Comscore Tracker

5 Trik Mujarab Supaya Beef Steak Jadi Empuk dan Juicy, Coba Deh!

Trik mana yang paling kamu gemari?

Salah satu tantangan ketika membuat beef steak adalah tekstur daging yang malah kerap keras dan alot. Nah, selain kualitas daging dan memilih bagian daging yang mengandung banyak otot, ternyata kuncinya juga ada pada trik saat mengolah daging sapi tersebut. Nah, ikuti saja panduan berikut supata beef steak ala rumahanmu tetap empuk dan juicy.

1. Iris tipis secara vertikal dengan pisau tajam

5 Trik Mujarab Supaya Beef Steak Jadi Empuk dan Juicy, Coba Deh!steakschool.com

Ketika akan memotong daging, letakkanlah daging sapi di atas talenan dan biarkan serat-seratnya mengarah horizontal. Usut punya usut, serat otot pada potongan daging rupanya sangat mempengaruhi teksturnya saat diolah nanti. Selanjutnya, iris tipis secara vertikal dengan pisau yang tajam. Sebab, proses pemotongan pun turut andil terhadap tingkat kelembutan daging.

2. Pukul daging yang tebal dengan palu daging

5 Trik Mujarab Supaya Beef Steak Jadi Empuk dan Juicy, Coba Deh!taste.com.au

Hal ini berlaku untuk daging sapi yang cenderung tebal. Tempelkan daging tersebut dengan dua lembar plastik, lalu tumbuk menggunakan palu khusus daging. Lakukan dengan hati-hati supaya daging tak malah hancur. Ini akan membuat serat-serat otot pada daging menjadi terpisah, sehingga teksturnya menjadi lebih empuk. 

3. Taburi garam, gosok, diamkan satu jam

5 Trik Mujarab Supaya Beef Steak Jadi Empuk dan Juicy, Coba Deh!1zoom.me

Selain mengempukkan, garam juga membuat citarasa daging sapi menjadi lebih gurih. Pasalnya, kandungan dalam garam dapat memecah protein, sehingga tekstur daging pun lebih empuk.

Caranya, taburkan satu sendok teh garam ke daging sapi tersebut, gosok perlahan, dan diamkan sekitar 1 jam. Kemudian, bilaslah hingga butiran garam tak lagi tersisa, tepuk-tepuk daging hingga kering, lalu mulailah memasaknya.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!

4. Bumbui dengan asam, simpan di kulkas

5 Trik Mujarab Supaya Beef Steak Jadi Empuk dan Juicy, Coba Deh!walmart.ca

Asam tak hanya memperkaya citarasa, namun dapat pula membantu mengempukkan tekstur daging. Caranya pun praktis, yakni marinasi saja daging sapi dengan lemon (bahkan cuka ataupun wine), masukkan ke dalam kulkas, dan simpan selama 2 jam (bahkan 2 hari). Selanjutnya, bilaslah daging tersebut sebelum dimasak.

5. Gunakan panci tebal dan metode slow cooking

5 Trik Mujarab Supaya Beef Steak Jadi Empuk dan Juicy, Coba Deh!taste.com.au

Potongan jenis brisket, shank, dan chuck membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses memasak. Imbasnya, tak jarang daging malah menjadi keras sebab kolagen banyak yang pecah. Untuk menyiasatinya, pakailah panci tebal dan aplikasikan metode slow cooking. Walaupun tetap lama dimasak, namun tekstur daging yang empuk dan juicy dapat lebih dipertahankan. 

Kalau kamu punya trik yang bagaimana?

Baca Juga: 5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Topping

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya