Comscore Tracker

5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Kering, Favorit Banyak Orang Nih!

Jangan berlebihan juga, ya!

Siapa sih yang gak tergiur akan nikmatnya dendeng sapi, makanan khas Minang yang mendunia ini? Kini untuk menikmati dendeng sapi sangatlah mudah. Terbuat dari daging kering, dendeng sapi mulai banyak dijual dalam bentuk kemasan. Jadi, gak capek-capek lagi untuk memasaknya.

Tahukah kamu, mengonsumsi daging kering memiki manfaat kesehatan juga lho. Berikut ini lima manfaatnya yang dikutip melalui livestrong.com.

1. Kaya akan protein yang baik untuk membangun jaringan dan enzim

5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Kering, Favorit Banyak Orang Nih!southsidemarket.com

1 ons potongan daging kering mengandung sekitar 9,4 gram protein. Menurut Recommended Dietary Allowances atau RDA, wanita membutuhkan 46 gram protein sehari. Sedangkan untuk pria, diperlukan sekitar 56 gram protein.

Nah, protein yang terdapat dalam daging kering, akan terurai di usus menjadi asam amino. Dan digunakan oleh tubuh kita untuk membangun jaringan dan enzim yang terlibat dalam semua fungsi sistem tubuh.

2. Kandungan lemak yang diperlukan tubuh

5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Kering, Favorit Banyak Orang Nih!saga.co.uk

Kandungan lemak yang tinggi bisa jadi manfaat? Yup, betul! Asal tidak dikonsumsi secara berlebihan, ternyata lemak berguna juga bagi tubuh kita karena dapat mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan otak.

Satu ons dendeng sapi mengandung 116 kalori. Lebih dari setengah kalori yang terdapat pada daging kering memiliki total kandungan lemak sekitar 7,3 gram. Kandungan lemak jenuh pada daging kering, mengandung sekitar 3,1 gram.

Untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, American Heart Association meminta masyarakat untuk membatasi asupan lemak jenuh hingga kurang dari 7 persen dari total kalori harian. Itu berarti sama dengan 140 kalori lemak atau 15,5 gram.

Baca Juga: Miliki Serat Tinggi, Ini 5 Khasiat Buncis Bagi Kesehatan Puasa

3. Kandungan zinc untuk meningkatkan kekebalan tubuh

5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Kering, Favorit Banyak Orang Nih!cdkitchen.com

1 ons dendeng mengandung 2,3 ml zinc. National Institutes of Health menyebutkan jika zinc mendukung beberapa fungsi tubuh seperti sistem kekebalan tubuh dan proses pembelahan sel. Tubuh dengan kandungan zinc tinggi mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kandungan karbohidrat rendah sehingga baik untuk mengontrol kadar gula

5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Kering, Favorit Banyak Orang Nih!meat-online.co.za

Beberapa perasa yang ditambahkan ke daging kering berkontribusi terhadap kandungan karbohidratnya sebesar 3,12 gram, yang meliputi 2,55 gram gula dan 0,5 gram serat. Karena jumlah karbohidrat daging kering di bawah 5 gram, makanan ini bisa menjadi camilan rendah karbohidrat. Sehingga membantu tubuh kita membantu dalam mengontrol kadar gula.

5. Sodium nitrite pada daging kering membantu tubuh kita terhidar dari bakteri

5 Manfaat Mengkonsumsi Daging Kering, Favorit Banyak Orang Nih!rhodesquality.com

Sodium nitrite adalah pengawet yang ditambahkan ke beberapa produk dendeng yang membantu umur simpan daging dan membantu melawan perubahan warna pada produk. Di sisi lain, keberadaan sodium nitrite ternyata dapat mencegah bakteri masuk ke tubuh kita.

Pada dasarnya, apa pun yang kurang dan berlebihan akan berdampak tidak baik. Begitu juga pada tubuh kita, kamu boleh mengkonsumsi apa pun makanan yang kamu sukai asal jangan berlebihan ya.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Daging Sapi ala Resto Cepat Saji, Rasanya Bikin Nagih

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You