Comscore Tracker

Porsi Oke & Bikin Kenyang, Ini Fakta Enaknya Nasi Goreng Khas Jogja

Pas banget untuk menjadi salah satu menu berbuka puasa

Selain dikenal dengan kearifan budayanya, kota yang dipimpin oleh Sultan Hamengku Buwono ini juga memiliki keanekaragaman dalam hal kuliner. Sebut saja yang begitu tersohor namanya, gudeg atau cemilan bakpia. 

Salah satu kuliner Jogja yang juga gak kalah enak yaitu ada nasi goreng yang biasanya disebut dengan magelangan. Kuliner yang satu ini memang hampir terlihat sama dengan nasi goreng yang biasanya kerap ditemukan orang di daerah lain. 

Namun ada beberapa bagian dari magelangan dengan rasa khasnya yang membuat sajian berbahan dasar nasi ini menjadi sedikit berbeda dengan nasi goreng lainnya. Lalu apa sih itu magelangan, berikut adalah ulasan singkat mengenai apa itu magelangan yang mengharuskan untuk di cicipi

1. Menu nasi goreng favorit masyarakat Jogja

Porsi Oke & Bikin Kenyang, Ini Fakta Enaknya Nasi Goreng Khas Jogjastorgram.com

Meski namanya adalah magelangan, namun ternyata makanan yang merupakan salah satu jenis nasi goreng ini bukan berasal dari kota Magelang, Jawa Tengah. Makanan ini justru ramai dijual di warung-warung makan daerah Jogja, khususnya warung-warung burjo dan warung nasi goreng. Menu magelangan ini juga begitu populer dan digemari banyak orang karena kelezatan dan porsinya yang oke banget.

2. Cocok di semua lidah dan kaya akan rasa rempah khas masakan Jawa

Porsi Oke & Bikin Kenyang, Ini Fakta Enaknya Nasi Goreng Khas Jogjatwitter.com/halalsofra

Hampir sama dengan bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat nasi goreng, namun setiap warung yang menjual magelangan ini pasti memiliki bumbu rahasia yang membuat citarasa magelangan terasa berbeda dari nasi goreng biasanya.

Selain itu, dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki citarasa manis pada setiap makanannya, rasa magelangan ini juga tergolong manis pedas dengan bumbu rempah khas lidah Jawa. Cocok banget deh untuk yang suka makanan pedas maupun manis.

Baca Juga: Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesia

3. Spesial dengan campuran mie kuning atau mie instan yang bikin rasa makin nendang

Porsi Oke & Bikin Kenyang, Ini Fakta Enaknya Nasi Goreng Khas Jogjanguyenghafood.vn

Inilah salah satu bahan yang membedakan magelangan dengan nasi goreng biasanya. Ada tambahan mie kuning atau biasanya juga bisa menggunakan mie instan goreng dijadikan salah satu bahan campuran utama sebelum nasi digoreng. Banyak yang mengatakan kalau tambahan mie ini jugalah yang membuat rasa magelangan menjadi semakin nendang banget!

4. Salah satu menu andalan warung Burjo atau Warmindo

Porsi Oke & Bikin Kenyang, Ini Fakta Enaknya Nasi Goreng Khas Jogjatwitter.com/arieparikesit

Warung burjo atau yang kerap juga disebut warmindo memang menjadi salah satu warung makan yang hampir tersebar di seluruh wilayah kota Jogja. Warung ini hampir mirip seperti warteg dan menyediakan menu makanan seperti mie instan, bubur kacang hijau, nasi rames, mie dok dok, dan magelangan menjadi salah satu makanan andalan yang banyak diminati oleh para pembeli di warung burjo ini. 

5. Harga terjangkau banget!

Porsi Oke & Bikin Kenyang, Ini Fakta Enaknya Nasi Goreng Khas Jogjatwitter.com/karinahasbi

Hanya dengan kocek Rp15-20 ribu saja, kita sudah dapat menikmati seporsi besar magelangan komplit dengan sayuran dan segala isi lainnya. Bahkan ada juga yang menjual menu magelangan ini hanya dengan harga Rp10 ribu saja. Dijamin kenyang dan hemat banget deh.

Sajian yang satu ini emang pas banget deh kalau untuk menu berbuka puasa kalian. Selain gak akan kecewa dengan rasanya, dijamin gak akan buat kantong tipis juga deh, ditambah lagi porsinya yang pas banget. Magelangan ini ternyata juga sudah banyak dijual bukan hanya di kota Jogja aja loh, jadi pastikan kalian mencobanya ya!

Baca Juga: 5 Tips ini Bikin Nasi Gorengmu Seenak Restoran

Niswa Aulia Photo Community Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You