Comscore Tracker

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan Lama

#RamadanMasaKini Gak usah beli di supermarket deh!

Kue kering selalu memiliki daya tarik tersendiri apalagi menjelang bulan Ramadan dan Lebaran tiba. Selain untuk jajan suguhan ketika lebaran, kue kering juga bisa dijadikan camilan di sela-sela buka puasa.

Namun, daripada kamu beli kue kering dengan harga puluhan ribu hanya dapat satu stoples yang cepat banget melempem, mending bikin sendiri aja. Nah, biar kue keringmu renyah dan awet, ikuti 7 tips ini ya!

1. Bahanmu harus berkualitas

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan LamaPixabay/NickyPe

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan membuat kue kering adalah kualitas bahan. Agar kue keringmu enak, maka kamu juga harus menggunakan bahan berkualitas. Sehingga kue keringmu bakal renyah dan bisa bertahan lama.

2. Olah tepung secara benar: saring dulu

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan LamaPixabay/congerdesign

Agar kue keringmu makin lembut, pastikan tepung yang kamu pilih sudah disaring atau diayak dan disangrai sebelum diolah. Namun, jika kamu merasa ini merepotkan, kamu bisa kok  menjemurnya selama 1 jam di bawah sinar matahari. Pokoknya, sebaiknya jangan langsung gunakan tepung dan mencampurkannya dengan bahan lainnya ya!

Baca Juga: Gak Perlu Beli, 6 Kue Lebaran Cantik & Lezat Ini Bisa Dibikin di Rumah

3. Pilih mentega dan susu cair dingin

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan Lamapixabay.com/ponce_photography

Kamu bisa menambahkan mentega dan susu cair dingin bersuhu ruangan dalam adonan kue keringmu. Jadi, kue buatanmu akan memiliki aroma yang harum dengan tekstur lembut.

4. Gunakan takaran yang pas, penting nih!

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan LamaPixabay/hewq

Pastikan bahan-bahan kue yang kamu siapkan sudah sesuai takarannya. Tapi tak ada aturan juga kalau kamu harus menakar bahan-bahan kue tersebut sesuai buku resep. Buku resep hanya sebagai panduan, dan kamu bebas berkreasi untuk menciptakan kue versimu.

5. Uleni adonan secara benar

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan Lamapixabay.com/congerdesign

Jangan sampai hanya karena buru-buru menghasilkan kue kering, akhirnya kamu buru-buru menguleni adonanmu. Padahal jika asal menguleni bisa lho bikin kue kering menjadi keras bahkan alot. Jadi sebaiknya, santai saja ketika menguleni. Yang penting adonanmu tercampur secara rata dan sempurna.

6. Panggang dengan suhu yang pas

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan Lamapixabay.com/fancycrave1

Sebaiknya kamu memanggang kue keringmu dengan suhu yang pas. Jadi hasilnya sesuai ekspektasi. Dan biarkan dingin dulu, ya sebelum di eksekusi ke dalam toples.

7. Perhatikan cara menyimpannya

7 Tips Bikin Kue Lebaranmu Renyah Tahan Lamapixabay.com/RacheliBD

Setelah prosesi menciptakan kue keringmu selesai, waktunya kamu menyimpan nih. Jadi sebaiknya pilihlah stoples bersih, kering dan kedap udara. Pastikan juga kamu menyimpan stoples ini jauh-jauh dari sinar matahari ataupun barang berbau menyengat. Sehingga kue kering kreasimu tetap awet dan tahan lama dengan rasa khasnya.

Nah, itulah 7 tips membuat kue kering yang awet dan gak gampang melempem. Udah ada rencana bikin kue apa aja, nih buat lebaran?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

N Khana Photo Verified Writer N Khana

Aku adalah Saya. Dan bisa disapa lewat @nkhanaart .

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You