Comscore Tracker

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihan

Kamu sudah pernah cobain yang mana saja?

Jepang memiliki segudang kuliner enak. Ciri utama masakan Jepang selalu dibumbui dengan gula, garam, cuka, shoyu, dan miso. Semua bahan makanan yang diberi bumbu tersebut akan menjadi lebih lezat, termasuk ikan salmon.

Ikan salmon kaya protein, vitamin B, potassium, selenium, dan antioksidan. Banyak hidangan lezat khas Negara Sakura menggunakan ikan salmon sebagai bahan dasarnya. Supaya referensi kulinermu semakin kaya, berikut sepuluh olahan hidangan berbahan salmon ala Jepang. 

1. Broiled salmon with unagi sauce

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihanyummly.com

Hidangan ini menjadikan daging salmon sebagai bintangnya. Saus unagi terbuat dari mirin atau anggur beras, sake, susu kedelai, gula merah, garam, dan lada hitam.

Saat dimasak, daging salmon lebih sedap jika menggunakan lemak dari ikan salmon itu sendiri. Terkesan sederhana, tapi rasanya luar biasa.

2. Saikyo miso grilled salmon

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihannorecipes.com

Sebelum dipanggang, salmon direndam terlebih dulu dengan bumbu yang terdiri dari miso, mirin atau anggur beras, dan gula. Cara paling populer untuk menikmati hidangan ini adalah dengan nasi putih, asparagus, atau campuran sayuran.

3. Teriyaki salmon

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihanyummly.com

Meski tidak menggunakan bumbu yang terlalu rumit, salmon teriyaki tetap tampak menggiurkan. Sebelum dipanggang, daging salmon dilumuri kecap manis, saus teriyaki, air jeruk nipis, gula, dan minyak. Tambahkan wijen supaya lebih beraroma.

4. Salmon nigiri

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihanrealsimple.com

Hidangan salmon satu ini sangat mudah dan tidak perlu waktu lama, kecuali menunggu nasi matang. Salmon dibiarkan mentah, diiris tipis, dan diletakkan di atas nasi. Rasanya semakin nikmat dengan racikan khas makan sushi, yakni cuka tawar, gula, dan garam.

5. Toasted sesame ginger salmon

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihanhowsweeteats.com

Sebelum dimasukkan ke dalam oven, salmon direndam dengan berbagai campuran bumbu yang terdiri dari minyak zaitun, minyak wijen, kecap, bawang putih, jahe, cuka, dan gula merah. Saus madu biasanya ditambahkan setelah salmon matang, bersama taburan daun bawang dan wijen.

6. Japanese tea rice

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihanyoutube.com

Masyarakat Jepang menyebut hidangan ini dengan nama ochazuke. Makanan ini cukup unik, karena menggunakan teh hijau sebagai kuahnya.

Daging salmon di-fillet, lalu dipanggang di dalam oven. Dalam segi penyajian, umumnya salmon dipotong kecil-kecil dan diberikan potongan nori atau rumput laut.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahan Tulang Iga Sapi yang Menggugah Nafsu Makan

7. Salmon chirashi-zushi

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihantaste.com.au

Membuat hidangan ini tidak sebentar, karena banyak komponen yang harus dibuat. Sebut saja seperti daging salmon, wortel, jamur, serutan labu kering, rebung atau bambu, dan telur dalam salmon chirashi-zushi. Bumbu menggunakan cuka beras, mirin, dan kaldu bubuk.

8. Japanese salted salmon

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihancooksomethingwonderful.wordpress.com

Di Jepang, makanan ini disebut dengan shiojake atau shiozake. Bumbu yang digunakan tidak banyak, hanya sake dan garam.

Bumbu tersebut digunakan untuk merendam daging salmon. Setelah dilumuri, daging salmon didiamkan sejenak, lalu dipanggang di dalam oven. Lebih nikmat dimakan dengan nasi putih khas Jepang dan parutan lemon.

9. Salmon and udon noodles

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihanyummly.com

Udon merupakan mie khas Jepang yang cocok disajikan dengan salmon yang lembut. Daging salmon dibumbui dengan kecap dan mirin atau anggur beras, kemudian digoreng dalam minyak panas.

Ketika mie udon sudah matang, daging salmon diletakkan di atasnya. Tambahkan brokoli biar makin sedap. 

10. Poached salmon with wilted spinach

10 Kreasi Olahan Salmon ala Jepang Paling Enak dan Bikin Ketagihanmccormick.com

Disajikan tanpa kulit tidak mengurangi cita rasanya. Daging salmon yang dikukus ini lebih enak disajikan dengan pasta atau nasi.

Sayuran seperti bayam juga mampu menambah kenikmatannya. Ada pun bumbu yang dipakai antara lain bawang putih, garam dan bumbu khas Jepang, jahe, serta cuka. 

Itulah sepuluh kreasi olahan daging salmon dari Jepang yang bisa jadi referensi kulineranmu. Menurutmu, olahan mana yang paling menggoda?

Baca Juga: 10 Olahan Udang yang Paling Populer di Indonesia, Bikin Nambah Porsi

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You