Comscore Tracker

6 Jenis Garam yang Umum Digunakan, Beda Tampilan dan Fungsinya Lho

Wajib tahu biar gak salah pilih nih!

Garam memang salah satu bahan masak paling utama yang pasti akan digunakan semua kalangan di negara mana pun. Tapi yang perlu kamu tahu, walaupun bahan masak utama namun dia memiliki banyak jenis yang punya fungsi tersendirinya juga lho. Dan yang lebih membedakannya itu terletak pada sifatnya yang mudah larut ataupun tidak. Penting kamu ketahui nih.

Mungkin kamu pernah mencoba membumbui garam dengan kuantitas yang sama, tapi rasanya ternyata gak seperti biasanya? Ini nih yang perlu kamu ketahui, bahwa berbeda jenis garam juga bakalan mempengaruhi tingkat rasa asin yang dimiliki. Tentunyanya juga memiliki fungsi yang berbeda ya. Biar tahu, langsung simak aja yuk.

1. Garam laut 

6 Jenis Garam yang Umum Digunakan, Beda Tampilan dan Fungsinya Lhoseasalt.com

Garam ini memiliki ciri khas berbentuk kristal yang lebih halus dan warna yang pekat. Karena tekstur yang halus ini, biasanya garam satu ini digunakan sebagai bahan utama saat memasak makanan yang lembut agar rasa asinnya mudah menyebar, seperti saat kamu memasak ikan yang mudah hancur ya.

Garam satu ini juga menjadi favorit untuk memanggang ya, alhasil bisa memudahkanmu dalam proses seasoning karena tekstur dan sifatnya yang gampang menyebar.

2. Garam kosher

6 Jenis Garam yang Umum Digunakan, Beda Tampilan dan Fungsinya Lhowww.souschef.co.uk

Garam satu ini memiliki kadar salinitas yang rendah atau kandungan air laut yang lebih sedikit dibandingkan garam biasanya. Jadi bagi kamu yang lagi belajar masak, gak perlu takut keasinan lagi ya. Tapi jika untuk masakan sehari-hari ini bakalan menyulitkanmu, lebih efektif memakai garam biasanya aja ya.

Garam satu ini paling umum digunakan sebagai bahan utama untuk memarinasi daging yang gak butuh tingkat keasinan terlalu tinggi.

3. Garam beryodium

6 Jenis Garam yang Umum Digunakan, Beda Tampilan dan Fungsinya Lhom.indiamart.com

Gak asing lagi sama yang satu ini kan. Garam ini juga memiliki kadar keasinan yang rendah. Seperti yang terdapat dalam garam meja, itu juga termasuk jenis satu ini. Biasanya garam satu ini hanya digunakan sebagai tambahan taburan saat makanan yang disajikan kadar asinnya menurutmu kurang.

Garam satu ini juga cukup umum digunakan bagi pembuat kue yang membutuhkan garam dengan tingkat asin yang rendah. Saat kamu gak terlalu yakin dengan resep barumu saat memasak, garam satu ini cocok buatmu yang lagi dalam tahap percobaan.

Baca Juga: Sudah Mengurangi Garam tapi Tensi Masih Tinggi, Kenapa Ya?

4. Garam kasar 

6 Jenis Garam yang Umum Digunakan, Beda Tampilan dan Fungsinya Lhowestpointnaturals.com

Garam satu ini juga termasuk garam laut, hanya saja dia memiliki ciri khasnya yang berwarna pekat dan susah larut. Biasanya garam satu ini dijual di warung-warung dalam bentuk kiloan biasa.

Orang Indonesia biasanya menggunakan garam jenis satu ini untuk merendam telur asin, karena seperti yang kamu tahu saat merendam telur pasti memerlukan proses yang panjang dan cocok dengan garam ini yang gak bakal larut secara cepat. Dari segi harganya pun termasuk garam yang murah. Partikel garam satu ini paling mudah ditebak, karena bentuknya yang kasar dan gak beraturan.

5. Flaky salt

6 Jenis Garam yang Umum Digunakan, Beda Tampilan dan Fungsinya Lhowww.simplyrecipes.com

Mungkin garam satu ini yang sering menjadi favorit chef di seluruh dunia. Memiliki serpihan tekstur yang sangat indah dan enak dilihat. Sering disebut sebagai Garam Maldon, garam ini juga memiliki kerenyahan yang khas dan menyenangkan. Garam ini mungkin lebih mahal daripada garam pada umumnya ya.

Biasanya garam satu ini digunakan sebagai sentuhan akhir saat memasak. Jika kamu hanya untuk memasaknya sehari-hari, lebih baik memakai garam biasa yang jauh lebih murah dan rasanya pun bisa diandalkan.

6. Garam himalaya

6 Jenis Garam yang Umum Digunakan, Beda Tampilan dan Fungsinya Lhowww.besthealthmag.ca

Punya warna merah muda yang khas ini berasal dari perpaduan kalium, magnesium, dan kalsium yang juga memberikan rasa unik pada garam yang berbeda dengan garam lainnya.

Garam satu ini cocok digunakan untuk taburan sajian yang masih perlu tambahan garam lagi, selain dapat menambah rasa asinnya juga dapat memberikan sentuhan pada permainan warna sajian. Bakal enak dilihat sih.

Nah, dari semua jenis garam di atas, kamu sudah bereksperimen dengan yang mana aja nih?

Baca Juga: Dihindari padahal Bermanfaat, Ini 5 Kebaikan Garam bagi Kesehatan

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya