Comscore Tracker

5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!

Salah satu kuliner lezat yang bikin penasaran

Mi lethek merupakan kuliner unik khas Yogyakarta. Bila diartikan ke bahasa Indonesia, mi lethek berarti mi kotor. Kontradiktif dengan namanya yang mengandung unsur bahasa Jawa, mi lethek ternyata kuliner warisan perantau asal Timur Tengah.

Kenapa punya nama yang Jawa banget, padahal empu-nya merupakan orang Arab. Penasaran? Yuk, cek lima fakta menarik mengenai mi lethek berikut ini!

1. Mi lethek dibuat dari campuran tepung dari singkong kering (gaplek) dengan tepung tapioka 

5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!Penampakan mi lethek mentah (instagram.com/geraikami89)

Tepung tapioka dan tepung singkong kering (gaplek) jadi alasan kenapa kuliner lezat ini bernama mi lethek. Karena keduanya disatukan, menghasilkan mi dengan warna sedikit gelap.

Mi jenis ini memiliki tekstur cukup kenyal saat dikunyah. Penampilan atau bentuknya mirip dengan bihun dan soun yang memiliki ukuran kecil dan tipis.

2. Mi lethek punya dua macam penyajian yang bisa disesuaikan selera yaitu digoreng atau berkuah 

5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!Mi lethek versi kering atau goreng (instagram.com/njoel_sijisongolorotelu)

Mi lethek layaknya mi jawa yang bisa disajikan dengan kuah atau kering alias digoreng. Mi lethek versi kuah pun, punya tampilan kuah yang keruh atau gelap namun rasa rempah dan gurihnya terasa sekali di lidah.

Sedangkan mi lethek versi goreng, penyajiannya menyerupai bihun goreng namun memiliki perbedaan rasa pada mi-nya yang singkong banget.

Baca Juga: 5 Warung Makan Khas Banjar di Yogyakarta, Jadi Penawar Rindu 

3. Kol dan irisan daging ayam jadi pelengkap mi lethek yang tak terpisahkan 

5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!Mie lethek (instagram.com/yanti_arief_)

Meski pelengkapnya terdiri dari kol dan irisan daging ayam, kedua pelengkap tersebut menyempurnakan kenikmatan dari mi lethek. Belum lagi taburan bawang goreng yang singgah di atasnya, bikin aroma mi lethek makin menggoda indera penciuman penikmatnya.

4. Bantul adalah tanah kelahiran dari mi lethek 

5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!Mie lethek (instagram.com/ jogjabikinlaper)

Menjadi  tanah kelahiran dari mi lethek, sebagian masyarakat Bantul bermata pencaharian sebagai pengusaha mi lethek, baik versi mentah atau membuka rumah makan yang menjajakan kenikmatan mi lethek versi matang.

Untuk versi mentah, pasaran mi lethek menembus dalam hingga luar negeri lho! Ternyata, mi lethek yang punya imej keruh memiliki banyak peminat juga ya.

5. Umar Yassir, pencetus mi lethek asal Yaman yang tak lain adalah seorang pendakwah 

5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!Mie lethek (instagram.com/mielethekmbahmendes)

Dilansir Kemendikbud, Umar Yassir datang ke Yogyakarta sekitar tahun 1920-an. Mulanya kedatangannya hanya sebatas ingin berdakwah.

Hingga akhirnya Umar Yassir membangun rumah produksi makanan sejenis mi yang terbuat dari singkong yang dikeringkan dan tepung tapioka. Karena bentuknya kusam, mi tersebut dipanggil oleh penduduk Sandrakan sebagai mi lethek.

Kenapa Umar Yassir membangun rumah produksi? Pada zaman tersebut, daerah Sandrakan mengalami kekeringan. Penduduk memiliki banyak uang, tapi bingung harus membeli apa karena tidak ada bahan makanan yang bisa dibeli.

Itu tadi lima fakta menarik tentang mi lethek khas Yogyakarta. Kepengin mencicipi lezatnya mi lethek? Kamu bisa mengunjungi kedai mi lethek Mbah Mendes atau kedai mi lethek lainnya yang tersebar di penjuru kota Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sate Padang di Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak Semua

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya