Comscore Tracker

5 Tips Merebus Kentang biar Cepat Matang, Gak Repot!

Kentang yang dipotong kecil bisa bikin lebih cepat matang

Merebus kentang adalah aktivitas memasak yang kerap membuat jengkel. Hal itu karena tahapan ini sering memakan waktu yang cukup panjang untuk bisa mencapai kelembutan maksimal.

Namun begitu, kamu tak perlu khawatir karena ternyata bisa dilakukan lebih singkat menggunakan lima tips merebus kentang berikut ini. Yuk, praktikkan supaya kentang kamu jadi lebih cepat matang!

1. Gunakan panci besar 

5 Tips Merebus Kentang biar Cepat Matang, Gak Repot!ilustrasi panci (pixabay.com/Foto-RaBe)

Ketika merebus kentang, bukan cuma kualitas bahan-bahan yang perlu diperhatikan dengan seksama. Melainkan wadahnya pun meski dicek ukurannya. Ini dilakukan untuk membuat waktu perebusan jadi lebih singkat, sehingga kamu bisa menikmati kentang rebus dengan segera.

Ukuran panci atau wadah yang lebih besar daripada volume kentang yang direbus akan membantu air untuk merendam kentang secara maksimal. Ini membuat bagian bawah atau atas kentang bisa matang dalam waktu bersamaan dan waktu memasaknya jadi lebih singkat daripada kamu menggunakan panci kecil yang membuat kentang bertumpuk di atasnya.

2. Potong kentang menjadi ukuran kecil 

5 Tips Merebus Kentang biar Cepat Matang, Gak Repot!ilustrasi kentang rebus (pixabay.com/Antonio Cansino)

Salah satu cara populer untuk memangkas waktu merebus kentang adalah dengan memotong bahan masak ini menjadi ukuran yang lebih kecil. Seperti diketahui, kentang mempunyai ukuran yang berbeda-beda dan sering kali ada sayur yang lebih besar dari lainnya, sehingga membuat waktu masak jadi bertambah lama.

Cara klasik untuk menuntaskan masalah ini adalah dengan memotong-motong kentang menjadi ukuran yang lebih kecil. Kamu bisa membagi satu buah kentang menjadi 8-10 bagian tergantung yang dibutuhkan, dengan begini maka kentang bisa matang bersamaan dan membuat waktunya jadi lebih singat ketika dimasak.

Baca Juga: 5 Potongan Kentang Goreng Favorit, Ada Potato Tornado yang Hits!

3. Tambahkan garam ke dalam air rebusan 

5 Tips Merebus Kentang biar Cepat Matang, Gak Repot!ilustrasi garam (pixabay.com/Bruno /Germany)

Garam adalah bumbu perasa andalan yang kerap digunakan ketika merebus banyak makanan, termasuk kentang. Biasanya keberadaan bumbu ini dipakai supaya bahan tersebut memiliki sensasi asin yang cukup untuk membangkitkan rasa alami hidangan.

Namun di sisi lain, ternyata kegunaan garam di dalam proses perebusan kentang akan membuatnya lebih cepat matang. Meskipun tidak banyak berpengaruh secara signifikan, tetapi garam dipercaya bisa menjaga suhu air yang mendidih supaya lebih panas maksimal. 

4. Masukkan kentang saat air mendidih 

5 Tips Merebus Kentang biar Cepat Matang, Gak Repot!ilustrasi air mendidih (pixabay.com/Three-shots)

Pada saat merebus kentang, memperhatikan suhu air yang digunakan adalah hal penting. Ini karena faktor tersebut mampu mempengaruhi kecepatan kentang supaya lebih gampang matang ketimbang saat kamu mengolahnya di air biasa.

Caranya dengan mendidihkan air terlebih dahulu sampai cukup panas, kemudian masukkan kentang ke dalamnya. Teknik ini akan efektif mengurangi waktu merebus daripada memasukkan kentang pada saat air masih dalam kondisi dingin atau suhu ruang.

5. Tusuk-tusuk menggunakan garpu

5 Tips Merebus Kentang biar Cepat Matang, Gak Repot!ilustrasi kentang (pixabay.com/Holger Langmaier)

Cara selanjutnya yang juga tidak kalah simpel untuk dipraktikkan adalah dengan menusuk-nusuk kentang sebelum direbus. Ini akan membantu air masuk ke dalam bahan masak tersebut dan membuatnya jadi lebih cepat matang.

Tidak ada teknik khusus yang diperlukan dalam metode ini. Karena kamu bisa menggunakan garpu atau pisau untuk menusuk kentang secara sembarang. Namun pastikan bahwa garpu maupun pisau tidak menusuk kentang terlalu dalam supaya bahan tersebut tetap kuat dan tidak hancur saat direbus.

Merebus kentang tidak perlu khawatir lagi akan memakan waktu yang lama. Karena kamu bisa mempraktikkan beberapa tips merebus kentang di atas supaya waktu memasak jadi lebih singkat. Hidangan pun akan tersaji secara cepat dan rasanya tetap enak.

Baca Juga: 5 Resep Kue Berbahan Dasar Kentang, Legit Tak Tertahankan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya