Comscore Tracker

5 Bahan Pendamping saat Mencicipi Sushi, Bikin Makin Nagih!

Ada yang familar, ada yang cita rasanya masih asing 

Setiap negara tentu memiliki karakteristik olahan dan keunikan dalam bidang kulinernya masing-masing. Biasanya hal tersebut menjadi suatu hal yang digunakan untuk menarik minat masyarakat asing untuk mencicipi olahan tersebut. Itulah yang juga terjadi kepada sushi.

Sushi sendiri merupakan makanan khas dari daratan Jepang, namun popularitasnya justru telah dikenal oleh masyarakat luas hingga seantero dunia. Tak heran bila kemudian banyak orang non-Jepang yang justru menggemari makanan yang satu ini. 

Bila kamu adalah salah satu yang menggemari olahan segar ini, maka kamu harus mengenal beberapa bahan yang sering dikonsumsi sebagai pendamping dari sushi. Simak yuk! 

1. Wasabi

5 Bahan Pendamping saat Mencicipi Sushi, Bikin Makin Nagih!web.de

Mungkin kamu paling sering menemukan bahan berwarna hijau dan bercita rasa asing ini. Beberapa orang yang belum mengenal wasabi mungkin dapat membuangnya begitu saja.

Padahal, wasabi sendiri justru merupakan bahan penawar atau pun penetral untuk bakteri yang ada di dalam olahan mentah seperti ikan pada sushi. Tak heran bila kemudian bahan hijau bercita rasa pedas ini selalu dapat kamu temukan dengan mudah di meja-meja restoran sushi. 

2. Shoyu atau kecap jepang

5 Bahan Pendamping saat Mencicipi Sushi, Bikin Makin Nagih!diet-health.info

Sama seperti olahan lain yang membutuhkan saus sebagai penambah cita rasa, sushi pun demikian. Olahan sushi pada umumnya akan menghadirkan saus khas Jepang yang juga dikenal dengan nama shoyu.

Kecap dengan konsistensi kental atau agak cair ini memiliki cita rasa yang manis dan asin, namun lebih condong kepada rasanya yang asin. Ini tentu akan membuat cita rasa sushi menjadi lebih berwarna. 

Baca Juga: 5 Tips Menyiapkan Nasi Sushi yang Gak Kalah Enak Sama Restoran Jepang

3. Gari

5 Bahan Pendamping saat Mencicipi Sushi, Bikin Makin Nagih!seasaltwithfood.com

Tak hanya wasabi yang biasanya disajikan sepaket dengan sushi, gari pun menjadi bahan lainnya yang dapat kamu temukan dengan mudah.

Gari sendiri merupakan makanan yang terbuat dari jahe dan sering disebut sebagai acar dengan warnanya yang sedikit merah muda. Memang fungsi dari gari ini mirip seperti wasabi karena bermanfaat untuk mencegah keracunan akibat ikan. Namun, jangan khawatir sebab cita rasa dari gari tidak sekuat wasabi. 

4. Gobo

5 Bahan Pendamping saat Mencicipi Sushi, Bikin Makin Nagih!thefooddiaries.com

Mencicipi sushi tanpa menu tambahan apa-apa rasanya seperti hambar dan belum lengkap. Inilah alasannya mengapa gobo kemudian menjadi inspirasi pendamping untuk sushi maupun sashimi.

Pada dasarnya, gobo merupakan olahan yang terbuat dari lobak yang telah diiris secara halus dan kemudian direndam dengan menggunakan cuka. Untuk memperlezat sensasi menikmati sushi, kamu dapat mencicipinya bersama dengan gobo. 

5. Shichimi

5 Bahan Pendamping saat Mencicipi Sushi, Bikin Makin Nagih!pepperscale.com

Bahan pendamping sushi yang satu ini dapat disebut sebagai bahan ajaib yang akan membuat olahan sushimu semakin berwarna dan terasa lezat.

Bubuk dengan bahan-bahan seperti kulit jeruk, bubuk nori, cabai, wijen, serta bahan-bahan lainnya yang membuat bubuk pendamping ini semakin terasa lezat untuk dinikmati bersama dengan sushi. 

Nah, beberapa bahan pendamping di atas dapat kamu coba ketika mencicipi sushi atau pun sashimi. Selain untuk menambah sensasi rasa, namun juga sebagai penetralisir dari risiko ketika mengonsumsi makanan mentah. Pernah mencicipi salah satunya? 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Jepang di Film-film Ghibli, Bisa Bikin Sendiri!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya