Comscore Tracker

6 Asinan Buah Segar Ini Ternyata Bikinnya Gampang Banget

Hidangan yang bikin ngiler

Makanan asam, manis dan pedas selalu diburu semua orang. Perpaduan rasa ini bikin segar dan mampu usir pusing pada kepala. Asinan merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat. Apalagi saat puasa, terkadang kamu perlu makanan yang menyegarkan dan menggiurkan lidah.

Asinan dapat dibuat dari buah yang dipadukan dengan bumbu asinan. Bikinnya mudah kok. Kamu hanya butuh cabai, garam, gula merah atau gula putih, dan terasi. Rasa asam, manis, dan pedas pasti membuat kamu bakal ketagihan.

Sebagai rekomendasi buat kamu, inilah berbagai macam asinan buah yang harus kamu coba. Wah, dijamin segar dan bikin ngiler.

1. Asinan mangga

6 Asinan Buah Segar Ini Ternyata Bikinnya Gampang BangetInstagram.com/sukmawati_rs

Asinan mangga dapat kamu buat dengan mudah. Kamu bisa pilih mangga yang sesuai kesukaanmu. Tapi tipsnya pilih mangga yang berdaging tebal dan tidak terlalu matang. Untuk cabai rawit dan cabai keritingnya kamu dapat menguleknya atau memblender agar halus. Setelah itu, masak dengan air dan beri tambahan garam, gula merah, asam jawa, jeruk dan terasi. Aduk bumbu ke dalam potongan mangga yang sudah kamu siapkan. Wah, rasanya pasti segar banget.

2. Asinan nanas

6 Asinan Buah Segar Ini Ternyata Bikinnya Gampang BangetInstagram.com/ailiehoalie74

Asinan nanas memiliki rasa yang menggiurkan. Potongan nanas yang diberi bumbu cabai rawit, cabai keriting, terasi, dan gula meresap hingga ke dalam daging nanas. Pilih nanas yang matang namun tidak lembek. Rasa asam nanas akan berpadu dengan bumbu pedas asam manis yang bikin ngiler. Disajikan saat kumpul keluarga pasti mereka suka.

3. Asinan jambu

6 Asinan Buah Segar Ini Ternyata Bikinnya Gampang BangetInstagram.com/avie_novi

Asinan jambu harus kamu coba buat nih. Harga jambu yang murah dapat diolah menjadi asinan yang menyegarkan. Kamu dapat membuatnya dari jambu air ataupun jambu batu. Bumbu asinan yang dipadukan dalam asinan ini akan terasa di lidah. Apalagi jika dimasukkan pada kulkas agar lebih segar. Kamu dapat memberinya perasan jeruk karena rasa dari asam jawa, gula dan cabai akan menyatu sempurna.

Baca Juga: Segar! Cobain Nih, Resep Asinan Rambutan yang Enak dan Sehat

4. Asinan rambutan

6 Asinan Buah Segar Ini Ternyata Bikinnya Gampang BangetInstagram.com/eddriantjhia

Asinan rambutan cocok sekali dihidangkan di meja makanmu. Berbeda dengan asinan lainnya, asinan rambutan ini tidak memakai gula merah. Pemanisnya dibuat dari gula putih yang di campur cuka. Pilih rambutan yang berdaging tebal agar paduan dari cabai rawit, cabai keriting, gula, garam dan cuka dapur membuat rasanya nikmat. Sajikan asinan ini dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk limo. Coba deh!

5. Asinan kedongdong

6 Asinan Buah Segar Ini Ternyata Bikinnya Gampang BangetInstagram.com/birgittawang

Asinan kedongdong akan bikin kamu ketagihan. Rasa asam dari kedongdong menyatu dengan garam, gula, cabai rawit, dan caba keriting. Untuk rasa yang lebih nikmat, tambahkan ebi udang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Dijamin menu ini mampu menghilangkan pusing pada kepala. Pastikan untuk menyimpannya dalam kulkas agar rasanya tetap dingin.

6. Asinan salak

6 Asinan Buah Segar Ini Ternyata Bikinnya Gampang BangetInstagram.com/hana_kitchen

Asinan salak mampu mengusir rasa kantuk. Pilih salak yang berdaging tebal untuk asinan yang segar ini. Untuk memberikan keasaman, kamu dapat menggunakan air asam jawa atau cuka apel. Beri cabai rawit dan keriting sesuai seleramu. Sajian ini dapat kamu jadikan makanan tambahan saat berbuka.

Mudah dan tidak ribet bukan membuatnya? Pastikan buah yang kamu pilih memiliki ketebalan dan kematangan yang pas. Untuk disajikan di bulan Ramadan dapat kamu coba juga. Cocok dihidangkan saat kumpul bersama bareng keluarga ataupun teman. Wah, segar dan bikin melek terus pastinya.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Resep Asinan Pedas Buah-buahan

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya