Comscore Tracker

Gak Cuma Ada di Kolak, 5 Kuliner Lokal Ini juga Menggunakan Ubi Lho

Bisa jadi inspirasi olahan ubi nih 

Ubi merupakan bahan makanan yang mampu dikreasikan menjadi olahan apa pun. Kuliner lokal berbahan dasar ubi yang cukup akrab di lidah adalah kolak. Makanan berkuah manis yang sering muncul pada bulan Ramadan ini, terkadang dihadirkan dalam bentuk dadu, ada pula yang dibuat jadi bola-bola menyerupai biji salak.

Tenyata gak cuma ada pada kolak, karena lima kuliner lokal berikut ini juga memanfaatkan lembutnya ubi lho! Apa saja, ya?

1. Sup ubi 

Gak Cuma Ada di Kolak, 5 Kuliner Lokal Ini juga Menggunakan Ubi Lhoinstagram.com/ningsihchandra

Kentang umumnya dipilih sebagai isian dari sup. Tapi tak berlaku pada sup ubi khas Makassar. Selain ubi kayu, sup ubi dapat dibuat juga dengan ubi jalar yang nantinya dipotong dadu.

Daging, bihun, kacang goreng, telur, dan tauge, deretan pelengkap yang sempurnakan kenikmatan dari sup ubi.

2. Binyolos 

Gak Cuma Ada di Kolak, 5 Kuliner Lokal Ini juga Menggunakan Ubi Lhoinstagram.com/amongboga

Masih dari Sulawesi tepatnya kota Manado, punya kudapan yang bikin penikmatnya lupa diri. Kudapan tersebut bernama binyolos. Ciri-cirinya mempunya bentuk bulat, binyolos juga dibuat dari ubi yang ditumbuk atau dihaluskan.

Adonan ubi yang telah dihaluskan, diisi dengan gula merah lalu digoreng. Sebelum digoreng, binyolos dibalur dengan adonan tepung terigu terlebih dahulu supaya menghasilkan tekstur luar yang renyah.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Berbahan Ubi Manis untuk Menu Diet, Kenyangnya Awet

3. Timus ubi

Gak Cuma Ada di Kolak, 5 Kuliner Lokal Ini juga Menggunakan Ubi Lhoinstagram.com/ dhina_kesumawati

Timus ubi tak jauh beda dengan binyolos karena sama-sama terbuat dari ubi yang ditumbuk. Bedanya, timus tidak memiliki isi dan identik sekali dengan bentuk lonjong. Agar lebih bertekstur, adonan timus ubi diberi tambahan tepung tapioka.

4. Nasi sela 

Gak Cuma Ada di Kolak, 5 Kuliner Lokal Ini juga Menggunakan Ubi Lhoinstagram.com/warungpandava7

Di Bali, ubi dipotong dadu dengan ukuran mungil kemudian diolah bersama nasi putih, dan dijadikan sebagai makanan pokok. Lauk pendamping nasi sela umumnya terdiri dari sate lilit, tum ayam, urap, hingga pepes yang disajikan pada alas dari daun. Penah coba?

5. Tinutuan 

Gak Cuma Ada di Kolak, 5 Kuliner Lokal Ini juga Menggunakan Ubi Lhoinstagram.com/buburmanado12

Tinutuan dikenal juga dengan sebutan bubur manado. Selain dimasak dengan daun bayam, daun singkong, serta jagung manis. Tinutuan dilengkapi pula oleh lembutnya ubi yang telah diiris kecil-kecil.

Ragam rasa yang dihasilkan oleh bubur ini ternyata mampu mengusir rasa bosan. Cocoklah dijadikan sebagai makanan kala santai.

Enggak melulu kolak, bukan? Butuh inspirasi untuk mengolah lembutnya ubi? Kreasikan saja menjadi lima kuliner lezat yang telah disebutkan tadi. Mau camilan atau makanan mengenyangkan, semuanya bisa!

Baca Juga: 6 Tempat Makan Kuliner Asia dengan Harga Terjangkau di Jakarta

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya