Comscore Tracker

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!

#RamadanMasaKini sudah pernah coba belum?

Desa Batumerah di Ambon dikenal dengan desa kuliner. Di sana menjual beragam kue mulai yang biasa ditemui saat bulan-bulan selain Ramadan hingga kue yang hanya ditemui saat bulan puasa saja. Berikut adalah kue yang ada di Ambon dan cocok untuk menemani buka puasa.

1. Namu-namu

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!budaya-indonesia.org

Kue namu-namu adalah kue yang mirip dengan panada Manado. Namu-namu berisi ikan cakalang yang sudah dibumbui dengan bumbu pedas. Warga masyarakat Ambon menyebutnya namu-namu karena bentuknya mirip dengan buah namu-namu yang kini sudah langka.

2. Bubengka

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!resepnasional.com

Kue bubengka adalah makanan yang terbuat dari gula aren, kelapa mengkal, kenari, air kelapa, santan, tepung ketan, adas bubuk serta kayu manis. Kue Bubengka ini merupakan makanan khas Ambon dan Manado. Bentuknya seperti dodol rasanya manis dengan aroma khas kayu manis.

3. Kue cara

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!Twitter/GenPIMaluku

Kue cara adalah kue khas Ambon yang terbuat dari tepung terigu yang dicairkan. Ditengahnya akan ditambahkan ikan cakalang yang sudah disuir dan ditumis dengan bumbu-bumbu khas Ambon. Rasanya gurih dan pedas, bentuk dan teksturnya seperti kue lumpur.

4. Ampas tarigu

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!instazu.com

Ampas tarigu merupakan kue yang berbahan dasar terigu. Seperti roti kasur namun ada rasa unik dari kelapa, gula merah dan bubuk kayu manis. Ampas tarigu biasanya dibuat pendamping teh atau kopi saat sore atau pagi hari.

5. Nasi pulut unti srikaya

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!food.detik.com

Nasi pulut unti srikaya dari Ambon ini biasanya dimakan saat pagi hari. Nasi pulut terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan. Unti srikaya merupakan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah dan garam. Rasanya manis gurih dengan aroma daun pandan yang enak menambah nafsu makan.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Ambon yang Selalu Bikin Rindu, Enak Banget Sih!

6. Asida

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!qraved.com

Asida adalah makanan yang mirip dengan dodol dengan siraman mentega cair di atasnya. Asida terbuat dari tepung terigu, gula merah, kapulaga, pandan dan mentega. Makanan khas Ambon yang dijual khusus selama bulan Ramadan ini banyak dicari. Perpaduan manis dodol, gurih mentega dan keunikan kapulaga bercampur jadi satu, sangat cocok untuk pembuka puasa.

7. Pisang Asar

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!cookpad.com

Pisang asar adalah jajanan khas Ambon yang terbuat dari pisang raja. Pisang raja tersebut di panggang dalam oven karena itulah dinamakan pisang asar atau pisang dipanggang. Tidak hanya pisang, pisang asar dioven dengan balutan susu kental manis dan kacang yang disangrai kasar. Rasanya manis dengan sensasi kacang di luarnya.

8. Tart yahudi

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!tips4h.blogspot.com

Tart yahudi adalah makanan khas Ambon yang hanya ada saat bulan puasa. Tart yahudi terbuat dari tepung, mentega, susu dengan tambahan bumbu rahasia adalah gardamu. Rasanya manis dan unik membuat orang rela menunggu bulan Ramadan untuk memakannya.

9. Talam sagu

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!instagram.com/instafoodmaluku

Kue talam sagu adalah kue yang berbahan dasar sagu dengan campuran tepung, santan, kayu manis dan gula merah. Jika sudah jadi, kue talam akan ditaburi biji kenari di atasnya. Rasanya manis dan enak cocok untuk menemani buka puasa.

10. Gogos

10 Jajanan Khas Ambon Cocok Untuk Takjil, Kudu Coba!resepnusantara.id

Gogos adalah makanan yang sejenis lemper kalau di Jawa. Kalau di Jawa berisi ayam suwir, lain dengan di Ambon. Di Ambon gogos berisi ikan asar yang disuwir. Gogos dipanggang diatas bara api hingga matang dan siap untuk disantap.

Itu adalah jajanan khas Ambon yang bisa ditemui selama bulan Ramadan di Ambon. Kalau bisa milih, mau yang mana nih?

Baca Juga: 5 Pantai Tersembunyi di Ambon Ini Punya Pesona yang Bikin Malas Pulang

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya