Comscore Tracker

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Coba

rasanya mau nambah terus

Cari di google, kemudian ketik 'makanan Italia'. Dan banyak gambar pasta dan pizza yang muncul. Memang, kedua makanan ini umumnya dikaitkan dengan Italia dan banyak daerahnya. Karena itu, merupakan pemandangan yang cukup umum untuk melihat mayoritas pengunjung memakannya di daerah turis populer di Venesia.

Meskipun sama sekali tidak ada yang salah dengan, ada makanan lezat lain yang dinikmati penduduk setempat. Bahkan, sebagian besar hidangan asli Venesia terdiri dari ikan dan sayuran. Ini karena lokasi geografisnya yang unik dan lokasinya yang dekat dengan pulau Sant'Erasmo.

Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan ke Venesia, penulis sangat menyarankan kamu untuk mencoba beberapa makanan tradisional di Venesia, Italia.

Tanpa basa-basi lagi, lihat daftarnya di bawah ini.

1. Baccalà Mantecato

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobagreatitalianchefs.com

Hidangan klasik dan ikon dari Venesia, Baccala Mantecato adalah ikan cod Atlantik kering yang direndam, direbus, dan dikocok hingga menjadi seperti mousse dengan tekstur yang lembut dan halus. Kemudian biasanya dioleskan di atas sepotong baguette atau polenta panggang dan diminum dengan segelas wine atau cocktail berkilau.

'Baccala', atau cod asin, direndam dalam air tawar untuk waktu yang lama karena menjadi lunak dan enak sebelum digunakan. Penduduk setempat menyebut hidangan ini 'an obligatory taste of Venice’.

2. Polenta e Schie

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobayelp.com

Pernah dianggap sebagai makanan orang miskin, Polenta e Schie sekarang menjadi hidangan pembuka Venesia yang disajikan di sebagian besar restoran. Secara visual juga enak dipandang dan tekstur polenta yang halus, berwarna kuning dan seperti bubur kontras dengan schie yang goreng atau direbus. Bagian terbaik dari makanan ini adalah dapat disajikan dengan berbagai cara.

Baca Juga: 8 Buffet Halal Terbaik di Singapura buat Kamu Pencinta Kuliner

3. Sarde di Saor

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobacanadas100best.com

Sarde di Saor adalah camilan kecil yang populer di Venesia dan paling baik dimakan ketika disiapkan sehari sebelumnya. Terbuat dari ikan, Sarden biasanya ditaburi sedikit tepung dan kemudian digoreng sampai menjadi berwarna keemasan dan renyah.

Kombinasi irisan bawang tumis, kismis, kacang pinus dan cuka anggur putih disiapkan dan kemudian digunakan untuk mengasinkan ikan sarden selama setidaknya 24 jam.

4. Bigoli

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobagreatitalianchefs.com

Bigoli adalah pasta panjang dan tebal yang berasal dari wilayah Veneto, Venesia. Meskipun terlihat sangat mirip dengan pasta spageti standar, bigoli jauh lebih besar dan memiliki tekstur yang lebih kasar. Bigoli dapat digunakan dalam banyak hidangan pasta, tetapi secara tradisional dimakan dengan bebek atau sosis ragu (saus berbasis daging) serta ikan teri (sarden asin).

5. Tiramisu

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobahdwallpaperim.com

Sebagian besar oarang tahu apa itu tiramisu! Makanan penutup Italia yang tak lekang oleh waktu ini memiliki banyak variasi dan juga merupakan salah satu makanan penutup di yang mudah dijumpai di seantero Italia. Banyak kafe dan restoran Venesia menyajikan tiramisu dengan rasa berbeda.

6. Frittelle alla Veneziane

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobabuonissimo.it

Frittelle adalah donat Venesia tradisional yang lembut dan halus yang hanya disajikan selama festival Christian festival of Carnival in Venice. Hanya pelanggan kaya yang mampu membelinya saat itu. Berkat popularitasnya, makanan penutup yang manis ini dinyatakan sebagai 'hidangan penutup nasional negara Venesia' di abad ke-18. Sejak saat itu, frittelle dapat dibeli di toko setempat atau dibuat di rumah.

Frittelle kini hadir dalam banyak variasi seperti fritelle panggang, fritelle krim atau fritelle telur. Frittelle alla veneziane yang asli, tidak memiliki bahan tambahan yang mengubah rasa aslinya.

7. Risotto

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobafoodandwine.com

Sejak abad ke-12, risotto telah lama mendominasi dunia kuliner Venesia. Mirip dengan pasta, risotto hadir dalam banyak variasi dan rasa. Yang membedakannya dari hidangan nasi lainnya adalah, sebenarnya adalah jenis nasi yang digunakan dalam risotto umumnya dikenal sebagai beras Arborio.

Beras ini lebih pendek, besar dan butiran beras bulat yang sangat bertepung. Ini memungkinkan nasi menyerap kaldu dengan baik dan tetap lembut. Di Venesia, risotto hampir disajikan sebagai sup.

8. Buranelli

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobafilippiandmolnar.com

Kue kuning berbentuk donat ini berasal dari pulau Burano, sebuah kota nelayan dekat Venesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, tepung, gula dan mentega, camilan sehat ini memiliki daya tahan lama.

Dikatakan bahwa kue-kue ini dibuat dengan susah payah dan diberikan kepada para nelayan sebagai makanan sementara mereka berada di laut untuk waktu yang lama. Buranelli teksturnya renyah dan tidak terlalu manis, menjadikannya teman yang sempurna untuk secangkir kopi atau cappuccino yang menyegarkan.

9. Risi e Bisi

Tak Cuma Gondola, 9 Makanan Venesia Ini Patut Kamu Cobafinedininglovers.com

Risi e Bisi adalah hidangan yang tidak biasa yang dapat dianggap setengah risotto dan setengah sup. Biasanya merupakan hidangan pertama yang dimakan di musim dingin dan di musim semi. Bahan-bahan lain seperti pancetta, peterseli, parmesan dan bawang digunakan dalam hidangan ini dan disatukan melalui metode tertentu. Jika kamu memiliki kesempatan ke Venesia, cobalah hidangan tradisional ini.

Makanan tidak hanya menyatukan orang-orang tetapi juga menceritakan kisah suatu bangsa. Sama seperti makanan tradisional Venesia ini.

Buon Appetito!

Baca Juga: 9 Dessert Serbia Terpopuler yang Bikin Siapa pun Ingin Mencicip

Muhammad Ubaidillah Photo Verified Writer Muhammad Ubaidillah

Fans Liverpool FC yang mengisi waktu luangnya dengan membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You