Comscore Tracker

5 Cara Olah Smoked Beef agar Serasi dengan Hidangan Lokal

Kira-kira ada makanan favoritmu gak, nih?

Smoked beef alias daging asap merupakan salah satu bahan masakan populer yang dibuat menggunakan macam-macam komponen. Proses ini dilakukan untuk menghasilkan produk yang awet, ketika hendak disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Pengolahan smoked beef gak melulu terkait dengan makanan internasional. Justru bahan tersebut cocok sekali dijadikan teman untuk aneka kuliner lokal, seperti lima santapan yang berada di dalam daftar di bawah ini.

1. Smoked beef sambal matah 

5 Cara Olah Smoked Beef agar Serasi dengan Hidangan Lokalilustrasi smoked beef sambal matah (pixabay.com/Jonathan Valencia)

Bicara soal masakan dengan cita rasa lokal, hidangan yang patut masuk daftar teratas bukan lain adalah sambal. Macam-macam rasa pedas dari olahan tersebut pun tidak terbatas, seperti dengan menghadirkan sambal matah.

Uniknya, sambal ini dibuat dengan metode pengirisan memakai bawang merah, serai, cabai rawit, perasa, hingga penggunaan minyak kelapa untuk mematangkan sambal. Sedangkan smoked beef bisa ditumis terlebih dahulu sebelum dicampur bersama-sama.

2. Risoles isi smoked beef 

5 Cara Olah Smoked Beef agar Serasi dengan Hidangan Lokalilustrasi risoles isi smoked beef (pixabay.com/Andrea von Neuhoff)

Risoles adalah gorengan tradisional yang populer di Indonesia. Makanan ini memiliki kulit lembut dengan tambahan tepung panir untuk menciptakan sensasi renyah. Sedangkan isian pada gorengan umumnya didukung oleh aneka macam sayur.

Namun seiring berjalannya waktu, risoles pun mengalami perkembangan yang bikin sajiannya semakin kekinian. Salah satunya adalah dengan mencampurkan smoked beef, mayones, saus sambal, keju, dan telur rebus untuk menghasilkan gorengan umami.

3. Nasi goreng smoked beef 

5 Cara Olah Smoked Beef agar Serasi dengan Hidangan Lokalilustrasi nasi goreng smoked beef (pixabay.com/Jungyeon Min)

Nasi goreng sudah sering dijadikan menu makanan alternatif yang menjadi pengganti hidangan mainstream. Olahan ini sangat praktis dan sukses bikin kenyang, walaupun bahan-bahan yang digunakan sangat terbatas.

Pada kreasi kali ini, kamu dapat membuat nasi goreng dengan isian smoked beef dan telur. Setelah sebelumnya menumis bumbu halus dari aneka macam bawang dan cabai. Pasti, deh, nasi goreng tersebut bakal jadi idola baru di rumah.

Baca Juga: 5 Fakta Nasu Palekko, Olahan Daging Bebek Legendaris dari Makassar

4. Cimol isi smoked beef 

5 Cara Olah Smoked Beef agar Serasi dengan Hidangan Lokalilustrasi cimol isi smoked beef (pixabay.com/congerdesign)

Cimol merupakan salah satu jajanan yang terkenal di sekitar Jawa Barat. Hidangan berbentuk bola-bola ini punya tekstur kenyal dan sering disajikan bareng bubuk pedas, maupun saus sambal biar semakin kaya rasa.

Bila umumnya cimol hanya dibentuk menggunakan sagu, maka kali ini kreativitasnya bakalan bertambah menarik, lantaran ada tambahan smoked beef yang bisa dijadikan isian atas makanan tersebut. 

5. Bihun smoked beef

5 Cara Olah Smoked Beef agar Serasi dengan Hidangan Lokalilustrasi bihun smoked beef (pixabay.com/Vinson Tan ( 楊 祖 武 )

Bicara soal mi, Indonesia juga punya salah satu bahan populer yang paling pas untuk disantap sebagai olahan mengenyangkan. Makanan ini dikenal dengan sebutan bihun. Karakteristik kudapan cenderung tipis dan transparan.

Mengolah bihun dapat dilakukan dengan digoreng bersama macam-macam sayuran. Mulai dari kol, wortel, potongan cabai, dan caisim. Agar olahan tambah kekinian, bihun ini pun bisa dikombinasikan bareng smoked beef supaya tambah gurih.

Rupanya daging asap atau smoked beef mampu beradaptasi menjadi salah satu hidangan lokal dengan rasa modern. Lima sajian di atas dapat dijadikan ide, bila kebetulan kamu hendak menikmati makanan berbeda.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Ayam Goreng Asap Noraji 96, Kuliner Hits di Pontianak

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya