Comscore Tracker

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujan

Umumnya berbahan dari umbi-umbian

Musim hujan seperti sekarang ini enak sekali pastinya ngemil kudapan lonjong keemasan. Apa tuh? 

Kudapan ini umumnya atau identik sekali memiliki bentuk lonjong pada saat penyajian. Dan yang pastinya dimasak dengan cara digoreng hingga warnanya berubah menjadi keemasan.

Itulah kenapa tujuh kudapan yang akan disebutkan berikut ini dinamakan kudapan lonjong keemasan. Kalian jadi penasaran kan? Mau tahu ada apa saja? Intip, yuk!

1. Combro

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujaninstagram.com/poetrydayax

Terbuat dari singkong parut yang memiliki isian oncom, combro adalah kudapan lonjong yang nikmat banget disantap saat hujan. Apalagi jika menikmatinya selagi hangat, dengan mengunyah pedasnya cabai rawit. Namun jika kalian menghendaki pedas di dalam, masak oncom terlebih dahulu dengan tambahan cabai.

2. Lentho

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujaninstagram.com/ayoe_widya83

Masih menggunakan singkong parut sebagai bahan utamanya. Lentho memiliki tekstur renyah di luar namun sedikit lembut di dalam saat kalian menggigitnya.

Cara membuatnya yang sederhana, lentho masuk dalam daftar kudapan lonjong keemasan yang cocok jadi camilan saat hujan. Apalagi identik dimasak dengan campuran kacang tolo nan gurih yang bikin semangat mengunyah.

3. Timus ubi

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujaninstagram.com/ginanjarvk

Lembut dan punya rasa manis, timus ubi bisa juga jadi camilan saat hujan. Kudapan lonjong keemasan yang ini cocok banget dimasak oleh kalian yang gak suka ribet karena timus ubi hanya menggunakan ubi jalar kukus yang dilembutkan serta dicampur dengan tepung tapioka, gula, vanili, dan garam lalu digoreng.

Tidak hanya manis, hangatnya timus ubi usai digoreng juga cukup mengganjal perut saat perut lapar. Apalagi saat hujan, bikin kalian gak berhenti ngemil.

Baca Juga: Ada Manan Sahmin, Kue Tempo Dulu! Ini Ragam Kudapan Kue Khas Palembang

4. Misro

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujaninstagram.com/koleksiresepsj

Misro adalah kudapan lonjong keemasan yang hampir serupa dengan combro. Bedanya, combro menggunakan isian oncom yang punya rasa gurih.

Sedangkan misro punya isian rasa manis yang berasal dari gula merah. Perpaduan rasa yang unik antara gurih dan manis, menjadikan misro sebagai camilan pilihan yang tepat saat hujan.

5. Gemblong

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujaninstagram.com/koleksiresepsj

Jika misro manis di dalam, gemblong manis di luar. Kudapan lonjong keemasan ini menggunakan tepung ketan serta kelapa parut sebagai bahan adonannya.

Usai digoreng hingga warnanya berubah keemasan, gemblong dicelupkan pada adonan manis yang terdiri dari racikan gula merah, gula pasir, dan air.

6. Kue sabongi

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujancookpad.com/Ummu Najwa SBY

Kudapan lonjong keemasan yang jadi camilan favorit masyarakat Gorontalo ini sama dengan misro dan combro karena sama-sama menggunakan singkong parut.

Kue sabongi memiliki isian potongan pisang raja. Saat hujan menyapa, kue sabongi hangat dan secangkir kopi adalah teman terbaik yang menghangatkan jiwa.

7. Mendol tempe

7 Kudapan Lonjong Keemasan yang Nikmat Banget Jadi Camilan Saat Hujaninstagram.com/sabzimi

Sama seperti memakan tempe goreng. Hanya saja mendol terbuat dari tempe yang dihaluskan bersama bumbu yang terdiri dari bawang, kencur, garam ketumbar, dan gula pasir yang kemudian dibentuk lonjong lalu digoreng.

Kudapan lonjong keemasan ini tidak hanya nikmat disantap dengan cara dicocol ke saus sambal saja. Jika kalian menyukai sambal kacang, tidak ada salahnya bereksperimen mendol dengan saus kacang.

Wah, baru menyebutkan daftar kudapan lonjong keemasan saja sudah bikin tangan bergegas ingin membuatnya ya! Bila hujan menyapa, kira-kira kudapan lonjong keemasan mana yang akan kalian buat?

Baca Juga: 7 Kudapan Khas Maluku Ini Lezatnya Sampai Gigitan Terakhir 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya