Comscore Tracker

5 Sup Seafood Khas Amerika Serikat, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Cinta!

#IDNTimesFood Rasanya menggelitik lidah!

Sup seringkali menjadi menu andalan yang bisa menghangatkan tubuh di kala musim dingin atau pun saat hujan. Sedangkan hidangan seafood menjadi salah satu menu favorit yang biasanya bisa membuat siapa pun jatuh hati.

Bagaimana jika sup digabungkan dengan seafood? Tentu menjadi kombinasi yang sempurna bagi banyak orang. Amerika Serikat ternyata mempunyai sup seafood yang terkenal lezat dan nikmat. Makanan ini tentu tak hanya menjadi favorit banyak penduduk lokal, melainkan juga menjadi buruan para wisatawan.

Berikut lima sup seafood khas Amerika Serikat, lezatnya bikin lidah jatuh cinta!

1. New England Clam Chowder

5 Sup Seafood Khas Amerika Serikat, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Cinta!New England clam chowder (Instagram.com/jenerousplates)

New England clam chowder merupakan sup yang dibuat dengan kerang asin, potongan daging babi asin, bawang manis, kentang, dan susu. Hidangan ini ditemukan oleh para peziarah yang mendarat di dekat Plymouth Rock pada tahun 1620.

Lapar dan tidak punya apa-apa untuk dimakan, mereka beralih ke kerang lezat yang biasa ditemukan di pantai New England dan memasaknya dalam panci berisi air di atas api terbuka. 

2. Vermont Corn Chowder

5 Sup Seafood Khas Amerika Serikat, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Cinta!vermont corn chowder (Instagram.com/lauren.rolerat)

Vermont corn chowder merupakan makanan tradisional yang terbuat dari kaldu berbahan dasar susu, dan jagung. Kemudian ditambahkan dengan sayuran seperti bawang, kacang polong, kentang, dan kubis. Hidangan ini biasanya diperkaya dengan potongan daging asap dan dikentalkan dengan tepung atau keju cheddar vermont.

Sup ini dipuji sebagai hidangan ideal untuk malam terakhir musim panas, ketika jagung yang ditanam secara lokal berada di puncaknya.

Sup ini dapat ditelusuri kembali ke abad ke-16. Pada saat itu, sup dianggap sebagai makanan orang miskin. Kata chowder berasal dari kata Prancis chaudiere, mengacu pada kapal yang digunakan oleh nelayan Prancis yang membuat semur ikan yang lezat dengan memasak ikan, sayuran dan susu.

Baca Juga: 9 Fakta Sup Kacang Merah, Sup Paling Sehat di Tiongkok

3. Shrimp Bisque

5 Sup Seafood Khas Amerika Serikat, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Cinta!shrimp bisque (Instagram.com/peaches2peaches)

Shrimp bisque adalah sup yang dibuat dengan kombinasi udang besar, kaldu seafood, kaldu udang, mentega, paprika, bawang merah, bawang putih, tepung, krim, brendi, saus pedas, dan bumbu.

Cara pembuatannya yaitu, udang direbus dalam kuah hingga kuah menyusut.  Sedangkan kombinasi mentega, paprika, bawang merah, dan bawang putih ditumis dan ditaburi tepung serta dicampur dengan brandy dan krim hingga kental. Selanjutnya, udang yang dimasak ditambahkan ke panci dan dididihkan sampai panas. Makanan kemudian siap disajikan dan dihiasi dengan irisan daun bawang atau peterseli.

4. Minorcan Clam Chowder

5 Sup Seafood Khas Amerika Serikat, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Cinta!minorcan clam chowder (Instagram.com/authenticflorida2)

Minorcan clam chowder merupakan hidangan yang menggunakan tomat sebagai bahan dasar. Kemudian ditambahkan dengan berbagai bahan seperti bawang bombay, bacon, paprika hijau, kerang dengan jusnya, tomat yang dihancurkan, seledri, thyme, daun salam, kentang, dan cabai datil.

Makanan ini dimasak sampai kentang benar-benar matang. Jika kaldu terlalu kental, disarankan untuk mengencerkannya dengan air atau jus tomat.

5. Shrimp Chippewa

5 Sup Seafood Khas Amerika Serikat, Lezatnya Bikin Lidah Jatuh Cinta!shrimp chippewa (Instagram.com/bbayoubytes)

Shrimp chippewa merupakan makanan Amerika yang berasal dari New Orleans. Menu ini adalah kombinasi sederhana dari tumis udang, bawang merah, jamur, dan bawang putih. Bahan tambahan lainnya termasuk mentega, kaldu ayam, dan daun bawang cincang dan peterseli.

Walaupun secara teknis adalah sup, makanan ini menjadi hidangan utama yang cukup mengenyangkan. Secara tradisional sup dihidangkan dengan banyak roti Prancis untuk menyerap saus bawang putih dan mentega. 

Kelima sup seafood khas Amerika Serikat ini tentu saja layak untuk dicoba. Selain lezat, sup ini juga menjadi favorit banyak orang.

Baca Juga: 5 Sup Jeroan Paling Populer di Asia Tenggara, Ada Kaledo Lho!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya