Comscore Tracker

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan Ini

Cus, destinasi kuliner liburan selanjutnya!

Sudah ke Semarang? Habis ini liburan, bisa dipertimbangkan nih. Kota yang satu ini memang menjanjikan wisata kuliner yang tiada habisnya. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Kalau kamu ngaku pernah ke Semarang, pastinya kamu nggak melewatkan makanan-makanan ini.

1. Leker Paimo

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: yudivika.blogspot.com

Penduduk Semarang pun nggak boleh ngaku penduduk Semarang kalo nggak tahu leker yang satu ini. Gerai yang berlokasi di Jalan Karang Anyar ini nggak cuma berjualan leker berisi pisang, coklat, atau keju. Leker ini juga bisa berisi sosis, keju mozzarella, mayonaise. Siapa yang nggak tergiur? Mampir gih.

2. Lumpia Semarang

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: forums-oneplus.net

Biasanya yang membedakan lumpia Semarang dengan lumpia lainnya adalah isinya yaitu daging ayam dan udang. Selain itu, biasanya ukurannya juga jauh lebih besar daripada lumpia pada umumnya, lho.

3. Nasi Ayam

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: indoautoblog.com

Mirip dengan nasi liwet khas Solo yang dimasak dengan santan, namun bedanya adalah kuah opor kuning yang digunakan di nasi ayam Semarang. Salah satu nasi ayam yang terkenal di Semarang adalah Nasi Ayam Bu Wido di Jl. Melati Selatan.

4. Mie Titee

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: dannywilliamswongso.blogspot.com

Buat kamu yang non-Muslim, kamu bisa mencoba mie yang satu ini. Titee adalah kaki babi, jadi mie titee adalah mie yang disajikan dengan kaki babi. Mie titee yang terkenal di Semarang adalah Mie Titee Grajen yang berlokasi di Jl. Gajah Mada.

5. Soto Semarang

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: asmari2.blogspot.com

Soto Semarang biasa disajikan dengan dampingan yang bermacam-macam, seperti telur puyuh, perkedel, sate telur puyuh, sate ayam, atau tempe goreng. Soto dengan topping! Wow.

6. Nasi Goreng Babat Mr. Hengky

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: www.tripadvisor.com

Ini adalah nasi goreng babat yang top markotop di Semarang, dengan menu sampingan andalannya yaitu paru goreng yang gurih gila. Maknyus!

7. Tahu Gimbal

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: hellosemarang.com

Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Bayangkan kamu memakannya dengan tahu goreng, lontong, telur, dan tauge. Dilengkapi dengan bumbu kacang. Yum..

8. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: www.flickr.com

Mie kopyok adalah mie yang disajikan dengan lontong, tahu, tauge, irisan seledri, bawang merah, dan disertai kuah bawang putih.

9. Es Puter Cong Lik

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: hp4jateng.wordpress.com

Udah nyoba semua? Time for dessert! Buat kamu yang suka kuliner malam, cobain nih es puter. Es puter yang beken banget di Semarang ini memakai buah asli, bahkan durian juga lho. Selain itu, disajikan juga dengan camilan seperti emping, lumpia, dan kacang goreng.

10. Moaci Gemini.

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Coba 10 Makanan IniSumber Gambar: linariyanti.com

Sebelum pulang, bawalah oleh-oleh khas Semarang yaitu kue moaci Gemini. Moaci kenyal berisi kacang dan gula alus yang dilumuri tepung putih, ada juga yang dibungkus wijen. Terdapat varian rasa juga, seperti stroberi, durian, maupun coklat.

Itulah kuliner khas Semarang yang wajib kamu coba, Gimana? Fix jadi destinasi selanjutnya?
 

yummy-banner

Topic:

  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya