Comscore Tracker

5 Ragam Es Beku dari Santan, Segar dan Bikin Nostalgia!

Beberapa penganan bisa dibuat dengan bahan ekonomis, lho

Dalam perkembangan kuliner di Indonesia, keberadaan santan menjadi sangat dibutuhkan karena mampu menyempurnakan aneka macam masakan. Bahkan ada beberapa olahan manis yang akan semakin lengkap bila disusun memakai komponen dari kelapa ini.

Bila ditarik ke macam-macam olahan yang dimaksud, santan juga erat kaitannya dengan es beku. Maka dari itu, buat kamu yang ingin menikmati hidangan sedap yang dingin dan manis, lima kreasi ini dapat dinikmati sebagai ide camilan menarik.

1. Es gabus santan

5 Ragam Es Beku dari Santan, Segar dan Bikin Nostalgia!ilustrasi es gabus santan (Yummy/Maryam ZJ)

Es gabus menjadi olahan jadul kesukaan masyarakat Indonesia yang masih bertahan sejak zaman dahulu. Bahan-bahan yang digunakan dalam santapan ini sangat mudah ditemui dan hasil akhirnya begitu menggoda di lidah.

Makanan tersebut pun dibuat menggunakan komponen dari tepung khusus, seperti hunkwee. Nantinya adonan akan dimasak bersama santan kental, gula pasir, serta air matang. Bila semua bahan sudah larut, tinggal bekukan selama beberapa saat.

2. Es dung dung

5 Ragam Es Beku dari Santan, Segar dan Bikin Nostalgia!ilustrasi es dung dung (unsplash.com/Kelvin T)

Kelembutan es dung dung sejak dahulu memang sulit tergantikan, belum lagi jika makanan ini dinikmati bersama roti tawar, tentu saja bakal sukses membuatmu bernostalgia akan jajanan legendaris di masa kecil.

Pada proses pembuatan es dung dung sendiri, santan menjadi salah satu bahan utama yang patut dipersiapkan. Lalu ada gula pasir, tepung maizena, dan yang paling unik ialah daging kelapa untuk menambahkan tekstur.

3. Es lilin santan gula merah

5 Ragam Es Beku dari Santan, Segar dan Bikin Nostalgia!ilustrasi es lilin gula merah (Yummy)

Membahas tentang es beku berisikan santan, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi es lilin yang didinginkan di dalam plastik panjang. Makanan tersebut sangat populer dan menjadi ide hidangan ekonomis yang unik.

Kali ini, es akan terasa semakin Indonesia berkat adanya tambahan gula merah di dalam adonan santan. Lengkapi pula memakai daun pandan, gula pasir, serta air matang, supaya hidangan tersebut kian legit dan pas untuk dinikmati.

Baca Juga: 5 Inspirasi Ice Cream Jar untuk Ide Berkreasi dengan Buah Hati

4. Es puter durian

5 Ragam Es Beku dari Santan, Segar dan Bikin Nostalgia!ilustrasi es puter durian (unsplash.com/Wesual Click)

Di Indonesia, durian dapat dimanfaatkan menjadi aneka macam masakan sedap, tidak terkecuali es putar. Wangi dan rasa dagingnya yang unik membuat buah satu ini sangat disukai oleh sebagian masyarakat.

Untuk bisa mengolah durian menjadi es putar, diperlukan bahan-bahan dari maizena, kuning telur, gula pasir, dan sejumput garam. Namun komponen paling penting yang patut ada di dalam daftar tentunya adalah santan.

5. Es krim alpukat

5 Ragam Es Beku dari Santan, Segar dan Bikin Nostalgia!ilustrasi es krim santan alpukat (unsplash.com/Jason Richard)

Bukan cuma durian, alpukat yang cenderung gurih, manis, dan lembut ini pun sukses mewarnai dunia kuliner berkat kreasinya yang diubah menjadi es krim. Makanan sangat cocok disantap sebagai ide camilan baru buat anak-anak sampai orang dewasa.

Cukup siapkan daging buah alpukat yang sudah dikeruk dari cangkangnya, air lemon, susu kental manis, dan jangan lupa hadirkan pula santan. Seluruh adonan tersebut nantinya perlu dihaluskan sebelum masuk ke lemari pendingin untuk dibekukan.

Macam-macam es beku berbahan santan di atas memang terasa menggoda, apalagi jika dinikmati saat panas terik. Maka dari itu, jangan ragu untuk membuat salah satu masakan tersebut biar ide camilanmu semakin berwarna.

Baca Juga: Resep Membuat Puding Oreo Ice Cream Box

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya