Comscore Tracker

5 Ragam Hidangan Berbahan Daging dari Italia, Bikin Nambah!

#IDNTimesFood Rasanya bikin ketagihan sekali coba!

Italia adalah salah satu negara yang terkenal akan kelezatan kuliner yang dimilikinya. Beragam makanan khas bisa dicicipi di negara ini. Mulai dari appetizer, hidangan utama, dessert dengan visual menarik, hingga camilan untuk menemani waktu bersantai.

Salah satu makanan yang menjadi favorit penduduk dan populer di kalangan wisatawan adalah olahan daging yang dimiliki oleh negara ini. Beragam makanan berbahan dasar daging dapat dinikmati dengan rasa yang sudah tak diragukan lagi. Berikut lima ragam hidangan berbahan daging dari Italia, bikin nambah!

1. Carpaccio

5 Ragam Hidangan Berbahan Daging dari Italia, Bikin Nambah!carpaccio (Instagram.com/heleninhadrumond)

Carpaccio merupakan makanan khas Italia yang terkenal di seluruh penjuru dunia. Hidangan ini umumnya disajikan sebagai hidangan pembuka. Makanan ini terdiri dari irisan tipis ikan mentah atau daging yang disajikan di atas piring yang kemudian ditambahkan dengan minyak zaitun, serutan keju, dan lemon.

Hidangan lezat ini diciptakan pada tahun 1950 oleh seorang pemilik restoran yang bernama Venesia bernama Giuseppe Cipriani. Beliau adalah pemilik Harry's Bar.

2. Arrosticini

5 Ragam Hidangan Berbahan Daging dari Italia, Bikin Nambah!arrosticini (Instagram.com/abruzzofoodguide)

Arrosticini juga dikenal sebagai arrustelle atau rustelle dalam dialek lokal. Arrosticini merupakan daging tusuk yang terbuat dari castrato, daging domba atau daging kambing yang mengalami proses pemanggangan secara tradisional di atas anglo memanjang yang berbahan bakar arang yang disebut fornacella.

Makanan ini menjadi salah satu sajian daging paling populer dari masakan Italia modern.

Baca Juga: 5 Dessert Es Krim Asal Italia, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

3. Ossobuco Alla Milanese

5 Ragam Hidangan Berbahan Daging dari Italia, Bikin Nambah!ossobuco alla Milanese (Instagram.com/frankrestaurant)

Ossobuco alla Milanese bisa disebut juga l'oss bus a la Milanesa. Hidangan ini merupakan daging sapi muda yang direbus dengan anggur. Makanan ini menjadi salah satu hidangan khas Milan yang paling populer. 

Cara pembuatannya yaitu daging dimasak perlahan dalam kaldu sapi sampai dagingnya cukup empuk untuk dipotong dengan garpu. Kemudian hidangan ini ditambahkan dengan taburan gremolà atau gremolada yang merupakan ramuan lezat yang dibuat dengan teri tumbuk, bawang putih cincang, peterseli, dan kulit lemon.

4. Braciola

5 Ragam Hidangan Berbahan Daging dari Italia, Bikin Nambah!braciola (Instagram.com/nononveniteinpuglia)

Braciola merupakan salah satu makanan paling populer di Italia. Hidangan lezat ini berasal dari irisan tipis daging sapi, babi, ayam, atau daging sapi muda yang ditumbuk. Kemudian daging akan diisi dengan berbagai bahan seperti prosciutto, rempah segar, keju, dan kacang-kacangan. Selanjutnya secara tradisional daging akan diikat, dibakar, dan direbus dalam saus tomat yang kuat sampai menjadi empuk.

Makanan ini umumnya dihidangkan sebagai makanan utama, meskipun versi yang lebih kecil dapat disiapkan dan disajikan sebagai lauk.

5. Bollito Misto

5 Ragam Hidangan Berbahan Daging dari Italia, Bikin Nambah!bollito misto (Instagram.com/stevanpaul.de)

Bollito misto merupakan salah satu hidangan khas Italia yang disiapkan ketika musim dingin tiba. Makanan ini merupakan hidangan daging nikmat yang berasal dari Piedmont. Namun saat ini dapat ditemukan di seluruh Italia utara. Makanan ini kerapkali menjadi hidangan utama yang terdiri dari beberapa potongan daging sapi dan daging sapi muda yang berbeda serta berbagai daging tambahan yang akan memperkuat rasa. 

Di daerah asalnya, makanan ini paling sering menggunakan bahu sapi, leher atau lidah sapi muda, sosis babi cotechino atau trotter babi isi zampon, ayam, buntut sapi, dan setengah kepala anak sapi. 

Italia mempunyai banyak sekali hidangan yang berbahan dasar daging. Olahan daging khas negara ini benar-benar lezat dan sukses menggoyang lidah. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya