Comscore Tracker

5 Ragam Puding Santan untuk Kreasi Makanan Ekonomis

Cocok untuk menemani waktu bersantai atau acara penting

Puding santan merupakan salah satu makanan yang memiliki tekstur lembut, padat, disertai sensasi gurih. Makanan ini senantiasa menjadi alternatif, ketika hendak mengolah produk ekonomis namun rasanya tetap juara.

Macam-macam puding santan pun hadir di dunia kuliner sebagai pilihan, terlebih apabila kamu hendak mengolahnya dalam waktu dekat. Oleh sebab itu, siapkan catatan dan simak baik-baik lima kreasi yang ada di dalam daftar berikut ini, ya!

1. Puding santan gula merah 

5 Ragam Puding Santan untuk Kreasi Makanan Ekonomisilustrasi puding santan gula merah (unsplash.com/Jojo Yuen (sharemyfoodd)

Puding santan yang satu ini sudah sejak lama menduduki peringkat teratas sebagai sajian paling favorit. Gak berlebihan rasanya, karena perpaduan antara santan yang dimasak bareng agar-agar, akan menciptakan kombinasi berbeda dari puding biasanya.

Bahan yang digunakan pun sangat Indonesia, jadi cocok untuk disantap oleh siapa saja. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Masukkan juga gula merah, air, dan sejumput garam, biar rasa yang dihasilkan dalam puding santan ini terasa semakin solid.

2. Puding santan pandan 

5 Ragam Puding Santan untuk Kreasi Makanan Ekonomisilustrasi puding santan pandan (unsplash.com/Jade Seok)

Puding santan yang satu ini menjadi legendaris dan selalu cocok untuk menemani suasana apapun, termasuk acara penting. Kombinasi puding dan santan bukan cuma sukses menghadirkan rasa gurih, namun aromanya pun bikin ketagihan.

Hal ini bukan lain karena ada penggunaan daun pandan di dalam proses memasak. Bahan-bahan yang dipakai juga terdiri dari gula pasir, garam, vanili, dan air, untuk nantinya dicampur bersama agar-agar plain serta santan kental.

3. Puding santan buah 

5 Ragam Puding Santan untuk Kreasi Makanan Ekonomisilustrasi puding santan buah (pexels.com/SpotwizardLee)

Enak dan punya penampilan cantik, itulah kiranya yang menggambarkan olahan populer satu ini. Maka dari itu, kamu akan menemukan hidangan tersebut di berbagai acara, karena dapat mendulang pilihan kuliner biar terasa semakin berwarna.

Biar olahan bertambah sedap, gunakan perpaduan antara agar-agar plain, santan, kelapa muda, air, garam, vanili, dan gula pasir. Kemudian siapkan buah-buahan segar untuk dijadikan topping dalam kreasi makanan menarik yang satu ini.

Baca Juga: Ada Pudding hingga Cake, Ini 5 Dessert Unik Asal Amerika Selatan

4. Puding santan pop es 

5 Ragam Puding Santan untuk Kreasi Makanan Ekonomisilustrasi puding santan pop ice (pexels.com/Anastasia Belousova)

Kolaborasi atas puding santan berikutnya benar-benar bikin kamu terkesima. Ini karena kombinasi bahan yang digunakan begitu praktis dan gampang ditemui dengan aneka macam rasa kesukaan. Bahan tersebut bukan lain adalah pop ice.

Minuman serbuk ini dapat dijadikan penambah rasa yang menyegarkan buat puding santan. Tinggal masak agar-agar plain, santan, gula, garam, air, susu kental, dan aneka pop ice kesukaan. Semisal rasa buah stroberi atau permen karet yang lebih unik.

5. Puding santan jagung

5 Ragam Puding Santan untuk Kreasi Makanan Ekonomisilustrasi puding santan jagung (pexels.com/Ron Lach)

Sajian puding santan yang satu ini pun gak kalah sedap untuk dijadikan menu makan berikutnya. Itu lantaran ada penggunaan jagung yang membuat hidangan terasa manis dan memiliki aroma khas, untuk meningkatkan nafsu makan.

Penggunaan jagung pun bisa dihaluskan terlebih dahulu, biar gampang bersatu dengan adonan. Kemudian masak bersama agar-agar plain, santan, susu kental manis, gula pasir, sejumput garam, juga tambahan daun pandan biar ekstra aromatik.

Macam-macam puding santan sungguh bikin kamu menitikan air liur. Perpaduan yang digunakan dalam olahan ini pun begitu berwarna, sehingga cocok untuk dijadikan ide memasak yang menggugah selera.

Baca Juga: 5 Inovasi Makanan dari Banana Pudding, Disulap Jadi Kekinian

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya