Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaan

Seriusan nih nomor 5 juga?

Jika kamu termasuk orang yang acuh dengan masalah perut, coba mulai lebih berhati-hati, deh. Jangan sepelekan sakit pada perut seperti diare, kembung, dan nyeri. Kemungkinan, hal itu terjadi karena makanan yang kamu konsumsi justru membuat pencernaanmu terganggu.

Pasti kamu tahu dong, tidak semua makanan dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Tapi, kamu sudah tahu belum, makanan apa saja yang dapat membuat pencernaan terganggu? Simak yuk, penjelasannya di bawah ini.

1. Es krim

Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaanbrowneyedbaker.com

Suka es krim? Kalau iya, sepertinya kamu harus mengurangi konsumsinya. Dessert favorit semua orang ini ternyata termasuk makanan yang sulit dicerna tubuh. Hal ini disebabkan oleh tingginya lemak yang ada pada es krim. Lemak tersebut dapat menimbulkan refluks asam pada pencernaan.

2. Gorengan

Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaanfood.ndtv.com

Hayo ngaku, siapa yang masih suka makan gorengan? Makanan yang juga jadi favorit sejuta umat ini sering menyebabkan gangguan pencernaan. Tingginya lemak jenuh yang ada pada gorengan dapat meningkatkan asam lambung.

3. Roti tawar

Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaanbrowneyedbaker.com

Nah, untuk yang sering makan roti tawar sebagai sarapan, ada baiknya untuk berhenti atau mengurangi konsumsi roti tawar. Rendahnya serat dan tingginya glutten pada roti tawar  membuatnya sulit dicerna tubuh. Roti tawar juga tidak memiliki enzim alami untuk memudahkan dicerna tubuh.

4. Kacang merah

Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaancafeklatsch.in

Kacang merah memang kaya serat dan baik untuk tubuh. Tapi, konsumsi kacang merah secara berlebih juga tidak baik bagi tubuh. Banyaknya serat yang diserap tubuh dapat membuat usus terlalu cepat mencerna makanan.

Baca juga: 10 Makanan Sehari-hari Ini Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan

5. Sayuran

Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaanvegetables.co.nz

Sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi. Sayangnya, kandungan serat yang tinggi ini justru berpotensi merugikan pencernaan. Konsumsi sayuran secara berlebih justru dapat membuat diare, kembung, bahkan menaikkan gas lambung.

6. Kafein

Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaanexamine.com

Gak cuma kopi, makanan yang mengandung kafein seperti cokelat dan teh tidak baik buat pencernaan. Kafein dapat menyebabkan buang air besar secara berlebih. Sedangkan, buang air besar berlebih membuat usus bekerja ekstra. Hal itu dapat menyebabkan luka pada usus.

7. Kacang-kacangan

Jangan Salah, 7 Makanan Lezat Ini Justru Bisa Ganggu Pencernaanfoodallergencentre.co.uk

Tahukah kamu, kadar lemak yang tinggi pada kacang kurang baik bagi pencernaan. Selain itu, kacang juga sulit dicerna oleh tubuh, lho. Kandungan karbohidrat kompleksnya tidak mudah diubah menjadi kalori.

Itu dia beberapa makanan yang dapat mengganggu pecernaan. Eits, bukan berarti 7 makanan di atas tidak boleh dikonsumsi sama sekali ya ! Tetap boleh dikonsumsi tapi dengan batas yang wajar. 

Baca juga: 7 Kafe Waffle Enak dengan Harga di Bawah Rp50 Ribu, Bikin Nagih

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You