Comscore Tracker

Catat! 5 Tips Menyimpan Ragi Agar Awet dan Tetap Baik saat Digunakan

Efek dari ragi bisa semakin maksimal

Ragi merupakan salah satu bahan yang cukup populer digunakan untuk membuat kue. Bahan ini biasanya sangat berguna untuk membentuk kue agar tidak bantat dan dapat mengembang dengan sempurna.

Namun, tak selamanya penggunaan ragi berjalan lancar, karena bisa jadi kandungan di dalamnya mati dan tidak bekerja dengan baik. Untuk kamu yang penasaran apa saja tips menyimpan ragi agar tetap awet dan baik saat digunakan, berikut lima daftarnya. 

1. Kurangi kadar udara pada ragi

Catat! 5 Tips Menyimpan Ragi Agar Awet dan Tetap Baik saat Digunakanfoodandwine.com

Pada saat kamu membeli ragi, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan ragi di dalam lemari pendingin. Namun, pastikan bahwa ragimu tak terpapar banyak udara sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Cara ini akan membantu menjaga kualitas dari ragi. 

2. Taruh pada wadah kedap udara

Catat! 5 Tips Menyimpan Ragi Agar Awet dan Tetap Baik saat Digunakaninstructables.com

Untuk memaksimalkan fungsi pada ragi, kamu dapat memindahkan ragi ke dalam wadah kedap udara terlebih dahulu. Sebelumnya, kamu dapat mengeluarkan ragi dari bungkusnya. Selanjutnya, pindahkan ragi pada wadah kedap udara untuk menjaga kualitasnya. 

3. Gunakan wadah yang sesuai dengan ukuran

Catat! 5 Tips Menyimpan Ragi Agar Awet dan Tetap Baik saat Digunakanhealthline.com

Pemilihan wadah juga perlu kamu perhatikan pada saat akan menyimpan ragi. Namun, kamu juga perlu melihat bagaimana ukuran dari wadah tersebut. Disarankan menggunakan wadah dengan ukuran yang lebih kecil atau seukuran dengan ragi yang digunakan. Hindari wadah yang terlalu besar agar tak banyak udara yang masuk. 

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat Roti

4. Durasi penyimpanan

Catat! 5 Tips Menyimpan Ragi Agar Awet dan Tetap Baik saat Digunakanbakingbusiness.com

Pada saat menyimpan ragi, kamu perlu memerhatikan durasi penyimpanannya. Biasanya menyimpan ragi di dalam kulkas dapat bertahan hingga 4 bulan. Sementara, apabila menyimpan di freezer, maka ragi akan bertahan hingga 6 bulan. 

5. Keluarkan ragi dari dalam kulkas

Catat! 5 Tips Menyimpan Ragi Agar Awet dan Tetap Baik saat Digunakandvo.com

Bila akan menggunakan ragi untuk membuat kue, maka kamu dapat mengeluarkan ragi terlebih dahulu dari dalam kulkas. Nantinya ragi tersebut akan menyesuaikan suhu ruang sebelum akhirnya siap digunakan. Ragi dengan suhu ruang akan membuat kualitasnya bagus dan dapat bekerja dengan baik.

Nah, aneka tips di atas semoga dapat menjadi rekomendasi menarik untukmu dalam menyimpan ragi agar awet dan bekerja dengan baik. Sangat mudah dilakukan, bukan? 

Baca Juga: Mengenal Jenis Ragi untuk Membuat Roti, Cek biar Gak Salah Penggunaan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya