan sayur atau kacang-kacangan tidak kalah menarik dan lezat saat disantap sebagai camilan atau makanan pendamping.

Lentil contohnya, ia dapat diolah bersama wortel, kacang polong, dan aneka sayuran kesukaan untuk dijadikan nugget. Cukup hancurkan dalam food processor dan tambahkan bumbu perasa ke dalamnya.

Untuk proses pemasakannya sendiri, adonan nugget yang sudah jadi bisa dipanggang beberapa saat lalu kemudian goreng untuk dihidangkan.

5. Lentil meatballs

5 Ide Camilan Enak dari Lentil, Keluarga Kacang yang Tinggi Protein connoisseurusveg.com

Bagi kamu yang sedang mengurangi porsi dalam mengonsumsi daging dan sedang ingin makan makanan enak, sesekali bisa coba membuat bakso dari kacang lentil. Dalam proses pemasakan olahan ini, kebanyakan komponen dibuat menggunakan sayur-mayur, sehingga mudah bahan mudah ditemukan.

Lentil ada baiknya dimasak dengan cara direbus terlebih dahulu sebelum dicampur bersama bahan-bahan seperti tepung, keju, bawang-bawangan, dan penambah rasa seperti garam, lada, dan lain-lain.

Bentuk bakso seperti ukuran yang diinginkan, letakan dalam loyang yang telah dialasi kertas baking dan panggang sampai matang. Bakso lentil ini bisa dimakan bersama saus tomat atau pasta.

Itulah kelima olahan untuk camilan santai berbahan dasar kacang lentil yang bisa dicoba, dari kelima sajian di atas, kira-kira mana yang menurutmu paling mudah untuk dimasak di rumah?

Baca Juga: 10 Jenis Keripik Sayuran yang Krispi, Camilan Enak dan Sehat  

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya