Comscore Tracker

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Belanda

Bisa bikin kantong kering sih ini

Di Indonesia, masakan Western biasanya punya harga jauh lebih mahal dari makanan tradisional. Ternyata kalau dibalik, harga makanan Indonesia di luar negeri jadi mahal banget, salah satunya di Belanda. Padahal, makanan-makanan itu kerap dijual pedagang kaki lima di Indonesia dengan harga murah meriah.

1. Bakso Rp95 ribu

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Belandabaksojwr.com

Seporsi bakso standar biasanya hanya Rp10-15 ribu saja. Belum lagi kalau variannya sudah mulai aneh-aneh, mulai dari bakso keju, bakso beranak, bakso volcano, dan sebagainya. Harganya bisa makin mahal.

Tapi semahal-mahalnya bakso di atas, sepertinya masih mahal beli bakso di Belanda. Gimana gak, semangkuk bakso biasa harganya bisa sampai Rp95 ribu di sana.

2. Mi instan Rp7.500

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di BelandaInstagram.com/indomie

Mie instan dipilih sebagai pemadam kelaparan di tanggal tua, jelas karena harganya bersahabat, hanya sekitar Rp2.000 saja. Tapi di Belanda, sebungkus Indomie dijual seharga Rp7.500 atau 50 cent Euro. Lumayan sih, masih lebih mahal harga Indomie di Papua yang harganya Rp15 ribu.

3. Soto Rp180 ribu

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Belandaasianfoodchannel.com

Berapa harga paling mahal untuk semangkuk soto yang pernah kamu makan di Indonesia? Mungkin sekitar Rp100 ribu ya, itu pun sudah hotel atau restoran berbintang lima.

Kalau buat kamu itu sudah mahal banget, ternyata di Belanda jauh lebih mahal lho. Seporsi soto biasa bisa dijual hingga 12 Euro atau Rp180 ribu, lho! Gimana? Tertarik jualan soto di Belanda?

4. Tempe Rp25 ribu

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Belandaajinomoto.com.my

Makanan merakyat ini memang Indonesia banget. Hampir mayoritas kuliner tradisional kita cocok didampingi tempe goreng. Mulai dari nasi campur, nasi pecel, rawon, sup ayam, dan sebagainya.

Karena sering disebut makanan rakyat, harganya pun terjangkau di kisaran Rp2.000 saja. Tapi di sana, harganya bisa sampai Rp25 ribu, lho! Mungkin buat orang Belanda tetap murah sih.

Baca Juga: 5 Makanan Indonesia yang Paling Disukai Artis KPop, Bikin Ketagihan

5. Pisang goreng Rp75 ribu

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Belandadelicious.com.au

Selayaknya gorengan yang kerap dijajakan di kaki lima, harga pisang goreng di Indonesia selalu murah meriah. Namun di Belanda, pisang goreng bisa dibanderol seharga 5 Euro atau Rp75 ribu. Kalau gini mending bikin sendiri aja, ya?

6. Bika Ambon Rp130 ribu

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Belandaid.tastemade

Makanan oleh-oleh khas Medan ini punya rasa manis legit dengan tekstur unik yang lembut. Ternyata jajanan ini juga dijual di Belanda meski dengan harga selangit, sekitar 8,5 Euro atau sekitar Rp130 ribu per 600 gramnya. Waduh!

7. Nasi bungkus Rp150 ribu

7 Makanan Murah Meriah di Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Belandanasikotakmanado.com

Kalau jalan-jalan ke Belanda, mungkin makanan di gerai fast food bisa jadi lebih murah daripada nasi bungkus. Bayangkan saja, harganya Rp150 ribu untuk seporsi nasi bungkus dengan lauk daging rendang, sambal goreng telur, dan balado tempe.

Tapi jangan sedih, karena porsinya lumayan besar alias dua kali lipat lebih banyak dari nasi di sini. Lumayan lah untuk mengobati rasa kangen Indonesia.

Gimana, berminat untuk buka warung kuliner di Belanda?

Baca Juga: 12 Makanan Korea Ini Mirip Sama Makanan Indonesia, Suka yang Mana?

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci

Just For You