Comscore Tracker

5 Alasan Daun Pisang Cocok Dijadikan Bungkus Makanan, Aromanya Sedap!

Bungkus makanan alami yang ramah lingkungan 

Pernahkah kamu berpikir kenapa makanan yang dibungkus daun pisang terasa lebih nikmat dan lezat? Tak hanya rasanya saja, aroma dari makanan tersebut juga makin harum, lho.

Tak salah, memang makanan yang dibungkus daun pisang dapat menggugah selera. Bahkan, di Indonesia banyak sekali makanan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus atau alasnya.

Sebut saja nasi liwet khas Jawa Barat. Jika kamu makan nasi liwet, pasti menggunakan daun pisang sebagai alasnya, kan? Bukan tanpa sebab, ternyata ada beberapa alasan yang masuk akal.

Bikin aromanya kian sedap, berikut lima alasan daun pisang cocok dijadikan bungkus makanan. Cita rasa makanan makin mantap!

1. Cita rasa makanan lebih nikmat dan lezat

5 Alasan Daun Pisang Cocok Dijadikan Bungkus Makanan, Aromanya Sedap!Alasan daun pisang cocok untuk bungkus makanan (pexels.com/h-i-nguy-n-1627264)

Salah satu penyebab makanan yang dibungkus dengan daun pisang terasa nikmat adalah adanya kandungan lilin alami di daun pisang tersebut. Lilin ini juga yang membuat makanan tidak tumpah.

Lilin di daun pisang akan menguap jika terkena panas makanan. Uap yang dihasilkan akan tercampur dengan makanan di atasnya. Uap lilin tersebut yang membuat makanan tercium lebih harum, lho.

Apakah berbahaya? Tentu tidak sama sekali. Oleh karena itu, penggunaan daun pisang bisa dipakai dengan leluasa. Jadi, kamu tak perlu khawatir penggunaan daun pisang sebagai bungkus atau alas makanan.

2. Memiliki kandungan polifenol sebagai antioksidan 

5 Alasan Daun Pisang Cocok Dijadikan Bungkus Makanan, Aromanya Sedap!Alasan daun pisang cocok untuk bungkus makanan (pexels.com/saveurssecretes)

Selain mengandung lilin alami, daun pisang juga sangat baik sebagai antioksidan. Terdapat kandungan polifenol yang akan menempel pada makanan saat digunakan sebagai bungkus makanan.

Makanan panas yang diletakkan akan memicu daun pisang tersebut mengeluarkan zat polifenol. Zat yang dikeluarkan akan diserap oleh makanan, sehingga saat dikonsumsi zat tersebut akan ikut masuk ke dalam tubuh.

Selain polifenol, ada juga kandungan epigallocatechin gallate atau EGCG yang biasanya ada di teh hijau. Namun, perlu diingat, bukan untuk dimakan secara langsung, cukup gunakan untuk membungkus makanan.

3. Menjaga makanan dari berbagai bakteri

5 Alasan Daun Pisang Cocok Dijadikan Bungkus Makanan, Aromanya Sedap!Alasan daun pisang cocok untuk bungkus makanan (pexels.com/agitaprasetyo)

Alasan yang ketiga daun pisang sering digunakan untuk membungkus makanan adalah karena dipercaya punya antibakteri yang tinggi. Daun pisang membantu menjaga makananmu tetap higienis.

Antibakteri pada daun pisang sudah banyak diuji. Ada banyak manfaat dan juga khasiat yang terkandung di dalam daun pisang. Daun pisang yang digunakan untuk membungkus makanan mampu mencegah disentri.

Baca Juga: Resep Nasi Daun Pisang, Kuliner Khas dari Negara Malaysia yang Lezat!

4. Daun pisang jauh lebih ramah lingkungan 

5 Alasan Daun Pisang Cocok Dijadikan Bungkus Makanan, Aromanya Sedap!Alasan daun pisang cocok untuk bungkus makanan (pexels.com/more-amore-84746608)

Pembungkus makanan, khususnya plastik, dapat merusak lingkungan. Butuh waktu lama untuk masa penguraiannya. Jauh lebih baik jika menggunakan bahan yang ramah lingkungan, seperti daun pisang.

Daun pisang yang dibuang akan terurai dengan mudah. Daun pisang masuk sebagai bahan organik, sehingga tidak membahayakan lingkungan saat dibuang. Daun pisang juga bisa diolah menjadi pupuk.

5. Jauh lebih praktis dan juga ekonomis 

5 Alasan Daun Pisang Cocok Dijadikan Bungkus Makanan, Aromanya Sedap!Alasan daun pisang cocok untuk bungkus makanan (pexels.com/suhairytriyadhi)

Menggunakan daun pisang sebagai bungkus makanan memang jauh lebih ekonomis. Harganya cukup terjangkau bahkan bisa kamu dapat dengan mudah.

Tak hanya itu, kandungan lilin yang ada di daun pisang membuatnya tak perlu dicuci dengan sabun. Cukup dibilas dengan air, lalu digosok dengan telapak tangan maka daun pisang sudah bisa digunakan.

Menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan sudah sering dilakukan. Selain lebih praktis, nyatanya beberapa zat baik untuk kesehatan terdapat di daun pisang. Nah, sesekali, cobalah menggunakan daun pisang saat membungkus masakan, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Botok Nikmat, Menu Kuliner Nusantara yang Berbalut Daun Pisang

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya