Comscore Tracker

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya Ini

#RamadanMasaKini Jangan gudeg doang, deh!

Lebaran akan tiba sebentar lagi. Bagi kamu yang telah merencanakan perayaan Idulfitri di Jogja tentu tak ingin melewatkan momen kulinernya, bukan? Selain sebagai ajang untuk kumpul keluarga tentu saja kamu akan memanfaatkan waktu lebaranmu untuk menjelajahi warung-warung kuliner di Jogja.

Nah, biar gak gudeg melulu kuliner wajibnya, berikut penulis berikan 10 rekomendasi tempat makan enak di Yogyakarta yang harus kamu cicipi kulinernya saat lebaran nanti.

1. Sambel Welut Pak Sabar

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya Iniksmtour.com

Untuk menu kuliner satu ini, tentu kamu wajib coba. Dengan cita rasa tradisional, olahan ikan welut (belut) ini semakin mantap saat dipadukan dengan sambalnya yang pedas. Uniknya, kepedasan yang disajikan tersebut tak merusak cita rasa dari gurihnya ikan belut yang disajikan oleh warung tersebut.

Warung Sambel Belut Pak Sabar bisa kamu kunjungi di Jalan Imogiri Barat Km 6,5, Bantul, Yogyakarta.

2. Soto Bathok Mbah Karto

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniTravelingyuk.com

Jika kamu pecinta kuliner soto, untuk menu satu ini wajib banget dikunjungi. Selain pernah hype karena penyajiannya yang anti-mainstream dibandingkan dengan kuliner soto kebanyakan, Soto Bathok memang pantas direkomendasikan bagi kamu yang belum pernah mencicipi kelezatan makanan satu ini.

Berlokasi di Jalan Sambisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta (tepat di dekat lokasi situs Candi Sambisari), sebuah bathok kelapa yang berisikan menu soto ini akan memanjakan perutmu.

Segar, tidak berlemak, dan pas di lidah menjadi sensasi tersendiri saat kamu mencicipi kuliner satu ini.

3. Pecel Bu Ramelan

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniInstagram.com/jogjafood

Enak, kenyang, dan murah. Itulah tiga hal yang tepat menggambarkan warung pecel sayur khas Magetan satu ini. Rasa sambal kacangnya yang istimewa membuat kamu wajib menaruh warung ini ke daftar kuliner favoritmu selama di Jogja.

Oya, akan semakin lengkap jika ditambah dengan telur dadar dan sebuah bakwan jagung. Dijamin kamu akan ketagihan makannya!

Baca Juga: Tak Hanya Sarapan Nasi Gudeg, Ini 5 Nasi Pecel yang Bikin Nagih di Jogja

4. Warung Makan Genther

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniInstagram.com/janni.sasongko

Untuk menuju ke warung ini, kamu cukup datang ke Kotabaru atau tepatnya di belakang kantor Telkom Jogja. Kalau masih bingung tepat di belakang SMPN 5 Yogyakarta.

Buka mulai pukul 17.00 dan biasanya akan habis pada pukul 20.00, warung satu ini memang menjadi tujuan para pecinta kuliner Jogja.

Menu andalannya, yaitu daging bakar yang rasanya lembut dan lunak. Tak hanya itu bumbu bakar yang manis dan kremesannya yang sangat gurih akan memadukan sebuah cita rasa baru yang akan membuatmu ketagihan saat menyantap di warung ini.

5. Rumah Makan Lombok Ijo Sego Abang Ibu Murni

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniSurakarta.go.id

Menu andalan di warung ini tentu saja oseng lombok ijo, nasi merah, belut lombok ijo, sayur lombok ijo, dan sayur daun pepaya. Sementara itu, beragam menu lauk mulai dari wader goreng, ati ampela, empal goreng, ayam kampung goreng juga tersedia di warung satu ini.

Warung makan satu ini juga dikenal memiliki lahan yang cukup luas sehingga akan sangat cocok untuk acara keluarga atau acara pertemuan. So, bisa diagendakan untuk rencana lebaranmu bareng keluarga, nih!

6. Soto Sapi Bu Cip

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniGudeg.net

Soto Sapi Bu Cip menawarkan sensasi menu soto dengan irisan daging sapi yang secara rasa boleh diadu. Gurih dan pas di perut adalah perpaduan yang sangat elegan dalam menyantap kuliner khas Jogja ini.

Terletak di sebelah barat Jembatan Tamansari atau Jalan S Parman Yogyakarta ini layak untuk diagendakan selama Anda merayakan momen lebaran bersama keluarga.

Warungnya yang didesain dengan gaya klasik ini juga mungkin menjadi salah satu hal yang membuat nuansa menyantap semangkuk soto ini akan mudah bersahabat dengan lidahmu.

7. Mie Ayam Maregi Cipto Roso

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniStalktr

Warung Mie Ayam enak di Jogja emang banyak banget. Namun, tak banyak warung mie ayam yang memiliki ciri khas jika dibandingkan dengan mie ayam pada umumnya. Nah, untuk satu ini mungkin Mie Ayam Maregi Cipto Roso (MCR) yang terletak di dekat kampus Sanata Dharma Gejayan ini layak untuk kamu coba.

Bedanya di kaldu ayamnya yang enak banget dan gak bakal bikin kecewa. Di samping itu, varian mie ayamnya dengan topping bakso sapi, ceker ayam, dan pangsitnya epic banget gaes!

Harganya pun bersahabat banget lho! Gak ada alasan lagi untuk gak mencicipi mie ayam satu ini deh!

8. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniPhinemo.com

Kalo kamu lebaran di Jogja dan sedang berkunjung ke Malioboro,maka akan makin lengkap jika Anda menyempatkan waktu untuk menyantap seporsi nasi gudeg satu ini. Berlokasi di Jalan Sosrowijayan, gudeg racikan Mbah Lindu yang sudah berusia hampir  seabad ini wajib kamu coba karena cita rasanya masih asli banget, guys!

9. Sate Klatak Pak Bari

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya Iniyogyes.com

Buat yang nonton AADC 2 di mana Rangga dan Cinta tengah menyantap sepiring sate kambing sembari menceritakan romansa semasa SMA-nya?

Itulah Sate Klatak Pak Bari. Cita rasanya yang  enak, empuk serta tidak menguarkan bau kambing, sate ini secara bentuk juga berbeda dari kebanyakan sate pada umumnya. Kemudian daging sate ini ditusuk dengan besi jeruji sepeda lho! Tentu rasanya beda banget dari sate kebanyakan.

Berlokasi di Pasar Pleret Bantul, Sate Klatak Pak Bari wajib kamu coba dan ajaklah keluargamu untuk menikmati keistimewaan seporsi sate klatak ditambah gulai kambing yang rasanya maknyus banget.

10. Mangut Lele Mbah Marto

10 Tempat Kuliner Jogja buat Kamu yang Lebaran di Kota Budaya IniVisiting Jogja

Memang butuh usaha untuk menemukan warung satu ini. Kamu pun harus rela untuk blusukan ke dalam kampung hanya untuk menikmati seporsi mangut lele yang legendaris ini.

Jika kamu menemukan warung tersebut, jangat kaget lho ya! Mengapa? Karena kamu akan tiba di sebuah rumah sederhana yang tentu saja sudah banyak pengunjung yang ingin mencicipi menu andalan buatan Mbah Marto ini.

Mangut lele yang diasap dengan cara yang masih tradisional ini pun akan semakin istimewa ketika dipadu dengan kuah santan pedas yang sudah tersaji di dapur ini.

Ya, berkunjung ke warung mangut lele Mbah Marto akan membuatmu semakin dekat dengan sang pemilik warung, pasalnya kamu cukup mengambil lauk dengan mandir seperti kamu tengah berada di rumah sendiri. Bakalan seru, deh!

Itulah 10 rekomendasi tempat makan di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi buat lebaran nanti. Jangan sampai terlewat, ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Rezvan Photo Community Writer Rezvan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You