Comscore Tracker

5 Minuman Pengganti Susu Sapi Ini Bisa Kamu Konsumsi Setiap Pagi

Cocok buat kamu yang lactose intolerant, dan tetap sehat!

Segelas susu sering menjadi menu sarapan yang selalu ada di meja makan. Meski sehat, sayangnya tidak semua orang bisa minum susu sapi. Selain tidak suka rasanya, beberapa orang juga alergi dengan protein susu sapi.

Akibatnya, mereka tidak bisa berhenti bulak-balik ke toilet. Menurut healthline.com, kalau kamu salah satu orang yang enggak bisa minum susu, kamu bisa nih mencoba lima jenis susu di bawah ini!

1. Susu kedelai

5 Minuman Pengganti Susu Sapi Ini Bisa Kamu Konsumsi Setiap Pagipixabay.com/bigfatcat

Susu kedelai jadi minuman pertama yang bisa kamu pilih. Tidak kalah dari susu sapi, satu cangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung 80 gram kalori, 4 gram lemak, 9 gram protein, dan 4 gram karbohidrat. Susu kedelai juga mengandung asam amino yang penting untuk tubuh.

Rasanya juga enak, dan lebih ringan dari susu sapi. Selain membeli produk susu keledai di supermarket, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Mudah, sehat, dan yang pasti aman dikonsumsi untuk kamu yang alergi protein susu sapi.

2. Susu almond

5 Minuman Pengganti Susu Sapi Ini Bisa Kamu Konsumsi Setiap Pagimedicalnewstoday.com

Sama seperti susu kedelai, susu almond juga memiliki rasa manis dan ringan. Untuk secangkir susu tanpa pemanis, minuman ini mengandung 30–35 kalori, 2,5 gram lemak, 1 gram protein, dan 1-2 gram karbohidrat.

Meski rendah protein, tapi setidaknya susu almond adalah sumber vitamin E dan antioksidaan yang dapat membantu melindungi tubuh dari ancaman penyakit. Terakhir, susu almond juga bisa dicampur dengan minuman lain seperti kopi, atau teh.

Baca Juga: 5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapi

3. Susu oat

5 Minuman Pengganti Susu Sapi Ini Bisa Kamu Konsumsi Setiap Pagiquickanddirtytips.com

Kalau kamu tidak terlalu suka susu almond yang rendah protein, susu oat atau gandum bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya satu cangkir susu oat mengandung sekitar 2,5 hingga 5 gram protein atau setengah dari protein yang dimiliki oleh susu sapi.

Kelebihan lain dari susu oat yang tidak dimiliki oleh jenis susu nabati lain adalah, kandungan serat yang berfungsi mengurangi kolestrol dan gula darah yang jika dibiarkan akan memicu berbagai penyakit berbahaya termasuk jantung.

4. Susu rami

5 Minuman Pengganti Susu Sapi Ini Bisa Kamu Konsumsi Setiap Pagiinstagram.com/drinkufo

Kalau kamu adalah seorang vegetarian, susu rami mungkin cocok untukmu. Susu rami memiliki jumlah lemak yang setara dengan susu sapi yaitu sekitar 4,5 hingga 8 gram lemak per cangkirnya.

Tidak hanya lemak, susu rami juga mengandung protein yang tinggi dan asam lemak alfa-linolenat yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Rasanya manis, tanpa pemanis buatan sehingga aman untuk tubuh.

5. Susu quinoa

5 Minuman Pengganti Susu Sapi Ini Bisa Kamu Konsumsi Setiap Pagiinstagram.com/conasicocina

Mengandung protein, karbohidrat, rendah lemak, serat, dan vitamin, biji quinoa dikenal sebagai superfood yang sangat baik bagi tubuh. Asiknya, nutrisi quinoa akan tetap bertahan setelah diolah jadi susu.

Satu cangkir susu quinoa mengandung 70 kalori, 2 gram protein, 1 gram lemak dan 12 gram karbohidrat yang jauh lebih seimbang dibandingkan dengan jenis susu nabati lainnya. Sayangnya di Indonesia, susu quinoa ini cukup jarang ditemukan dan harganya sedikit mahal.

Segelas susu hangat memang sehat, tapi kalau kamu memang tidak bisa minum susu sapi, kamu tidak perlu memaksakannya. Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi salah satu dari lima susu nabati di atas!

Baca Juga: Tidak Hanya Susu Sapi, Ini Dia 5 Jenis Susu yang Juga Kaya Nutrisi

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya