Comscore Tracker

5 Olahan Khas Korea yang Dapat Kamu Masak Sendiri di Rumah, Gampang!

Gak perlu jauh-jauh ke Korea kok!

Tak dapat dipungkiri bahwa memang kepopuleran Korea Selatan di dunia hiburan khususnya sudah sangat menyedot perhatian dari banyak orang. Segala macam yang berhubungan dengan Korea seakan menjadi daya tarik dan membuat semua orang penasaran, tak terkecuali untuk kulinernya.

Banyak restoran Korea yang ada dan mulai menjajakan menu-menu dengan harga yang bervariasi. Padahal, ada beberapa olahan yang justru dapat kamu buat sendiri di rumah. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja jenis olahan khas Korea yang dapat kamu buat sendiri di rumah, berikut lima daftarnya! 

1. Tteokbokki

5 Olahan Khas Korea yang Dapat Kamu Masak Sendiri di Rumah, Gampang!seriouseats.com

Tteokbokki bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan khas Korea yang cukup populer di dunia. Bahkan, sudah banyak sekali resep yang beredar mengenai cara pembuatan olahan ini dan dapat dilakukan secara mudah di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tak sulit, sebut saja seperti tepung beras, bawang-bawangan, atau bahkan saus gochujang khas Korea pun dapat kamu ganti dengan saus biasa yang ditambahkan beberapa rempah dasar. 

2. Bibimbap 

5 Olahan Khas Korea yang Dapat Kamu Masak Sendiri di Rumah, Gampang!thepioneerwoman.com

Bibimbap biasanya dapat menjadi olahan khas Korea yang sangat familiar dengan lidah orang Indonesia. Hal ini karena memang penggunaan bahan nasi di dalamnya membuat banyak orang Indonesia menggemari olahan ini. Kamu pun tak perlu menyamakan bahan-bahan secara utuh dengan bibimbap yang asli. Melainkan, kamu dapat menyesuaikannya dengan bahan-bahan yang kamu miliki di rumah. 

Baca Juga: 8 Minuman Alkohol Populer Asal Korea Selatan, Gak Cuma Soju

3. Kimbap

5 Olahan Khas Korea yang Dapat Kamu Masak Sendiri di Rumah, Gampang!seriouseats.com

Kimbap juga merupakan salah satu makanan yang bisa saja menjadi andalan untuk orang Indonesia coba di rumah. Kimbap sekilas tampak seperti sushi dengan nasi yang digulung menggunakan nori atau rumput laut kering. Tak lupa isiannya yang beragam dan dapat kamu sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. 

4. Kimchi

5 Olahan Khas Korea yang Dapat Kamu Masak Sendiri di Rumah, Gampang!maangchi.com

Kamu pasti pernah mendengar nama olahan ini, bukan? Kimchi merupakan olahan sawi fermentasi yang bercita rasa pedas dan asam. Menu ini biasanya menjadi olahan wajib yang harus ada pada setiap sesi makan orang-orang Korea.

Kamu sendiri juga dapat membuatnya di rumah dengan mempersiapkan sawi putih, lobak putih, jahe, dan daun bawang. Untuk bahan pelengkapnya, cukup gunakan bubuk cabai, garam, dan gula. Proses fermentasi pun dapat kamu lakukan selama dua hari saja. 

5. Ramyeon

5 Olahan Khas Korea yang Dapat Kamu Masak Sendiri di Rumah, Gampang!maangchi.com

Bila kamu sering menonton drama Korea mungkin kamu akan sering melihat olahan ini. Ramyeon memang merupakan olahan mi kuah yang pedas dan disantap selagi hangat. Kamu sendiri dapat menikmatinya di rumah dengan memanfaatkan ramyeon instan. Namun, jika kamu ingin ramyeon yang lebih lezat lagi, maka kamu dapat memadukan bahan-bahan lain dan menyesuaikan rasa pedasnya sesuai selera. 

Nah, beberapa olahan khas Korea di atas dapat menjadi pilihan untukmu dalam memasak sendiri di rumah. Mana olahan yang paling menarik untukmu? 

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Fakta Gugija, Teh Goji Beri Khas Korea Rahasia Awet Muda

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya