Comscore Tracker

5 Ide Mengolah Susu Skim Jadi Hidangan Lezat, Rendah Lemak!

Bisa dibuat menjadi minuman hangat sampai kue kekinian, lho!

Saat memilih susu rendah lemak, susu skim biasanya menjadi salah satu pilihan terbaik, selain lowfat milk biasa. Tak hanya kandungan kalori yang cenderung lebih sedikit, susu skim juga punya keunikan tersendiri yaitu rasa yang tidak terlalu tajam.

Terkadang ada saja yang kebingungan mengolah susu skim menjadi sajian sedap. Padahal bahan baku tersebut mampu bertransformasi menjadi lima olahan nikmat yang ada di daftar ini, lho. Simak, yuk!

1. Muffin susu skim 

5 Ide Mengolah Susu Skim Jadi Hidangan Lezat, Rendah Lemak!ilustrasi muffin susu skim (pexels.com/CHaLO)

Penambahan susu skim saat membuat muffin alias kue mangkuk bisa membuatnya jadi terasa lebih nikmat. Sama seperti menggunakan susu full cream biasa, lho. Jadi, gak ada alasan untuk tidak bisa membuat minuman populer ini menjadi santapan yummy.

Pengolahan muffin sendiri bisa digabungkan dengan terigu atau tepung bebas gluten. Kemudian tambahkan mentega, telur, hingga bubuk pengembang. Sebagai penambah rasa, gunakan aneka kacang-kacangan atau pemanis kesukaan untuk melengkapinya.

2. Susu skim jahe 

5 Ide Mengolah Susu Skim Jadi Hidangan Lezat, Rendah Lemak!ilustrasi susu skim jahe (pexels.com/Polina Kovaleva)

Buat kamu yang lebih tertarik menikmati susu skim sebagai minuman, coba tips yang satu ini. Supaya olahan tersebut gak cepat bikin kamu bosan, coba kombinasikan susu skim bersama rempah. Sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang nikmat dan menghangatkan tubuh.

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan susu skim rempah ini bisa didukung dengan penggunaan jahe. Tinggal masak bareng air, kemudian masukkan juga pemanis alami. Misalnya sirup maple, madu, atau kurma pun sukses bikin susu jadi lezat.

3. Susu skim cokelat pai 

5 Ide Mengolah Susu Skim Jadi Hidangan Lezat, Rendah Lemak!ilustrasi susu skim cokelat pai (pexels.com/Canto Photography)

Kenikmatan dari susu skim juga berlanjut dalam olahan populer seperti pai. Gak main-main, susu rendah lemak ini sukses bikin kudapan jadi semakin berwarna. Cocok buat disajikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

Untuk dapat dijadikan isian yang pas, susu skim dapat ditambahkan dengan cokelat semi manis, pemanis alami, selai kacang, dan penggunaan bubuk agar-agar plain untuk membuatnya jadi padat. Sementara kulit pai cukup dibuat dengan biskuit saja.

Baca Juga: 5 Olahan Puding Susu Favorit, Ada Rasa Oreo Sampai Jahe!

4. Susu skim smoothie 

5 Ide Mengolah Susu Skim Jadi Hidangan Lezat, Rendah Lemak!ilustrasi susu skim smoothie (pexels.com/Leah Rolando)

Olahan yang satu ini praktis sekali untuk dijadikan pengganjal lapar saat sarapan. Terlebih kreasinya pun tidak terbatas dan sering dikombinasikan bersama buah-buahan manis. Cocok banget untuk kamu yang waktu masaknya singkat.

Tinggal campur-campur susu skim, pisang, dan buah-buahan kesukaan kamu yang lainnya. Masukkan juga sayuran hijau untuk menambah vitamin. Tambahkan stevia atau sirup maple sebagai pemanis, dan es batu. Haluskan pakai blender lalu sajikan.

5. Es krim vanila susu skim

5 Ide Mengolah Susu Skim Jadi Hidangan Lezat, Rendah Lemak!ilustrasi es krim vanilla susu skim (pexels.com/David Disponett)

Es krim menjadi salah satu makanan favorit yang selalu sukses bikin panas terik terasa dingin. Kebanyakan es krim yang dijual kadang mengandung bahan-bahan tak diketahui, jadi membuat kamu merasa riskan untuk mengonsumsinya.

Maka dari itu, solusinya bisa dilakukan dengan membuat es krim homemade. Ternyata, komposisi yang digunakan untuk membuat es krim bisa didukung penggunaan susu skim, lho. Campurkan dengan susu segar, gula, dan vanila biar tambah lezat.

Siapa bilang susu skim gak bisa dijadikan hidangan lezat? Bila kamu memiliki bahan-bahan lebih untuk berkreasi, maka lima sajian di atas dapat dijadikan referensi untuk membuat susu skim makin nikmat. Selamat mencoba, ya.

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya