Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Pisau Menjadi Cepat Tumpul, Hindari! 

Bisa membahayakan tangan

Pisau merupakan salah satu alat paling penting yang harus ada di dapur. Oleh karena itu, pastikan kamu merawatnya dengan baik karena pisau yang tumpul akan mengganggu proses memasakmu. Lebih parahnya lagi, kesalahan merawat pisau bisa membuat terluka. 

Dengan menghindari beberapa kesalahan di bawah ini, akan membantumu untuk menjaga pisau tetap aman digunakan untuk memasak.

1. Mencucinya di mesin pencuci piring

5 Hal yang Membuat Pisau Menjadi Cepat Tumpul, Hindari! ilustrasi mesin pencuci piring (unsplash.com/Mohammad Esmaili)

Hindari memasukkan pisau ke dalam mesin pencuci piring. Semprotan air bertekanan tinggi di dalamnya akan mengenai pisau, mengakibatkan pisau menabrak benda lain di dalamnya dan akan membuat pisau menjadi tumpul. Pisau paling bagus dibersihkan secara manual dengan tangan. 

2. Menyimpannya di laci

5 Hal yang Membuat Pisau Menjadi Cepat Tumpul, Hindari! ilustrasi laci dapur (pexels.com/ready made)

Sama seperti bagian dalam mesin cuci piring, laci dapur adalah tempat lain yang bisa mengakibatkan pisau tumpul karena benturan. Selain itu, menyimpan pisau di laci juga akan membahayakan tangan jika salah mengambil pegangannya. Pisau sebaiknya disimpan di blok khusus pisau atau pada strip pisau magnetik. 

3. Meletakkan di wastafel

5 Hal yang Membuat Pisau Menjadi Cepat Tumpul, Hindari! ilustrasi mencuci di wastafel (pexels.com/RODNAE Productions)

Wastafel pencucian biasanya cenderung licin karena terlalu sering diisi dengan busa dari sabun piring. Ini akan menyebabkan pisau di wastafel akan meluncur dan membentur yang mengakibatkan nya cepat tumpul.

Kabar buruknya lagi, pisau yang berada di bawah busa sabun akan sulit terlihat, sehingga dikhawatirkan akan melukai tangan. 

Baca Juga: 5 Tips Menyiasati Dapur Kecil agar Tampak Lebih Luas, Semangat Masak!

4. Tidak membuatnya tajam

5 Hal yang Membuat Pisau Menjadi Cepat Tumpul, Hindari! ilustrasi mengasah pisau (pexels.com/Svetlana Ponomareva)

Menggunakan pisau yang tumpul bisa lebih berbahaya daripada menggunakan pisau yang tajam. Hal ini dikarenakan menggunakannya diperlukan lebih banyak tekanan, jadi jika pisau itu tergelincir, hal tersebut akan menghasilkan potongan yang salah dan akan membahayakan tangan. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga pisau tetap tajam setiap saat. 

5. Menggunakannya untuk tugas yang salah

5 Hal yang Membuat Pisau Menjadi Cepat Tumpul, Hindari! ilustrasi berbagai jenis pisau (unsplash.com/Danilo Rios)

Pisau klasik dapat digunakan untuk semua jenis tugas yang berbeda di dapur, tetapi terdapat pisau lain yang lebih terspesialisasi. Misalnya, bread knife memiliki bentuk yang bergerigi sehingga cocok digunakan untuk memotong roti atau cleaver knife yang berbentuk persegi panjang besar digunakan untuk memotong daging. 

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengidentifikasi jenis pisau apa yang kamu miliki dan tugas apa yang cocok untuknya. Menggunakan pisau yang tepat tidak hanya membuat tugas lebih mudah, tetapi juga lebih baik untuk pisau agar bisa tahan lama. 

Pisau yang tumpul bisa menjadi pisau yang berbahaya, jadi pastikan untuk merawatnya agar kamu lebih mudah menggunakannya dan membuatnya tetap aman.

Baca Juga: 10 Jenis Pisau dan Penggunaannya, Kamu Sudah Punya yang Mana?

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya