Comscore Tracker

Jangan Taruh 6 Makanan Ini di Freezer, Kualitasnya Bisa Berkurang!

Lebih baik, simpan di lemari pendingin biasa

Pembekuan (freezing) adalah salah satu cara untuk mengawetkan makanan supaya bisa dinikmati di kemudian hari. Namun, tidak semua makanan cocok dimasukkan ke dalam freezer. Sebab, kualitasnya akan turun dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Mau tahu, makanan apa yang tidak boleh disimpan di freezer dan apa yang terjadi jika kita nekat melakukannya?

1. Telur

Jangan Taruh 6 Makanan Ini di Freezer, Kualitasnya Bisa Berkurang!Unsplash.com/@helloimnik

Kevin Murphy, pakar keamanan pangan dan sanitasi, mengimbau agar tidak meletakkan telur di freezer. Sebab, pembekuan bisa membuat telur pecah, tuturnya di laman Insider.

"Ketika keadaan menjadi dingin, telur berkontraksi. Ketika telur mencapai titik beku, mereka mengalami lonjakan ekspansi. Saat telur mencapai titik beku, mereka bisa meledak," Kevin mewanti-wanti.

Menurut laman Healthline, telur bisa bertahan di lemari pendingin selama 3-5 minggu. Pembekuan telur tidak dianjurkan karena setelah dibekukan, telur akan berubah menjadi pasta yang kental dan menggumpal, laman Eat by Date menjelaskan.

2. Selada

Jangan Taruh 6 Makanan Ini di Freezer, Kualitasnya Bisa Berkurang!Unsplash.com/Adolfo Félix

Selada yang masih segar atau baru dipetik, rasanya enak dan teksturnya crunchy. Ketika kita punya banyak stok selada di rumah, jangan sekali-sekali ditaruh di freezer. Mengapa?

Melansir dari Insider, freezer 'memecah' sayuran berdaun hijau dan membuatnya kehilangan kerenyahan. Kevin mengatakan bahwa selada akan berubah dari renyah menjadi lembek, lemas, dan tidak menggugah selera.

Lebih baik, selada disimpan di lemari pendingin biasa. Jika disimpan dengan benar, selada bisa bertahan hingga satu minggu di kulkas.

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai Iradiasi Pangan dan Dampaknya Bagi Makanan 

3. Makanan yang sudah digoreng

Jangan Taruh 6 Makanan Ini di Freezer, Kualitasnya Bisa Berkurang!Unsplash.com/Brian Chan

Ada banyak sisa chicken wings atau kentang goreng di rumahmu? Jangan buru-buru dimasukkan ke freezer! Sebab, suhu dingin dari freezer akan membuat makanan tersebut kehilangan kerenyahan.

Lebih baik, letakkan di lemari pendingin biasa, lalu hangatkan di microwave jika ingin memakannya kembali. Bisa juga digoreng ulang sebentar setelah dikeluarkan dari kulkas.

4. Susu, yogurt, dan sour cream

Jangan Taruh 6 Makanan Ini di Freezer, Kualitasnya Bisa Berkurang!Unsplash.com/Waldemar Brandt

International Milk Genomics Consortium menegaskan bahwa susu atau produk susu lain bisa dibekukan selama 1-3 bulan. Tetapi, hasilnya tidak akan sama seperti sebelum dibekukan.

"Setelah produk susu ini dicairkan, mereka akan terpisah menjadi air dan bagian yang mengental," ujar Kevin pada Insider.

Menurut Eat By Date, susu yang sudah dibuka tahan 4-7 hari di dalam lemari pendingin. Sedangkan, susu jenis ultra-high-temperature (UHT) yang belum dibuka bisa tahan hingga 6-9 bulan dari tanggal produksi.

5. Biji kopi

Jangan Taruh 6 Makanan Ini di Freezer, Kualitasnya Bisa Berkurang!Unsplash.com/Tina Guina

Kopi memang nikmat disajikan dalam keadaan dingin. Tetapi, jangan memasukkan biji kopi (coffee beans) ke dalam freezer. Mau tahu penjelasannya?

"Jika Anda membekukan kopi, Anda akan mendapatkan ampas bau dan lembap yang tidak enak karena (kopi) menyerap rasa dan kelembapan dari produk lain di freezer," ucap Kevin.

Sebaiknya, biji kopi disimpan di mana? Melansir dari Street Smart Kitchen, biji kopi utuh bisa bertahan 6-9 bulan di suhu ruangan. Sementara, biji kopi yang sudah digiling memiliki umur simpan 3-5 bulan.

6. Dedaunan herba

Jangan Taruh 6 Makanan Ini di Freezer, Kualitasnya Bisa Berkurang!Unsplash.com/Tomasz Olszewski

Saat dedaunan herba dibekukan, sel-selnya akan membesar lalu rusak. Setelah ditempatkan di freezer, kondisinya akan berbeda dari sebelumnya, menjadi layu dan lemas.

Dedaunan herba yang lebih lembut seperti peterseli, kemangi, atau ketumbar akan berubah menjadi mushy atau lembek jika ditaruh di freezer. Sedangkan yang lebih tebal seperti rosemary atau thyme sedikit bisa bertahan.

Lantas, bagaimana cara penyimpanan yang tepat? Lebih baik, simpan dedaunan herba di lemari pendingin karena bisa bertahan hingga 2 minggu.

Nah, itulah makanan yang tidak dianjurkan disimpan di freezer. Bagikan informasi ini agar semua orang tahu, yuk!

Baca Juga: 5 Makanan yang Gak Mudah Basi jika Ditaruh di Luar Kulkas

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya