Comscore Tracker

5 Kue Lebaran Ini Dibikin dengan Digoreng, Rasanya Nikmat

Banyak sekali jenis kue untuk lebaran

Pembuatan kue lebaran sudah mulai menjamur seiring makin dekatnya menyambut hari raya Idulfitri. Sebut saja nastar, kue keju, putri salju, dan lidah kucing jadi primadona selama Lebaran.

Namun tahukah kamu bahwa ada kue-kue khas rumahan zaman dulu yang bikin bernostalgia. Mungkin di beberapa daerah, kue-kue ini masih terdengar asing. Akan tetapi jika bermukim Jawa Barat, kamu akan familiar dengan nama-nama kue berikut ini.

Ya, kue-kue tersebut dimasak dengan cara digoreng, jadi kamu tidak memerlukan oven dalam pengolahannya. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Telor gabus

5 Kue Lebaran Ini Dibikin dengan Digoreng, Rasanya Nikmatresepkoki.id

Salah satu camilan ringan yang terbuat dari tepung terigu ini kian menjamur menjelang lebaran. Rasanya yang gurih dan asin, ditambah oleh parutan keju, membuat kue ini semakin naik kelas.

2. Biji ketapang

5 Kue Lebaran Ini Dibikin dengan Digoreng, Rasanya Nikmatmerahputih.com

Manis, bertekstur keras, dan bentuk menyerupai potongan daun. Ya itu adalah biji ketapang. Salah satu panganan yang cukup terkenal di Jawa Barat ini biasanya dibuat turun-temurun berdasarkan resep nenek atau ibu. Parutan kelapa yang disertakan di setiap potongan kue juga mengimbangi rasa manis dan gurih menjadi satu.

Baca Juga: 7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan Lama

3. Kue bawang

5 Kue Lebaran Ini Dibikin dengan Digoreng, Rasanya Nikmatjagomasakenak.blogspot.com

Hampir mirip dengan biji ketapang, kue bawang merupakan versi asin dari biji ketapang. Rasanya yang enak disertai kerenyahan yang ada di setiap gigitan, kue bawang juga biasa menjadi salah satu pendamping kala membuat bakso saat lebaran.

4. Kue kacang umpet

5 Kue Lebaran Ini Dibikin dengan Digoreng, Rasanya Nikmatresepmasakanfacebook.blogspot.com

Kue kacang umpet merupakan perpaduan dari kulit pangsit, kacang tanah, dan gula merah. Bahan-bahan tersebut diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan kue yang manis dan cantik.

Akan tetapi, kini sudah muncul dua versi dari kue ini, yakni pedas dan manis. Kacang yang telah digulung oleh kulit, lantas digoreng kering sebelum dicelupkan ke dalam caramel.

5. Cheese stick keju

5 Kue Lebaran Ini Dibikin dengan Digoreng, Rasanya Nikmatjajanbaso.com

Masih menjadi salah satu primadona kue kala lebaran, kehadiran cheese stick keju pastinya sangat dirindukan buat kamu yang memiliki ibu yang hobi membuat kue.

Selain bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan, proses pembuatannya pun tidak memakan waktu lama dan memerlukan alat masak yang banyak.

Nah, jadi itu dia kue-kue lebaran yang digoreng namun sudah sulit ditemukan saat ini. Kalau kamu, pernah mencoba yang mana?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You