Comscore Tracker

5 Kuliner Lombok yang Legendaris, Punya Cita Rasa yang Khas!

Pernah mencicipi salah satunya? Dijamin bakalan ketagihan

Saat berlibur ke pulau Lombok, tidak hanya wisata baharinya yang memanjakan mata, namun makanan khasnya juga akan memanjakan lidah dan perutmu. Apalagi dengan adanya event MotoGP di Mandalika, akan semakin banyak  wisatawan yang akan berkunjung ke pulau yang dikenal dengan pulau pedas ini. Tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Lombok yang legendaris dan memanjakan lidah.

Tak hanya warga lokal, makanan khas yang sudah ada sejak puluhan tahun ini disukai oleh wisatawan saat berkunjung ke Lombok. Setiap daerah di Pulau Lombok ini memiliki berbagai makanan dengan ciri khasnya tersendiri. Ada berbagai macam kuliner khas Lombok yang bisa dirasakan ketika kamu berwisata ke Lombok ini. Berikut ulasannya!

1. Plecing Kangkung

5 Kuliner Lombok yang Legendaris, Punya Cita Rasa yang Khas!Plecing kangkung (Instagram.com/arantha16)

Salah satu makanan khas yang berasal dari Lombok timur yang tidak boleh kamu lewatkan adalah plecing kangkung. Perjalanan kamu tidak akan terasa lengkap kalau belum mencoba kuliner satu ini.

Plecing kangkung dibuat dari kangkung yang direbus. Kangkung yang digunakan bukan sembarangan kangkung, melainkan kangkung khas Lombok yang batangnya memiliiki ukuran yang agak besar. Plecing kangkung ini disajikan dalam kondisi dingin, dengan campuran sambal sebagai pelengkap.

Selain itu plecing kangkung biasanya disajikan dengan sayuran yang lain seperti tauge, buncis, maupun kacang panjang. Plecing kangkung ini biasanya disajikan dengan sambal pedas yang akan membuat lidah bergoyang tiada henti karena rasanya yang pedas. 

Plecing kangkung ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Dikutip dari Hellosehat, ada beberapa manfaat Ketika kita mengkonsumsi kangkung ini. Di antaranya adalah menjaga Kesehatan mata, antiradang, mencegah diabetes, melawan kerusakan hati (liver), mencegah dehidrasi, dan mengatasi anemia.

2. Sate Pusut

5 Kuliner Lombok yang Legendaris, Punya Cita Rasa yang Khas!Sate pusut (Instagram.com/satepusut.mambalan)

Sate pusut merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari daging sapi maupun ikan laut. Biasanya masyarakat lokal menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan pembuatannya. 

Sate pusut ini jika dilihat sekilas mirip dengan sate lilit khas bali. Jika dilihat dari bentuknya, kedua sate ini tidak terlalu jauh berbeda. Yang membedakan sate ini adalah santan yang digunakan. Jika pada sate lilit khas Bali menggunakan santan kelapa, kalau sate pusut tidak menggunakan santan kelapa. 

Dalam proses pembuatannya, sate ini memiliki proses atau cara yang berbeda tergantung bahan yang digunakan. Jika digunakan daging sapi, maka daging sapinya harus diiris tipis dan direndam dalam bumbu rempah. Sementara jika  menggunakan ikan, maka harus dipisahkan kemudian dihaluskan terlebih dahulu agar teksturnya lembut. Sate ini wajib banget kamu cicipi ketika berkunjung ke pulau Lombok ini.

Baca Juga: 5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!

3. Sate Tanjung

5 Kuliner Lombok yang Legendaris, Punya Cita Rasa yang Khas!Sate Tanjung (Instagram.com/jajelombok)

Makanan yang satu ini berasal dari Lombok Utara. Kalau kamu berkunjung ke pulau Lombok kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi sate tanjung yang lezat ini. Sate tanjung adalah sate yang terbuat dari daging ikan yang dilumuri santan dengan bumbu rempah-rempah.

Rasa sate ini berbeda dengan sate pusut. Rasa gurih dan pedas dari sate dengan santan dan rempah-rempah yang sangat terasa ketika dimakan. Sate tanjung sangat nikmat bila disantap dalam keadaan hangat bersama lontong atau nasi – tergantung selera. 

Kamu bisa dapatkan sate ini di pasar Tanjung atau terminal Tanjung karena mencicipi kuliner ini lebih afdol jika langsung di daerah asalnya yaitu Tanjung, Lombok Utara daripada di tempat lain.

4. Beberok Terong

5 Kuliner Lombok yang Legendaris, Punya Cita Rasa yang Khas!Beberok Terong (Instagram.com/hantini_arifin)

Makanan khas Lombok selanjutnya adalah beberok terong. Makanan khas Lombok yang legendaris yang satu ini memiliki cita rasa pedas manis dan menyegarkan yang akan memanjakan lidah kamu. Makanan ini biasanya disajikan menjadi lauk pelengkap nasi.

Beberok terong biasanya dibuat dari bahan terong gelatik yang teksturnya renyah dan rasanya yang langu. Meskipun sering dianggap remeh dan ada yang tidak suka, rupanya beberok terong ini menjadi makanan favorit masyarakat.

Bukan tanpa alasan, karena terong ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Terong mengandung banyak serat, vitamin, mineral dan juga rendah kalori. Dikutip dari Alodokter, terong memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah menekan risiko penyakit jantung, mencengah diabetes, menurunkan berat badan, melancarkan sistem penceranaan, memelihara kesehatan tulang, melindungi tubuh dari infeksi bakteri, serta mencegah penyakit kanker.

5. Poteng Jaje Tujak

5 Kuliner Lombok yang Legendaris, Punya Cita Rasa yang Khas!Poteng Jaje Tujak (instagram.com/nindianjani)

Kalau makanan khas legendaris sebelumnya adalah yang mempunyai cita rasa pedas, makanan khas Lombok timur yang satu ini punya rasa yang manis. Dalam Bahasa Indonesia, “poteng jaja tujak” ini berarti “tape jajan tumbuk”. Makanan ini biasanya disajikan atau dijadikan santapan pada acara keagamaan seperti Maulid Nabi hingga hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

Bahan poteng jaja tujak ini dari ketan dicampur dengan ragi tape. Setelah dicampurkan, kemudian didiamkan selama 2-3 hari agar menjadi poteng.

Jadi, jika kamu berkunjung ke Pulau Lombok dan mau mencicipi makanan khas legendaris yang satu ini, kamu harus menunggu kegiatan keagaamaan seperti maulid nabi hingga hari raya. Tapi jika kamu mau makan di luar kegiatan tersebut masih bisa kok, karena ada beberapa yang menjual poteng jaje tujak ini.

Nah itulah 5 makanan khas Lombok yang legendaris. Kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi salah satunya ketika berwisata ke pulau Lombok ini.

Baca Juga: Kenali Sayur Ares, Kuliner Khas Lombok dari Pelepah Pisang

Muhammad Heru Photo Writer Muhammad Heru

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya